Idola Cilik Program TV Terbaik

Posted on 27 Desember 2008. Filed under: Album |

Pentas Idola Cilik menjadi obat penawar bagi anak-anak senusantara. Di kala lagu anak mengalami kehampaan dalam ruang dan waktu, pentas anak kini mendapat tempat terhormat di hati anak dan orang tua. Apalagi lagu anak yang bernuansa perjuangan hidup untuk meniti prestasi menjadi Idola Cilik dipenuhi dengan serbaneka lagak dan aksi.  Tahap demi tahap perjuangan anak untuk meraih impian menjadi idola sungguh-sungguh memerlukan ketahanan mental. Selain itu, ketangguhan, ketekunan, dan kemampuan bersosialisasi kepada rekan sebaya membuat anak tampil penuh percaya diri di hadapan publik. Pengalaman luarbiasa. Latihan terus-menerus menempa diri. Untuk itu, pentas Idola Cilik kedua di stasiun televisi persembahan kelompok Media Nusantara Citra semakin mumpuni. 

Ruang dan waktu anak semakin terbatas. Usai jam belajar efektif di sekolah, tayangan televisi membuat gerak anak terpatri pada penampilan sang idola, khususnya bagi pencinta pentas lagu anak yang ditayangkan setiap pukul satu siang hingga pukul empat sore. Meski kisaran waktu bervariasi bergantung pada waktu tayang dan durasi pentas, acara ini tetap menjadi idaman hati setiap anak di Tanah Air. Waktu tidur siang anak jadi terbatas. Dahulu yang biasanya di kisaran angka satu hingga tiga seusai sekolah, saat ini menjadi berubah lantaran ikut menyaksikan idolanya tampil memukau.

Lain lagi kebiasaan anak yang tampil pada pentas anak. Mulai dari dukungan sekampung halaman hingga setanah air, mulai dari audisi hingga menuju pentas, mulai dari SMS hingga balihoo (kain rentang/spanduk), sungguh-sungguh membuat nyali anak diuji. Persiapan menuju pentas sangat menguras tenaga, waktu, bahkan sejumlah biaya, selain ketahanan mental yang menjadi modal dasar untuk tampil sebagai Idola Cilik. Meski sekeras baja mental anak, kerendahan hati, keluhuran budi, rasa hormat, berdisiplin, dan sopan santun lebih memiliki keutamaan. Oleh karena itu, menjadi Idola Cilik hanya selangkah menjadi artis cilik, penyanyi cilik, dan penghibur anak yang berbekal kearifan dan kerendah-hatian di kemudian hari.

Stasiun televisi yang memberi perhatian lebih pada keterampilan anak menyanyi dan membawakan lagu dengan penuh keberanian disertai kemampuan olah vokal adalah RCTI. Tagline program televisi anak berjuluk “Idola Cilik” kini memasuki periode yang kedua. Personalia kerja yang dilibatkan mulai dari peran pengendali acara, pengatur lalulintas anak, komentator dan orangtua (protokoler), penyandang dana (sponsor) menjadi andalan kelangsungan acara. Durasinya memakan waktu mulai pukul tiga belas hingga pukul tujuh belas dengan menggeser jam tayang lain. Sungguh-sungguh menjadi idola semua idola yang akhirnya membuat program “Pentas Idola Cilik” sebagai program televisi terbaik. Deva dan Diydi sebagai pencipta lagu Idola Cilik patut mendapat acungan jempol.

Predikat terbaik sebagai program anak tercermin dari tingkat popularitas, keikutsertaan, dan kemampuan yang diraih. Anak tampil sebagai idola yang mampu menyampaikan pesan dengan hati sebagai bahasa nyanyian. Setiap melantunkan suara, daya pikat anak mengalir untuk menghibur setiap orang. Anak bukan hanya tampil menyampaikan pesan lagu remaja atau orang muda, melainkan juga anak mampu membahasakan syair atau teks dengan penafsiran seturut usianya. Tak ada yang pantangan jika teks lagu ditafsirkan oleh anak sesuai dengan usianya. Itulah kehendak zaman. Lagu-lagu persembahan Agnes Monica, Nidji, Matta Band, Afgan, The Rock, The Titans, Gita Gutawa, Bunga Citra Lestari, Achmad Dani mampu didendangkan oleh anak dengan daya tafsir yang cocok. Anak menggunakan hati untuk membahasakan nyanyian anak muda atau remaja. Kemampuan anak ini boleh jadi sebagai pencapaian dari pelatihan-pelatihan seperti koreografi yang melekat erat pada diri anak. Citra anak muncul sebagai idola anak dan orang tua.

Program anak di televisi itu mampu memadukan suka dan duka sebagai hiburan yang layak tayang, layak tonton, dan layak jual. Acara yang pantas direkomendasikan sebagai “Pentas Idola Cilik Program TV Terbaik”. Serbaneka rasa suka, seperti anak bersyukur kepada Tuhan, orangtua, rekan sebaya, yang tampil sebagai idola di televisi. Meski sehari-harinya, kebanyakan anak hidup serba pas-pasan, ternyata anak menyanyi untuk mencapai jalan terindah dari Tuhan. Anak sering merasa senang, kegirangan, riang ria, dan meloncat-loncat seiring irama lagu. Serbaneka rasa duka, seperti nelangsa, sedih, sakit hati, kecewa, marah, yang gagal tampil sebagai idola tetap penuh kesadaran bahwa keberhasilan di audisi sudah dianggap cukup memadai.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

5 Tanggapan to “Idola Cilik Program TV Terbaik”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

Halo sobat, salam kenal dari frizzy.
Happy New Year 2009.
God bless you, may you have better life, better sex and better achievement.
Mampir-mampir ya sob…

Cheers, frizzy2008.

banyak yang suaranya enak,empuk…. n gaya mereka udah kayak penyanyi beneran ya mas..😀

program idola cilik emang sangat mendidik tp saya kurang suka melihat juri2 nya berat sebelah dalam memberikan komentar masa abner bisa keluar apa ni murni sms nya rendah atau d rekayasa seharusny rahmi yg keluar krn aq krng suka melihat gayanya

aku pengen tau profilnya kak diydi yang ciptain theme song idola cilik,tapi ga tau gimana caranya..
aku kagum bgt sm dia

deva km mkin keren ja sich…klo kmu tampil membuat aku merinding


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: