Maklumat Pembelian Hak Cipta

Posted on 9 Mei 2008. Filed under: Berita |

Komitmen Pemerintah RI sudah bulat. Membeli karya asli berupa naskah yang diedarkan via internet. Pelaksanaannya sudah dimulai. Bahan pelajaran dapat diunduh, lalu disebarluaskan kepada komunitas pendidikan se-Tanah Air. Bahan dasarnya hanya memerlukan sejumlah rupiah yang disebut sangat “murah” bagi masyarakat bangsa dan negara RI. Namun, apa pengaruhnya bagi penerbit buku pelajaran di Indonesia?

Melalui Ikatan Penerbit Indonesia atau Ikapi respons atas pembelian hak cipta mulai bergulir. Penerbit memberi reaksi yang mengherankan manakala Menteri Pendidikan Nasional, Bambang Soedibjo mencanangkan buku murah yang dipatok seharga tujuh ribu lima ratus rupiah per eksemplar. Pamusuk Eneste berkomentar manalah mungkin harga buku semurah itu? Reaksi senada muncul dari kalangan penerbit dalam keanggotaan Ikapi.

Sehubungan dengan penilaian buku pelajaran dari Badan Standar Nasional Pendidikan atau BSNP dan Pusat Perbukuan (Pusbuk), Setia Dharma Madjid, Ketua Umum Ikapi mengimbau. Pertama, pengurus pusat Ikapi mengizinkan penerbit anggotanya mengikuti penilaian yang dilakukan oleh BSNP dan Pusbuk. Kedua, pengurus pusat Ikapi mengimbau dan menyarankan penerbit anggotanya agar tidak menjual hak cipta kepada pemerintah (jika buku-bukunya lulus penilaian BSNP dan Pusbuk).

Imbauan ini diambil sebagai kebijakan pengurus pusat Ikapi. Berdasarkan hasil masukan, kata Ketua Umum Ikapi bahwa Ikapi sebagai asosiasi merasa perlu mengambil sikap. Ikapi setuju pemerintah membeli hak cipta buku pelajaran untuk di-upload di internet. Namun, Ikapi keberatan jika naskah buku pelajaran yang dibeli oleh Pemerintah RI dapat diperbanyak oleh siapa saja untuk tujuan komersil.

Menurut Setia Dharma Madjid, jika penerbit menyerahkan naskah untuk dibeli hak ciptanya oleh Pemerintah RI, artinya siapa saja dapat mencetak dan menjual naskah itu (setelah mendapat izin dari pemerintah). “Penerbit akan kehilangan daya saing atau nilai tambah yang selama ini dimiliki,” tulis Setia Dharma Madjid pada Maklumat tentang Pembelian Hak Cipta melalui Penerbit, Kamis 8/5 seraya menambahkan, kebijakan pemerintah mengganggu perkembangan dan kelangsungan hidup industri buku, khususnya buku pelajaran.

Maklumat yang ditandangani oleh pengurus pusat dan sekretaris umum itu dikirim kepada Ikapi daerah atau perwakilan dan dewan pimpinan pusat  kepada direktur penerbit buku pelajaran. Ia menggarisbawahi peraturan pemerintah Nomor 2 Tahun 2008 tentang naskah yang hak ciptanya sudah dibeli oleh pemerintah boleh digandakan untuk kepentingan komersil.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “Maklumat Pembelian Hak Cipta”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

ok, deh, mas djony
thanks
informasinya

sebenarnya kalo bagus ngga masalah khan ?


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: