: Menjadi Tertib Berkat Orang Nomor Satu

Posted on 9 November 2010. Filed under: Blogstop |

Tampaknya keteraturan dan ketertiban masih datang dari atas baru turun ke bawah. Mirip air saja yang teratur mengalir sesuai dengan arus air. Meski air sekalipun, peran manusia yang mengarahkan air ke atas atau ke bawah tetap ada unsur pengendalinya. Begitulah keteraturan dan ketertiban baru terasa penting menyambut kedatangan orang nomor satu negeri Abang Sam, Barrack Hussein Obama selama dua hari ke Republik Indonesia (9-10/10).

Teratur dan tertib konon menjadi mata ajaran budi pekerti. Di sekolah seluruh Nusantara juga ada ajaran teratur dan tertib belajar (dan mengajar). Sekarang materi disiplin seperti itu masih ada di beberapa sekolah di Tanah Air. Belum hapus dari kurikulum. Sayangnya, implementasi menjadi terkendala dengan kenyataan di luar sekolah.

Beberapa contoh konkret semakin terbuka secara jelas dan transparan. Semakin banyak saja jumlah orang tua yang jauh panggang dari api. Antara suri teladan dan suruh edan menjadi pilihan jalan pintas demi mewujudkan cita-cita sesaat. Mencapai keberhasilan sebelum waktunya. Anak sekolah yang sudah lurus jalannya menjadi berbelok arah justru dari kesan artifisial. Ingin menjadikan potret anak didik mirip gambaran tokoh selebritas. Jadilah sosok anak terkooptasi dengan nilai palsu. Namun, didikan orang tua yang lurus tetap banyak jumlahnya dibandingkan yang suka bersolek wajah, yang berbelok arah menyimpang.

Ibu Sud, almarhumah yang akrab dipanggil dari Saridjah Niung Bintang Soedibyo, pencipta lagu anak sejati pernah titip pesan: hendaklah disiplin, tata tertib dan sopan santun tetap jadi pedoman untuk mendidik anak, khususnya bagi orang tua. Pesan Ibu Sud pernah disampaikan tatkala mengingat lagu ciptaannya, Tanah Airku dikumandangkan! Embrionya, saat berkunjung ke Amerika dirinya kecewa atas kebebasan tanpa batas, tidak seperti Indonesia yang penuh keindahan. Jadi, sejak dini usia, anak sudah menjadi disiplin, selalu tertib dan senantiasa sopan santun. Dengan demikian, di kemudian hari tak perlu lagi hanya dengan kunjungan orang nomor satu untuk menuju ketertiban dan keteraturan!***

Posted with johnherf.WordPress.com for BlackBerry.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: