: Prediksi Statistik Cuaca Ekstrem

Posted on 19 Oktober 2010. Filed under: Blogstop |

 

Cuaca ekstrem sungguh-sungguh memilukan hati. Bencana bermunculan di sana-sini, dari Papua hingga Aceh, dari Maluku hingga Jabodetabek. Silih-berganti. Tak ‘kan mudah orang percaya dengan cuaca cerah di pagi hari sebagai pertanda hari ini selalu cerah, kenyataan sering bertolak belakang. Tiba-tiba gelap-gulita, lantas petir menggelegar bersahut-sahutan, bahkan banjir bandang plus angin puyuh.

Demikian keadaan cuaca ekstrem. Akrab menemani warga sekitarnya. Cuaca ekstrem sudah menjadi peristiwa biasa, lama-kelamaan tidak lagi luarbiasa. Cuaca ekstrem menjadi teman hidup sehari-hari sehingga beberapa warga setia membolos kerja dari kantor di Ibu Kota karena kebanjiran.
 

Tahun 2010 sebagai tahun penuh dengan peristiwa mengejutkan. Prediksi statistik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan cuaca ekstrem berlangsung sejak September 2010 sampai Maret 2011. Apakah keadaan cuaca yang ekstrem harus disambut dengan meriah? Tanpa sambutan apa pun peristiwa ini sudah sarat menyampaikan pesan dengan kemeriahan luarbiasa dahsyat. Oleh karena itu, sebetulnya masyarakat bangsa dan Negara Republik Indonesia sangat memerlukan “Buku Pegangan Menghadapi Cuaca Ekstrem”.

Sebuah buku yang dapat memenuhi rasa ingin tahu masyarakat bangsa dan Negara Republik Indonesia, khususnya masyarakat yang rawan bencana cuaca ekstrem. Begitulah terobosan baru dengan perspektif ilmu statistika yang meneropong cuaca ekstrem dengan prediksi plus simulasi. Semoga segera terwujud buku tentang cuaca ekstrem khas Indonesia!***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: