Libur Sekolah ke Alam Pegunungan

Posted on 8 Juli 2008. Filed under: Karangan Khas |

Tempat-permainan-lengkap untuk keluarga di Wisma Kompas.
Tempat-permainan-lengkap untuk keluarga di Wisma Kompas.
Kebun teh khas asli pegunungan.

Kebun teh khas asli pegunungan.

Alternatif lain mengisi libur sekolah bagi warga Ibu Kota bertautan dengan suasana pegunungan. Alam raya yang penuh keindahan dari alam asli peninggalan zaman dahulu kala antara lain lokasinya yang berada di kawasan Puncak Jawa Barat. Waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan bukan menjadi halangan, melainkan menjadi kenikmatan tersendiri khas alam pegunungan. Berbeda dengan alam pantai di kawasan Anyer Banten, maka kawasan pegunungan ini tak bosan-bosannya bagi warga Jakarta menikmati libur sekolah ke Puncak. Meski dirasakan jauh dari rasa nyaman, tetap ada nuansa lain sebagai alternatif libur sekolah yang menjadi buruan warga Jakarta. 

Karakteristik mendasar sebelum tahun 2000-an dalam kaitan dengan kenyamanan berlibur di kawasan pegunungan, antara lain:

  1.  
    1. hawa sejuk semakin terasa;
    2. kelengangan lalu lintas kendaraan bebas macet;
    3. udara bersih luarbiasa;
    4. pepohonan yang lebat menyegarkan;
    5. arus warga bebas padat karena belum melimpah ruah.

Setelah tahun 2000 karakteristik dasar itu berubah total. Perubahan yang berkaitan dengan kepenatan dan jauh dari rasa nyaman mulai merasuki sendi-sendi kehidupan warga pegunungan. Oleh karena itu, hawa pegunungan menjadi sasaran libur sekolah warga Ibu Kota lebih berkaitan dengan perbedaan udara yang penuh polusi, gedung-gedung tinggi beton bertulang, kepadatan luarbiasa penduduk, dan kepadatan arus lalu lintas yang berdenyut tiada henti selama dua puluh empat jam.

Di kawasan Puncak Jawa Barat suasana hening masih tercipta. Meski sejumlah objek wisata tampaknya padat dengan serbaneka kegiatan, entah spontanitas warga setempat, entah arus urban warga Ibu Kota yang merasuki warga Jawa Barat. Perpaduan pola dan gaya hidup warga Ibu Kota tampak semakin menipis perbedaan dasar kehidupannya. Sopan santun, disiplin dan tata tertib seperti yang pernah menjadi kebanggaan warga di kawasan Puncak semakin menipis (kalau mau dibilang bahkan kian menghilang). Melenyap dalam arus deras perbedaan pola dan gaya hidup antara warga Jakarta dan warga Jawa Barat. Tuntutan hidup dan kehidupan warga Puncak semakin senada dengan tuntutan hidup dan kehidupan warga Ibu Kota. Salah satu tempat libur sekolah yang berada di radius tiga kilometer dari istana presiden Puncak, Cipanas persisnya berlokasi di Pacet Sindanglaya adalah Wisma Kompas Gramedia. Cukup dua jam waktu tempuh dari Tangerang BSD City, tanpa “upacara” macet di jalan. Jika berangkat pada hari besar atau libur seperti Sabtu adakalanya kemacetan “mengular”. Waktu tempuh menjadi tiga jam.

Di sepanjang jalan menuju ke Wisma Kompas Gramedia, ketika memasuki kawasan Cisarua, mulai terasa aroma pegunungan, segar nyaman plus kicau burung, Lokasi wisma strategis. Fasilitas penginapan nyaman. Lengkap dengan sarana bermain anak dan orang tua. Berolahraga sembari bercengkerama dengan keluarga menjadi kesempatan paling berharga di sela rutinias kesibukan warga Ibu Kota. Tersedia bakmi Jawa asli gunung Kidul. Selain sarana bermain bulutangkis, biliar, tenis, basket, pingpong atau ruang rapat, juga tersedia layanan terhubung via wifi dari wisma Pacet. Berikut ini rekaman lensa yang tampak pada suasana liburan Juli 2008.

wisma-kompas-memiliki-sarana-bermain-yang-memadai
wisma-kompas-memiliki-sarana-bermain-yang-memadai
Bersepakbolaria di Wisma Kompas.
Bersepakbolaria di Wisma Kompas.
Jagung bakar makanan khas di pegunungan.
Jagung bakar makanan khas di pegunungan.
Bola voli keluarga di Wisma Kompas.
Bola voli keluarga di Wisma Kompas.
Permainan keseimbangan di Wisma Kompas.

Permainan keseimbangan di Wisma Kompas.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “Libur Sekolah ke Alam Pegunungan”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

[…] Libur Sekolah ke Alam Pegunungan […]

wah indah sekali mas kebun tehnya, syang saya di semarang, tapi semoga suatu saat nanti bisa berkunjung kesana, thx share infonya mas🙂


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: