Rahasia Esensi Perubahan Berpikir

Posted on 27 April 2008. Filed under: Apa&Siapa |

Apa yang Anda dapatkan dari pelatihan atau lokakarya The Secret of Mindset? Pertanyaan ini belum mendapat jawaban memuaskan dari sebagian besar peserta yang menerima selembar isi pernyataan. Jawaban atas pertanyaan memang memerlukan waktu yang memadai. Ketika alam pikiran peserta tengah menjelahi diri untuk mencari jawaban, Ir. Adi W. Gunawan, M.Pd.,C.Ht. sudah mengajukan lima kunci sukses. Sejauhmana rahasia esensi perubahan berpikir mengantar kesuksesan bagi seseorang? 

Sampai dengan April 2008, Adi, panggilannya menulis 12 buku. Ia produktif. Kedua belas bukunya terlaris. Tulisannya menampakkan kepedulian tinggi pada persoalan pendidikan, kemampuan otak, kecerdasan, pemaksimalan potensi diri untuk mencapai derajat maksimal. Adi kerap menjadi pembicara atau pelatih (trainer) di bidang pendidikan dan pengembangan diri.

Pada sesi lokakarya atau workshop “Rahasia Esensi Perubahan Berpikir” (The Secret of Mindset), Jumat 25/4 pukul 14.00—16.30 WIB di Jakarta, Adi menyatakan rasa terima kasih yang mendalam terhadap Gramedia. Pasalnya, seorang kawan lama, katanya, pernah berkomentar bahwa setelah melihat jadwal roadshow seminar yang diselenggarakan di 12 kota, Adi dianggap sebagai orang top. Apalagi untuk acara Sabtu, 26 April 2008 , pukul 9.00–17.00 di hotel Santika Premiere, Jakarta, panitia terpaksa menutup pendaftaran peserta yang berminat ikut lokakarya itu.

Pertanyaan-pertanyaan lain yang mengemuka pada lokakarya di antaranya apakah definisi mindset, apakah Anda merasa sulit untuk berubah, sulit untuk sukses? Pertanyaan ini mendapat porsi panjang lebar bahwa cara kerja pikiran, esensi perubahan berpikir (mind set), motivasi, terapi, transformasi diri holistik pada level pikiran sadar, pikiran bawah sadar, mental atau emosi dan spiritual, dan spiritualitas seseorang dapat dilatih jika ia ingin berubah secara cepat dan permanen. Adi mengaku bahwa ia bukan motivator, melainkan seorang terapis. Untuk itu, ia menggarisbawahi lima kunci bagi seseorang yang sukses. Pertama, mengetahui apa yang ia inginkan. Kedua, yakin. Ketiga, bersyukur. Keempat, pasrah. Kelima, doa.

Pada bagian lain, Adi menyampaikan terapi bahwa bila muncul masalah yang berhubungan dengan hardware (fisik otak), maka teknologi mutakhir Brain Wave I dapat mendeteksi kerusakan otak dan ketidakseimbangan antara otak kiri dan kanan. Dengan teknologi Brain Wave I, ia mampu mensinkronkan kedua belahan otak, secara permanen, hanya dalam waktu 12 menit. Hal ini sangat sulit dicapai ketika menggunakan teknik biasa, seperti meditasi, taichi, chi kung, atau musik dengan binaural beat. Brain Wave I sangat baik untuk terapi kesulitan konsentrasi, penderita dyslexia ADD (attention deficit disorder), daya ingat lemah, dan meningkatkan vibrasi medan energi tubuh.

Pada bagian mental, emosi, psikis atau software pikiran, menurut Adi, hal itu bergantung pada kondisi seseorang, Untuk itu, ia menggunakan teknik hypnosis dan hypnotherapy, EFT, SMC, NLP, dan Energy Therapy. Serbaneka kasus yang ditangani Adi — yang berhubungan dengan aspek mental — berkaitan dengan emosi, psikis atau software pikiran, antara lain fobia, trauma atau luka batin ( bayi sejak dalam kandungan, usia tiga bulan sudah dapat diprogram. “Usia tiga bulan, bagi orang tua yang bermasalah dapat membuat luka batin bagi si bayi,” ujar Adi,), tidak percaya diri, kesulitan diet, takut berbicara di depan umum, gagap atau kesulitan bicara, konflik diri (inner conflict), takut sukses bahkan takut gagal, insomnia, kecemasan, stres, depresi, pencapaian prestasi hidup rendah, kegagalan hidup (padahal, ia telah mencoba segala cara), meningkatkan penghasilan, menemukan benda yang hilang (ia memperagakan pada seseorang yang kehilangan kunci, padahal sang kunci berada di depan mata), meng-upgrade atau memperbarui serbaneka program negatif di masa kecil, meng-install program baru yang mendukung keberhasilan hidup, memotivasi atau empowerment, kebiasaan buruk, dan sejumlah permasalahan seksual.

Sejauh-jauh mata memandang saat ini di toko buku Gramedia memang tampak jejeran atau display serbaneka buku pengembangan diri. Di antara jejeran buku itu, buku karangan Adi tampak jelas terbaca judul dan potret diri. Pada sampul buku Adi tampak kekhasan yang menampilkan potret diri berukuran close up dengan mimik Adi yang penuh percaya diri. “Saya harus mengatakan dengan jujur apa yang telah terjadi dengan hidup saya. Cerita ini yang selama ini tidak diketahui publik. Jujur pencapaian saya saat ini masih belum apa-apa. Ini barulah awal dari perjalanan panjang hidup saya seperti yang saya tulis di buku impian saya (1995). Masih banyak yang harus saya kerjakan, untuk diri saya dan juga untuk masyarakat. Saya mengatakan bahwa ini masih awal karena saya masih terus berproses, jatuh bangun, mengembangkan diri saya. Saya bisa seperti sekarang ini sebenarnya bukan karena saya hebat atau pintar. Saya bisa seperti sekarang ini karena saya dibesarkan oleh Gramedia. Lebih jujur lagi saya katakan bahwa saya sebenarnya nunut nama besar Gramedia,” tutur Adi di hadapan peserta yang sangat antusias menyimak kata per kata dari seorang terapis jempolan. Ia pun menambahkan, “Saya ingat sekali saat pertama kali Gramedia memperkenalkan saya ke publik, melalui seminar Born to be a Genius yang diselenggarakan di Jakarta, di hotel Santika, 24 Oktober 2002. Dalam seminar ini saya dipasangkan dengan Arief Rahman, pakar pendidikan, dan dimoderatori oleh Marissa Haque. Seminar ini yang pertama bagi saya yang diekspose ke publik. Ini awal dari karier saya sebagai pembicara publik di Indonesia.”

Produktivitas Adi sebagai penulis buku diakui sebagai akumulasi atas persiapan atau komitmen diri terhadap buku. Dahulu, katanya, saya mencantumkan serbaneka teks bertuliskan “Saya pasti bisa” di pelbagai tempat di rumah, seperti di kulkas, di kamar mandi, di cermin, di tempat ia biasa merapikan rambut dan berkemas diri. Selain itu, ia sudah membaca habis serial “Trio Detektif” dan “Lima Sekawan” hingga “Berpikir dan Berjiwa Besar” karya Dale Carnegie. Saat ini ada ribuan buku tersusun rapi di rak bukunya yang apik dan ciamik.

Penulis yang produktif senantiasa mendapat dukungan penuh dari tim penerbit. Apalagi buku yang diterbitkan mendapat respons yang tinggi dari pembacanya, selain buku yang ditulis dapat Adi revisi, buku itu juga menjadi contoh teladan baik. Dengan demikian, tujuan penulisan tercapai. “Saya mendapat sangat banyak dukungan dari kawan-kawan di Gramedia mengenai buku apa yang sebaiknya saya tulis, gaya penulisan, konten, kritik, saran, dan dorongan untuk semakin produktif.,” tegas Adi mantap.

Berlalunya waktu cepat sekali, bermula dari satu buku “Born to be a Genius” (Maret 2003), berlanjut ke “Genius Learning Strategy” (Oktober 2003). Kemudian Adi meluncurkan “Manage Your Mind for Success,” “Apakah IQ Anak Bisa Ditingkatkan?”, “Kesalahan Fatal dalam Mengejar Impian”, “Kesalahan Fatal dalam Mengejar Impian 2”, “Hypnosis: The Art of Subconscious Communication”, “Hypnotherapy: The Art of Subconcsious Restructuring”, “Becoming a Money Magnet” (2007), “Cara Jenius Menguasai Tabel Perkalian”, “5 Principle to Turn Your Dreams Into Reality”. Yang terbaru “The Secret of Mindset” (2008) dengan roadshow seminar di 12 kota besar di Indonesia. “Setahu saya, baru kali ini ada buku yang di-road-show-kan di 12 kota, dengan durasi seminar mulai pagi jam 9.00 sampai sore jam 17.00,” ucap Adi mengakhiri lokakarya khusus bagi komunitas karyawan Kompas Gramedia.

Adi W. Gunawan menikahi mantan kekasihnya waktu di SMA, Stephanie Rosaline C. S.E. Ayah dari tiga putri: Dyah Ayu Kusumawardani G., Dyah Ayu Kumalasari G., dan Dyah Ayu Permatasari G. ini menambahkan, “Saya sungguh merasa senang, bahagia, haru, dan sungguh berterima kasih kepada Gramedia, penerbit, toko buku, atas semua dukungan yang telah diberikan kepada saya. Tanpa dukungan yang begitu luar biasa, saya tidak akan bisa seperti sekarang ini.”

Background pendidikan dan pelatihan

  1. SMAK Santo Yusuf, Malang;
  2. S1 Teknik Elektro STTS, Surabaya;
  3. Master Trainer Accelerated Learning dari The Accelerated Learning Institute  &  Training Center, Las Vegas Amerika;
  4. Diploma Pendidikan Anak Dini Usia dari Modern Montessori International London;
  5. Magister Pendidikan (S2) dari Universitas Negeri Surabaya (IKIP). Lulusan terbaik dari total 1.772 lulusan dengan menyandang IPK tertinggi (cum laude) saat diwisuda April 2006;
  6. Certified Hypnotherapist;
  7. Mind Technolgy: Silva Method, Neuro Linguistik Programming, EFT, Energy Psychology, Hypnosis, Hypnotherapy, Mind Mastery Meditation, Meditasi;
  8. Suggestology dan Suggestopedy untuk pembelajaran dan pendidikan (dari hasil penelitian Georgi Lozanov, bapak accelerated learning dunia);
  9. Mind Technology paling mutakhir yang ia pelajari adalah Brain Wave 1, yang dipelajari di The Alpha Learning Institute, di Lugano Swiss;
  10. Saat ini Adi sedang dalam proses menyelesaikan program Doktor (S3) di bidang Manajemen Pendidikan

Pekerjaan dan jabatan

  1. Pakar Transformational Thinking sekaligus sebagai Indonesia Director of Operations dari Transformational Thinking Indonesia;
  2. Pakar S.A.L.T (Suggestive Accelerated Learning and Teaching) dan Konsultan Accelerated Learning untuk wilayah Asia Tenggara, termasuk Cina, Korea, dan Jepang, mewakili ALI (The Accelerated Learning Institute and Training Center) Amerika;
  3. Konsultan HRD atau Training Center berbagai perusahaan terkemuka;
  4. Professional Public Speaker, Trainer, Konselor, Terapis, Motivator, dan Inspirator;
  5. Dosen di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (UBAYA);
  6. Pendiri dan Kepala Sekolah Anugerah Pekerti di Surabaya;

Buku yang ditulis dan terlaris (best seller)

  1. Born to be a Genius;
  2. Genius Learning Strategy;
  3. Apakah IQ Anak Bisa Ditingkatkan?;
  4. Manage Your Mind for Success;
  5. Hypnosis : The Art of Subconscious Communication;
  6. Becoming a Money Magnet;
  7. Kesalahan Fatal dalam Mengejar Impian;
  8. Hypnotherapy : The Art of Subconscious Restructuring;
  9. Cara Genius Menguasai Tabel Perkalian;
  10. Kesalahan Fatal dalam Mengejar Impian 2;
  11. 5 Principles to Turn Your Dreams Into Reality;
  12. The Secret of Mindset.

Materi pelatihan untuk publik dan in-house training

  1. Transformational Thinking ;
  2. Manage Your Mind for Success;
  3. Becoming a Money Magnet;
  4. Hypnosis : The Art of Subconscious Communication;
  5. Hypnotherapy: The Art of Subcsoncsious Restructuring;
  6. S.A.L.T. (Suggestive Accelerated Learning & Teaching);
  7. Born to be a Genius or Genius Learning Strategy;
  8. Transformational Thinking for Corporation.

 

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

5 Tanggapan to “Rahasia Esensi Perubahan Berpikir”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

Saya yakin si Atut kentut melulu karena stress berat sekarang. Semua bandit pendidikan sudah dia kucurkan dananya. Makelar ijazah palsu di Universitas Borobudur dimulai sejak lama termasuk Yuni shara yang penyanyi itu yang pernah kulia disana. Calonya adalah Prof Dr Faisal Santiago SH MM yang Bapaknya adalah orang penting di Dikti / Diknas. Marissa Haque belum kalah. Hanya Zul dari PKS yang banci, takut sama Atut dan Bapaknya yang kriminal itu. JK pasang bdana buat Atut karena Atut adalah pacar

vvv lagi nga pain udah makan belom
se

Adik Ratu Atut Chosiyah Wawan suami Arin Rachmi Diany dari PKS jadi TERSANGKA di Kejaksaan Agung

Minggu, 24 Agustus 2008 | 18:22 WIB
TANGERANG, MINGGU – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang menjadwalkan akan memanggil adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Heri Wardana alias Wawan terkait dugaan kasus korupsi pembangunan RSUD Balaraja.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Tangerang, Rakhmat Haryanto, Minggu (24/8) mengatakan, jadwal pemanggilan adik pejabat nomor satu di Provinsi Banten tersebut pada Senin (25/8).

“Wawan seharusnya memenuhi panggilan Kejari Tangerang pada Jumat (22/8) kemarin, namun berhalangan hadir karena harus menghadiri rapat Gabungan Pengusaha Konstruksi (Gapensi) Provinsi Banten,” ungkapnya.

Haryanto mengatakan, Wawan akan dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi dalam dugaan tindak pidana korupsi pembangunan RSUD Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Sebelumnya, Kejari Tangerang telah menetapkan lima tersangka yang diduga kuat melakukan tindak pidana korupsi pembangunan rumah sakit pemerintah yang menghabiskan dana dekonsentrasi APBN 2006 sebesar Rp14,115 milyar tersebut.

Kelima tersangka tersebut antara lain, Kepala Dinas Kesehatan (Dinskes) Provinsi Banten, DBS, Pejabat Pembuat Komitmen Dinkes Provinsi Banten, NA, Direktur kontraktor proyek PT Glindingmas Wahana Nusa sebagai kontraktor proyek, JC, Kepala Proyek, DW dan konsultan pengawas proyek dari PT Cipta Sarana Mitra, AS.

Modus operandi yang dilakukan para tersangka yakni membuat laporan palsu secara bersamaan tentang kemajuan pembangunan RSUD Balaraja. Laporan kemajuan pembangunan tersebut untuk mencairkan dana ke Dinkes Provinsi Banten sebesar Rp 14,115 milyar padahal laporan kemajuan proyek tidak sesuai dengan bangunan fisiknya.

Kejaksaan menemukan hasil pengumpulan data dan survey lokasi yang menunjukkan sejumlah bangunan fisik tidak sesuai dengan laporan kemajuan proyek, di antaranya toilet, keramik lantai, saklar dan jaringan listrik.

Namun demikian, Haryanto menjelaskan, pemanggilan Wawan tersebut bersifat tidak mengikat dan akan mengubah penanganan kasus yang sudah mencapai tahap penyidikan itu. “Pemanggilan Wawan juga didasarkan keterangan tersangka JC, yang menyebut nama Wawan. Namun belum diketahui jelas peranan Wawan pada pembangunan RSUD Balaraja.”

Selain itu, Kejari Tangerang juga akan memanggil Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Hani Heryanto terkait perencanaan dan pembangunan rumah sakit milik Kabupaten Tangerang tersebut.

Komentar oleh Adik Ratu Atut si Wawan masuk Penjara krn Nyolong dana orang Banten | Agustus 26, 2008

23/06/08 17:11

Marissa Haque Jadi Dosen Akpol

Pekanbaru (ANTARA News) – Aktris yang kini aktif sebagai politisi, Marissa Haque, mengatakan bahwa dirinya sangat terobsesi mengajar para taruna kepolisian, dan tidak lama lagi keinginannya terwujud lantaran menjadi dosen di Akademi Kepolisian (Akpol), Semarang.

“Saya mulai mengajar mulai Agustus besok,” kata Marissa Haque, di Pekanbaru, Riau, Senin.

Istri penyanyi Ikang Fawzi itu mengatakan, kesempatan untuk mengajar itu ditawarkan langsung oleh Gubernur Akpol, Irjen Pol. Sutjiptadi, yang juga mantan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau.

Marissa mengatakan, memiliki kedekatan dengan Sutjiptadi karena seringkali bolak-balik ke Riau untuk keperluan disertasinya yang membahas tentang pembalakan kayu liar.

“Dia sudah saya anggap sebagai ayah kedua karena hampir dua tahun saya bolak-balik ke Riau,” ujar politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Perempuan kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), itu mengatakan alasannya menerima tawaran menjadi dosen bukanlah karena besarnya honor yang akan diterimanya.

Kesempatan itu, ujarnya, akan digunakan untuk membentuk pola pikir taruna kepolisian sebagai calon pamong yang baik bagi masyarakat.

Di Akpol, Marissa akan mengajar mata kuliah kriminologi politik. (*)

COPYRIGHT © 2008

Ketentuan Penggunaan

Versi Cetak Beritahu Teman Beri Komentar

Berlangganan berita ANTARA via email gratis!

Komentar Pembaca

rieke pitaloka 30/06/08 23:09

Dibandingkan dengan RIEKE D Pitaloka, ya Marissa jauh lebih baiklah hei kader banci PDIP. Yang kutu lompat itu ya Rieke Pitaloka. Wong di PKB sudah mentok karir dia jadi Wasekjen, eh di PDIP kan Rieke Pitaloka hanya anggota biasa doang. Kacieaaaannnn…deh PDIP. Keok yah?

Panda Nababan pandanababan@yahoo.com 05/08/08 21:45

Iya nih nyesel jadi PDI Perjuangan. Lihat yang masuk pada orang bloon semuanyaaaa… Rieke Pitalika juga O’ON, Rano Karno cuma lulusan SMU…hahaha… Ratu Atut Chosiyah??? Lha IJAZAHNYA KAN ASPAL alias asli tapi palsu!!! Yang ngejual bernama Professor Doktor Faisal Santiago anggota kader Partai Demokrat kepunyaan Pak Presiden SBY. Makanya kejahatan Atut dan Faisal Santiago plus Pemilik Yayasan Universitas Borobudur aman-aman saja dari gugatan pidana Marissa Haque. Wong yang pasang badan itu adalah JK

Baca Juga
Maftuh Basyuni Tak Sudi Institusi Dijelekkan
Mohammad Said, Sang Wartawan Pejuang
Anang Ardiansyah Cipta 115 Lagu Daerah Banjar

Tentang Kami | Ketentuan Penggunaan | RSS Feed

Copyright © 2008 ANTARA

😥😥 :'(Iajazah Palsu Sarjana Ekonomi si Ratu Atut Chosiyah didapatkan dari Universitas Borobudur Kalimalang Jaktim hanya didalam waktu 17 bulan menyelesaikan sebanyak 160 SKS. Gila bener si Atut itu ah! Iajazah palsu daqn pencemaran nama baik dari PIDANA kenapa Marissa Haque harus dihukum perdata??? nggak bener SBU, nggak bener negeri in Ah!!! Sabar mbak Marissa Haque. Indonesia butuh perempuan tangguh seperti anda. Memang Universitas Borobudur Kalimalang Jakarta Timur yang saya tahu karena rumah saya di Condet Jakarta Timur juga, adalah gudangnya para pembuat ijazah palsu dan disahkan oleh Dikti dan Diknas. Dirjennya di Dikti sangat korup namanya Prof. Dr. Fasli Jalal. Kejar SBY, karena IZIN PRESIDEN dia kacau!


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: