Kongres Bahasa dan Pesta Blogger, Milik Siapa?

Posted on 26 Oktober 2008. Filed under: Karangan Khas |

Menjelang akhir tahun 2008 persiapan Kongres Bahasa yang berlangsung di Hotel Bumi Karsa Jakarta Selatan, 28 Oktober semakin marak. Kesemarakkan kongres bersamaan dengan kemeriahan Pesta Blogger yang berlangsung di Ibu Kota pada 22 November. Dua acara besar berskala nasional sebagai ajang kreativitas masyarakat bangsa dan negara Republik Indonesia (RI). Bagaimana sumbangsih masyarakat jalin-menjalin dari dua peristiwa besar untuk bersinergi dalam kreativitas?

Kongres bahasa berhubungan erat dengan kebangkitan generasi muda untuk berpesta. Dari sejumlah daerah yang akan hadir berpesta untuk memperingati seratus tahun Kebangkitan Nasional, delapan puluh tahun Sumpah Pemuda dan delapan puluh tahun Pusat Bahasa. Oleh karena itu, Departemen Pendidikan Nasional mencanangkan tahun 2008 sebagai Tahun Bahasa. Pada ajang kongres ini substansi kegiatan mengarah pada pesta kebahasaan dan kesastraan.

 

Demikian pula dengan kegiatan yang beratribut “pesta” menjadi sedemikian meriah manakala pesta berlangsung dihadiri oleh komunitas peserta yang sepemikiran, seide, senada dan seirama, entah dalam cita-cita entah pada visi/misi. Sinergisme pandangan ini mampu melahirkan kecemerlangan ide sekaligus mencerdaskan dan meningkatkan kreativitas. Atas dasar itu, dua peristiwa yang tengah marak diperbincangkan semakin menyala-nyala semangatnya untuk mensukseskan agenda kegiatannya.

Kongres Bahasa memasuki “pesta” yang kesembilan, sedangkan Pesta Blogger memasuki “kongres” yang kedua. Kepala Pusat Bahasa, Dendy Sugono pada Konferensi Pers, Rabu (22/10) menegaskan peran bahasa dan sastra yang membangun insan Indonesia cerdas, bermutu, dan berdaya saing di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Sementara itu, pada hari Rabu itu juga (22/10) berlangsung Konferensi Pers menyambut Pesta Blogger. Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Muhammad Nuh menegaskan bahwa kebebasan merupakan salah satu syarat tumbuhnya kreativitas. “Kami percaya bahwa blogger punya kontribusi positif terhadap masyarakat,” tegas Muhammad Nuh.

Setali tiga uang dengan kongres, yang menghadirkan sejumlah pakar dan pejabat negara, pesta blogger menjadi ajang temu nasional blogger terbesar se-Tanah Air. Menurut Siaran Pers yang disampaikan oleh sekretariat Pesta Blogger, ajang temu nasional blogger terbesar di Indonesia memperlihatkan bagaimana para blogger dan komunitas masing-masing dapat memainkan peran konstruktif di tengah masyarakat.

Sarana berselancar bagi masyarakat terpelajar.

Sarana berselancar bagi masyarakat terpelajar.

Substansi dari kedua peristiwa besar itu terletak pada komitmen untuk mencerdaskan masyarakat bangsa dan negara RI. Kongres bahasa membahas serbaneka kebahasaan dan kesastraan. Berfokus pada perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, seni, dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, temanya “Bahasa Indonesia Membentuk Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif”. Sebaliknya, pesta blogger bertema “Nge-blog untuk Masyarakat” (Blogging for Society). Tercatat lebih dari 300 ribu blogger di Tanah Air yang menunjukkan pesatnya perkembangan blog. Pesta Blogger menjadi forum alternatif bagi para blogger untuk bertatap muka langsung, bertukar informasi dan berdiskusi, serta memperluas jejaring. Aktivitas konstruktif ini bermuara pada kerja sama, bahu-membahu, jalin-menjalin atas serbaneka ide kreatif, positif yang mencerahkan yang berdampak besar terhadap masyarakat bangsa dan negara RI. Demikian substansi Kongres Bahasa dan Pesta Blogger yang menjadi ajang akbar kegiatan milik masyarakat terpelajar.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: