Liburan Bermain Komputer

Posted on 20 Juni 2008. Filed under: Advertorial |

CHIP edisi JuliIbu kota Jakarta terasa lengang. Moda angkutan umum yang biasa semarak dengan anak sekolah juga sepi. Tanpa anak sekolah di mana-mana sepi. Kelengangan ini semakin terasa di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Komunitas murid sekolah akan sangat tinggi pengaruhnya pada kemacetan di jalan. Oleh karena itu, ketika anak sekolah libur kelengangan sekitar jalan-jalan protokol yang kerap padat penumpang, kini menjadi lengang. Majalah CHIP Juli nomor enam memberi perhatian tinggi pada liburan sekolah. Di bawah tajuk “Memanfaatkan Momen Liburan: Komputer plus Internet menjadi sarana pengisi liburan” memuat tujuh halaman CHIP Utama. Berikut ini resumenya.

Masa liburan merupakan waktu yang tepat untuk jalan-jalan, melepas penat, dan memanjakan diri. Namun, menambah pengetahuan pada saat berlibur pun tidak dilarang, demikian tim CHIP menyampaikan teras berita yang bertajuk “Asyiknya Liburan Bersama Komputer”. Yang berkaitan dengan komputer mulai dari perjalanan wisata hingga mengisi waktu luang.

Modus pencarian informasi langkah pertama dapat dimulai lewat situs web pencarian seperti Google. Misalnya menuliskan kata kunci “wisata” atau “tourism” plus kata-kata spesifik seperti “makan gudeg di jogja” atau “cheap souvenirs in barcelona” maka hasilnya lekas mencapai target. Selain itu, penerbit buku panduan wisata seperti Lonely Planet yang terkenal dengan buku panduan wisata lengkap dengan nuansa tas punggung (backpacker). Situs web Virtual Tourist mengumpulkan pengalaman serbaneka wisatawan dari mancanegara. Ada lagi WikiTravel.org yang memberikan perspektif tambahan bagi wisatawan. Komunitas Jalan Sutera ikut aktif juga menanggapi masa liburan sekolah.

Sejumlah tips aman bagi wisatawan digital mengurai lebih jauh dengan saran perjalanan, seperti pengisian baterai isi ulang dan persiapan membawa baterai. Membawa tas pengisi seperangkat digital yang aman dan nyaman. Kemudian berhati-hati saat menggunakan perangkat elektronik pada masa liburan.

Akan tetapi, bepergian ke tempat yang menarik ternyata alangkah sayang jika terlewatkan tanpa catatan digital. Oleh karena itu, pengalaman selama perjalanan baik kecil maupun besar patut dituliskan. Media pencatat yang dianggap efektif dapat dilakukan melalui blog.

Pikirkan apa yang akan dituliskan dengan cermat. Media ini sebagai pembantu dokumentasi berharga selama liburan. Untuk itu, seorang warga digital yang mengisi liburan wajib memberi perhatian pada lima hal penting berikut ini.

1. Forum

2. Blog

3. Social Networking

4. Twittering

5. Social Bookmarking

6. Knowledge sharing

Yang juga menjadi catatan penting dalam mengisi liburan ini, antara lain menambah keahlian melalui crafting (kerajinan tangan), memasak, menulis, memainkan alat musik, dan memotret. Sejumlah trik berbagi keahlian dalam internet juga perlu dimanfaatkan untuk peningkatan keahlian.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: