Ngeblog Go Public

Posted on 8 Agustus 2008. Filed under: Berita |

Lusy Rahmawaty, 31 tahun dan Keitaro, 45 tahun.

Lusy Rahmawaty, 31 tahun dan Keitaro, 45 tahun.

Blogger bertaburan di seantero jagat dunia maya. Bak bintang bertaburan di langit, lantas penyedia jasa dan layanan blogger bermunculan entah yang lokal entah yang internasional. Bersinergi jadi kekuatan untuk saling berebut peminat memasuki ranah intelektual olah pikir dan olah otak. Apakah ajakan untuk aktif memanfaatkan medium blog mendapat respons positif bagi ibu-ibu muda di Tanah Air?

Ajakan untuk berpartisipasi menulis dan menyampaikan serbaneka keunikan dalam diri pribadi kian menggejala. Di mana-mana imbauan untuk menyampaikan isi pernyataan melalui medium internet tak lagi malu-malu. Dahulu, tulis-menulis melalui blog agak malu-malu. Ditutup-tutupi. Sungkan. Riskan. Konon tulis-menulis lebih berkonotasi dunia wartawan. Milik “kuli tinta”. Dekat dengan profesi “kuli disket”. 

Akan tetapi, pada perkembangan berikutnya, teknik menyampaikan isi pernyataan melalui medium internet memang menjadi kegiatan yang mahal dan bergengsi. Karena mahal dan gengsi, jadilah tawaran menyampaikan isi pernyataan diemohi sekaligus juga diminati oleh kalangan terbatas. Hanya peminat yang melek teknologi pantas dan layak berinternet untuk menyampaikan serbaneka isi pernyataan melalui blog.

Tahun berganti tahun, berlalunya waktu kian terasa cepat sekali, tahu-tahu sekarang ajakan nge-blog semakin terbuka. Jauh dari kesan mahal dan gengsi lagi. Ibaratnya ngeblog sudah go-public, medium blog sebagai penyampai unek-unek pribadi dan non-pribadi kian memasyarakat. Seiring perubahan sistem politik dan perkembangan ekonomi yang transparan di negara Republik Indonesia, maka masyarakat bangsa dan negara dengan serbaneka lapisan dan golongan serentak ramai-ramai “nge-blog“. Mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek tak lagi ada batas ruang dan waktu yang sedemikian ketat. Semua dengan kelonggaran ruang dan waktunya boleh bercerita, boleh bercita rasa dan boleh bercitra diri menyampaikan isi pernyataan melalui medium blog. Mulai pegawai negeri sipil hingga pegawai eksekutif, ramai-ramai menyerbu medium blog sebagai sarana yang efektif dan efisien untuk memasarkan barang dan jasa.

Ajakan “nge-blog” juga jadi topik yang menarik bagi Laila Andaryani Hadis. Melalui Ayahbunda nomor 15 (4–7 Agustus, halaman 48) bertajuk “Nge-blog, Yuk!” di bawah rubrik info kehamilan dan kelahiran ia mengurai panjang lebar, begini.

Manfaatkan blog untuk jurnal kehamilan Anda. Log (maksudnya silakan daftarkan diri terlebih dahulu) saja ke http://www.blogger.com, tulis perkembangan kehamilan Anda dari minggu ke minggu dan publikasikan. Anda dapat membuat web-journal tanpa harus pusing mengerti bahasa web. Enaknya lagi, karena ini on-line (terhubung), Anda dengan mudah membagi momen yang membahagiakan ini kepada keluarga dan teman-teman. Malah, Anda bisa mencetak untuk disimpan sebagai notebook.

Tawaran Laila Andaryani Hadis boleh jadi menarik minat bagi ibu muda. Meski demikian, si calon ibu tentu boleh memilih medium mana yang menarik. Kalau berkecimpung di dunia blog-ngeblog ibaratnya seseorang yang dilepas di hutan belantara Halmahera, ia membuka jalannya sendiri. Jalan itu sudah tersedia. Yang diperlukan hanya orientasi untuk melakukan pilihan. Cara menetapkan pilihan terbuka luas dengan pertolongan medium pencari. Klik cari atau search — dengan kata kunci blog — lantas blog mana yang jadi pilihan sudah tersedia model dan gayanya! Oleh karena itu, ada gunanya melalui fasilitas “search” si calon ibu yang menjadi calon blogger juga dapat memutuskan sendiri sesuai dengan minat dasarnya: manakah medium blog yang cocok dengan citra dirinya! Untuk itu, tersedia ber-blog-blog jumlahnya, entah yang gratis entah yang berbayar.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: