Bahasa Indonesia Elektronik

Tren buku pelajaran bagi pengguna di bawah kepemimpinan Bambang Sudibyo, Menteri Pendidikan Nasional RI begitu disederhanakan. Kini perolehan buku pelajaran serbainstan menjadi buku pelajaran elektronik. Dengan terobosan keluar dari sistem penerbitan model penerbit yang masuk ke sekolah, pola penerbitan buku memasuki abad pemasaran; buku pelajaran langsung menuju ke sasaran pengguna. Pengguna gampang mengunduh, mudah pula mempelajari, asalkan akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi. Namun, respons masyarakat bangsa dan negara RI selaku pengguna juga beragam. Di kalangan penerbit, kebanyakan respons yang muncul mengkhawatirkan ambruknya pilar industri penerbit buku. Di kalangan pengguna mengeluhkan belum cukup tersedia infrastruktur pendukung seperti yang dijanjikan oleh menteri pendidikan. Mata pelajaran bahasa Indonesia berikut ini sebagai salah satu contoh kemudahan yang dijanjikan oleh Bambang Sudibyo.

Menurut peraturan pada laman, pengguna dapat mengunduh atau mencetak arsip buku sekolah elektronik dan menggandakan, memperdagangkan, dengan ketentuan:

1. Pengganda dan/atau penjual berkewarganegaraan Indonesia atau berbadan hukum di wilayah Indonesia;

2. Mencantumkan identitas diri pada halaman praisi atau preliminaries bagi buku-buku yang diperdagangkan/disebarluaskan;

3. Spesifikasi buku teks pelajaran hasil penggandaan untuk diperdagangkan harus sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Mendiknas.

4. Harga Jual buku teks pelajaran yang dapat digandakan untuk diperdagangkan tidak boleh melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang tertuang dalam Peraturan Mendiknas.

5. Buku teks pelajaran yang digandakan untuk diperdagangkan harus mencantumkan harga jual buku pada kulit sisi luar buku bagian belakang.

6. Pengguna wajib menaati butir-butir kesepakatan ini dan ketentuan-ketentuan lain yang berlaku.

kelas-ii_sd_bahasa-indonesia_h-suyatno;

kelas-iii_sd_bahasa-indonesia_ismoyo;

kelas-iv_sd_bahasa-indonesia_edi-warsidi;

kelas-v_sd_bahasa-indonesia_sri-murni;

kelas-vi_sd_bahasa-indonesia_sukini-iskandar

Buku Teks Pelajaran Murah
(2008-08-18)
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas)
 
Sambutan
 
Bambang Sudibyo

Bambang Sudibyo

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan karuniaNya, Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan penuh rasa gembira dan bangga menyuguhkan sejumlah buku teks pelajaran layak-pakai yang hak ciptanya telah dilmiliki Departemen Pendidikan Nasional.
Buku-buku teks pelajaran tersebut tersedia di situs Depdiknas yang diberi nama Situs Buku Sekolah Elektronik yang disingkat BSE atau e-Book. Jumlah seluruhnya saat ini ada empat ratus tujuh (407) judul buku dan Insya Allah setiap tahunnya akan bertambah.
Buku-buku teks pelajaran ini telah dinilai kelayakan pakainya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan telah ditetapkan sebagai Buku Teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 46 Tahun 2007, Permendiknas Nomor 12 Tahun 2008, Permendiknas Nomor 34 Tahun 2008, dan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2008.
Saya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada para penulis yang telah berdedikasi dalam perwujudan buku teks pelajaran sebagai sumber belajar yang sangat berguna bagi kepentingan peserta didik dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya untuk masa depan bangsa yang gemilang.
Buku-buku teks pelajaran yang telah dimiliki hak ciptanya oleh Depdiknas ini dapat digandakan, dicetak, difotokopi, dialihmediakan, dan/atau diperdagangkan oleh perseorangan, kelompok orang, dan/atau badan hukum dalam rangka menjamin akses dan harga buku yang terjangkau oleh masyarakat. Masyarakat dapat pula mengunduh (down load) langsung dari internet jika memiliki perangkat komputer yang tersambung dengan internet, serta menyimpan file buku teks pelajarann tersebut.
Untuk penggandaan yang bersifat komersial, harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Saya berharap melalui Program Masal Buku Murah ini, buku teks pelajaran lebih mudah diakses sehingga peserta didik dan pendidik di seluruh Indonesia maupun sekolah di luar negeri dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar yang bermutu dan terjangkau.
Selamat belajar. Selamat mereguk ilmu, pengetahuan, dan teknologi melalui Buku Teks Pelajaran yang bermutu dan terjangkau.

Jakarta, 20 Agustus 2008
Menteri Pendidikan Nasional

BAMBANG SUDIBYO

Buku Elektronik untuk SD    

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

6 Tanggapan to “Bahasa Indonesia Elektronik”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

Terimakasih atas infonya

Terima kasih kembali sudah mampir ke blog ini. Semoga bermanfaat.

thanks info bukunya..mau kasi tau ibuku 😀

Lalu bagaimana pak, jika ada seorang siswa yang menghilangkan buku, dan disuruh mengganti buku tersebut namun dengan harga Rp.40.000 padahal dibelakang buku sudah ditulis HET Rp.15.000, apa itu juga termasuk pelanggaran.

Lalu bagaimana jika ada seorang siswa yg menghilangkan buku, dan disuruh menggantinya dengan uang yang melebihi HET ,

: aspek hukum bertujuan memberikan efek jera, sedangkan aspek kemanusiaan menekankan pada keadilan.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: