Kiat Menikmati Hidup

Posted on 11 Juni 2008. Filed under: Unek-Unek |

Agak sulit rasanya, mengukur kebahagiaan hidup bagi seseorang. Yang kerap muncul pada ukuran praktis untuk menilai bahwa seseorang berbahagia hanya dari perolehan hidup yang menjadi idam-idaman hatinya. Manakala keberhasilan menyertai usaha dan perjuangan yang dicita-citakan itulah kebahagiaan. Oleh karena itu, tajuk “Raih Kebahagiaan Sekarang Juga” memiliki daya tarik tersendiri. “Ukuran sukses sejati terletak pada kemampuan Anda merasakan pikiran bahagia,” demikian kutipan dari Erbe Sentanu, penulis buku “Quantum Ikhlas” dalam rubrik “psikologi” majalah Pesona Juni 2008. Berikut ini resumenya.

Berceritalah Eyi selaku penulis bahwa ungkapan muda hura-hura, tua kaya raya, mati masuk surga sebagai dambaan bagi setiap orang untuk mencapai kebahagiaan. Menurut Monty Satiadarma, psikolog seperti yang ditulis oleh Eyi, kebahagiaan seseorang ditentukan oleh kemampuan menerima keadaan, melihat situasi dari sudut pandang positif, menghayati makna pengalaman hidup, merelakan pengalamannya sebagai perubahan dalam hidup, dan bisa melepaskan diri dari belenggu pengalaman emosional.

Konsepsi kebahagiaan yang melekat erat pada diri setiap orang dalam kenyataan memang memiliki perbedaan mendasar. Cara orang menuju pada pencapaian kebahagiaan tampak perbedaannya, meski pada anak kembar sekalipun. Begitu itulah, seperti yang ditulis oleh Eyi bahwa tanpa disadari pada diri seseorang dengan perkataan, “Kalau saya punya deposito sepuluh miliar rupiah, saya akan bahagia,” atau “Jika anak-anak sudah sukses, saya baru bahagia.” Isi pernyataan ini menimbulkan pertanyaan yang lain, “Benarkah kebahagiaan muncul setelah harapan berhasil diwujudkan?”, “Mengapa kebahagiaan tidak dirasakan sekarang juga?” Berikut ini kiat menikmati hidup penuh bahagia menurut Eyi.

Konsumsi Nutrisi Jiwa

“Memberi nutrisi jiwa berarti merawat diri Anda yang terdalam tanpa merasa bersalah, ragu atau takut,” demikian Eyi mengutip Sonia Choquette, penulis buku. Caranya, lakukan saja satu hal yang Anda sukai setiap hari, meski itu sangat sepele sekalipun. Misalnya, menyesap secangkir kopi susu di pagi hari, menelepon sahabat lama, atau dipijat oleh si mbok langganan.

Mensyukuri Hidup

Bersyukur berarti memfokuskan pikiran dan perasaan pada hal-hal yang menarik dan baik dalam hidup. Caranya, mengalihkan pikiran pada hal-hal yang berjalan lancar. Terima saja kegagalan. Misalnya, Anda tidak mendapatkan posisi yang Anda incar. Namun, sebentar lagi Anda memperingati lima belas tahun usia perkawinan bersama keluarga. Perayaan ini merupakan ungkapan syukur atas hidup dan kehidupan yang mengalirkan hormon yang membuat rasa senang ke dalam tubuh.

Berbagi Pengalaman

Berbagi pengalaman berarti memberi sesuatu kepada seseorang dan melihat wajah orang itu yang bersinar karena senang. Atika Suryanto, Vice Pressident Human Resources Consumer Banking bercerita bahwa Kelompok Pencinta Buku Anak menerima dongengan untuk anak-anak dari orangtua, terutama penderita leukemia, kanker, dan hydrocephalus di bangsal kelas tiga rumah sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Mereka menerima dengan antusias sekali. Selain itu, tambahnya, setiap Sabtu saya nyekar ke makam suami. Saya sering membawa nasi pecel atau nasi uduk untuk tukang sapu yang saya temui di perjalanan.

Berolahraga yang Menyenangkan

Olahraga yang menyenangkan berarti olahraga yang memberi efek optimal pada tubuh Anda yang dilakukan dengan happy. Yang perlu Anda lakukan dengan mencari seribu satu macam cara dengan menggerakkan tubuh yang menyenangkan. Misalnya ikut kelas salsa, berkebun, bermain di taman bersama keponakan, atau mengajak si Dogi jalan-jalan berkeliling kompleks setiap pagi. Selain itu, Anda dapat memulainya dengan lebih banyak naik tangga ketimbang lift atau memarkir mobil di tempat yang agak jauh dari pintu masuk ke gedung kantor tujuan.

Menjadi Lebih Hijau

Hidup lebih hijau berarti berbuat sesuatu untuk lingkungan yang membawa perasaan puas. Giacinta Hanna, lanscape designer telah membukukannya. “Dua tahun ini saya menanam palem, cocor bebek, dan tanaman-tanaman obat di sepanjang tepi kali di lingkungan RT saya. Saya sengaja memilih tanaman itu karena mudah dirawat. Kini lingkungan saya lebih hijau, bersih, dan sehat. Saya dan para tetangga senang melihatnya. Siapa pun bebas memanfaatkan tanaman itu. Saya lihat, jejak saya mulai diikuti oleh RT lain.”

Berada pada Area Bebas Stres

Meredakan stres berarti menghadapi masalah yang membuat stres  sebagai cara menemukan kebahagiaan, setelah mampu mengatasi masalahnya. Caranya dengan mengucapkan afirmasi. Saat stres datang sadari dan terima saja kenyataannya. Lalu menjalani hidup dan mengembuskan napas. Ucapkan kalimat positif. Ulangi kata-kata itu sampai Anda merasakan lebih baik. Kathleen Hall, CEO The Stress Institute dari Amerika Serikat mengatakan bahwa “Afirmasi akan membuat Anda fokus, tenang, dan mengurangi hormon kortisol penyebab stres.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: