Blog Lembaga dan Blog Pribadi di Kalangan Pendidik

Posted on 21 Agustus 2008. Filed under: Berita |

Respons komunitas persekolahan atas akses internet sedemikian tinggi. Boleh jadi daya tarik untuk mengetahui, memahami, dan menyebarluaskan informasi dan komunikasi menjadi pokok persoalan. Apalagi, jika hasrat untuk mengetahui serbaneka kejadian, kini hanya berlangsung dalam hitungan menit. Oleh karena itu, di manapun dan kapan pun dalam ruang dan waktu yang terbatas, daya tarik dunia maya bertambah-tambah saja peminatnya. Tak mengherankan jika komunitas pendidik persekolahan di tingkat menengah berdatangan menghadiri lokakarya.

Peserta lokakarya asyik menyimak di kelas komputer.

Peserta lokakarya asyik menyimak di kelas komputer.

Sejumlah persoalan pokok yang mengemuka antara lain dana terbatas, pengetahuan seputar dunia informasi dan komunikasi belum memadai, seperangkat alat penunjang akses internet masih mahal, dan nilai manfaat belum langsung terasa efektif dan efisien. Demikian komentar lima dari tiga puluh peserta lokakarya Ikatan Guru-Guru Sekolah bersama dengan Telkom dan www.dagdigdug.com  Jakarta Selatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pondok Aren, Tangerang, Rabu 20/8, pukul 7.30—15.30 WIB.

 

 

 

Paman Tyo mendetailkan blog dengan komunitas dagdigdug-nya.

Paman Tyo mendetailkan blog dengan komunitas dagdigdug-nya.

Antyo Rentjoko, publisher dagdigdug.com mengurai apa itu blog, bagaimana blog bekerja, dan nilai manfaat apa yang dapat diperoleh bagi blogger? Sejumlah persoalan lain muncul ketika peserta mengemukakan kesulitan untuk memahami apa yang dimaksud dengan internet, imel, dan blog. Meski demikian, sejumlah peserta yang mumpuni dalam dunia maya tak segan-segan membantu sesama pendidik yang agak gagap teknologi. Dengan tangkas, Paman Tyo panggilan sohibnya menggarisbawahi seperangkat kerja yang mendukung internet dalam hubungan dengan komputer dan laptop atau gadget yang lain “Blog itu seperti papan pengumuman di sekolah, ia juga mirip dengan majalah dinding yang akrab dengan pengelolanya,” tukas Paman Tyo.

 

 

Antusiasme peserta berdialog seputar blog.

Antusiasme peserta berdialog seputar blog.

Seperangkat alat yang menjadi andalan penunjang akses internet mendapat penjelasan dari Nasimin, Purwanto, Agus Barkah yang mewakili Telkom. Dengan tajuk “Internet dan Produk Telkom”, “Manfaat Internet sebagai Media Pembelajaran”, “Virus Komputer dan Pencegahannya” sebagian peserta antusias menyimak pokok-pokok materi yang ditayangkan dalam salindia (slideshow) dengan menarik.

 

 

Pada bagian lain untuk menjadi penulis blog pribadi sebagian peserta bersepakat untuk menjadi penulis aktif, berkomunikasi

Ketua panitia bersama Nasimin, Telkom mengurai soal akses internet.

Ketua panitia bersama Nasimin, Telkom mengurai soal akses internet.

positif, dan menciptakan umpan balik yang memberi semangat bagi pembaca blog. Oleh karena itu, ada cara untuk memotivasi penulisan pada blog, antara lain melatih diri terus-menerus untuk menulis, mengembangkan kemampuan penulisan yang sudah dimiliki, membuat terobosan baru dalam penulisan, dan merumuskan konsep penulisan baru demi kepuasan pembaca.

 

Paman Tyo berdialog dengan peserta lokakarya blog yang antusias.

Paman Tyo berdialog dengan peserta lokakarya blog yang antusias.

Kesungguhan hati peserta tengah menyimak keterangan pembicara.

Kesungguhan hati peserta tengah menyimak keterangan pembicara.

Laptop dan PC yang efektif sebagai medium pembelajaran bagi peserta.

Laptop dan PC yang efektif sebagai medium pembelajaran bagi peserta.

Peserta yang tengah mengulas blog lembaga dan blog pribadi.

Peserta yang tengah mengulas blog lembaga dan blog pribadi.

Di samping itu, ada hasrat yang menggelora bagi peserta lokakarya untuk menciptakan blog lembaga. Lantas, sejumlah cara menciptakan blog oleh Paman Tyo diurai lengkap dengan akses dagdigdug sebagai mediumnya. Sepanjang pembuatannya menjadi mudah dan memudahkan bagi peserta membuat blog, maka antusiasme segera mewujudkan blog sangat tinggi. Yang sulit adalah substansi blognya. Isi blog seperti apa yang cocok dan bermanfaat bagi komunitas persekolahan di tingkat dasar dan menengah akan menjadi tema diskusi di tingkat lanjut. Adapun hipotesisnya, semakin banyak kegunaan publikasi blog bagi pembaca (khalayak sasaran), semakin tinggi nilai publikasi blog bagi pembaca. Nilai kadar aktualitas suatu publikasi blog menjadi salah satu faktor penentu nilai publikasi blog itu. ***

 

 

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “Blog Lembaga dan Blog Pribadi di Kalangan Pendidik”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

Salam kenal.selamat atas keberhasilannya.

wah… teman… selamat ya….. kamu menjadi pemenang kedua… emang layak dan sangat layak…

selamat bro….


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: