Inovasi Dokumen bagi Perusahaan

Posted on 21 Maret 2009. Filed under: Sastra Teknologi Informasi&Komunikasi |

dsc00059 dsc00064  dsc00065 

Kata inovasi kian mendapat perhatian di tengah krisis global.  Tanpa inovasi sebuah unit usaha seakan-akan mengundang malapetaka. Produk atau jasa mandeg, pengembangan usaha pun tersendat-sendat. Padahal, inovasi mendukung kompetisi. Manakala kompetitor muncul berarti ada inovasi. Inovasi dalam pendokumentasian di perusahaan menjadi penting diperhatikan. Sejauhmana inovasi menjadi model usaha yang siap berkompetisi, IBM Building a Smarter Planet menyampaikan pesan yang bisa dijadikan pedoman dokumentasi terhadap hasil kerja.

Bunga Sugiarto, ECM Technical Sales

Bunga Sugiarto, ECM Technical Sales

Kertas itu mahal, kata Bunga Sugiarto, ECM Technical Sales seraya mempertanyakan, penggunaan dokumen apakah selama ini sudah optimal? Belum lagi soal keamanan dokumen plus pencarian data yang rumit, lama sekali, dan jauh dari kesan efektif. Bunga Sugiarto, 24 tahun menguak persoalan dokumen yang berserakan di mana-mana. Kalau toh ada sekretaris yang siap mencari dokumen, tambahnya, biaya yang ditanggung menjadi mahal. Ia pun menawarkan caranya yang memuaskan konsumen dalam menata dokumen pada IBM Technology Conference and Expo 2009 di Shangri-La Hotel, Jakarta, Jumat 20/3/09.

Solusi enterprised content management atau ECM merupakan perangkat lunak atau software teknologi imel dan softcopy yang sebaiknya disimpan, lalu dikelola, hingga mati atau dibuang oleh perusahaan. Hal ini bergantung pada kebijakan setiap perusahaan. Ada perusahaan yang memiliki kebijakan membuang data setelah disimpan sepuluh tahun, ada juga lima tahun. Pertanyaannya seberapa besar kapasitas dokumen yang tersimpan, selain jenis dokumen yang disimpan?

Atas dasar itu, content management menjadi penting. Misalnya dokumen klaim asuransi. Bagaimana prosesnya? Kalau mencari jawaban atas masalah yang harus cepat diselesaikan, bantuan seorang sekretaris perusahaan belum dianggap cukup memadai. Apalagi sekretaris perusahaan yang kebetulan lagi cuti, sakit, bepergian, atau berhalangan hadir. Dokumen sulit dicari. Bagaimana mengakses dengan cepat dan efektif? Oleh karena itu, ada solusinya dari IBM yang dapat diotomatisasi dan diekstrak disertai dengan laporannya sedemikian rupa sangat diperlukan di perusahaan yang menggunakan ECM.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Inovasi Dokumen bagi Perusahaan”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

[…] Tulisan lainnya: Inovasi dokumen bagi perusahaan […]


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: