Bumi Sehat dalam Keheningan

Posted on 19 Maret 2008. Filed under: Blogstop |

Pos ini dipublikasikan kepada johnherf pada 10:40:39 19/03/2008

Hari-hari panjang dalam menafasi hidup dan kehidupan dengan keheningan ternyata menjadi idam-idaman bagi setiap orang. Sunyi sepi bukan hanya penuh dengan ketenangan dan kenyamanan, melainkan juga penuh dengan gejolak rasa perasaan mendalam untuk mengadakan refleksi diri. Salah satu upaya menuju keheningan berasal dari lembaga swadaya masyarakat Bali untuk perubahan iklim bertajuk “world silent day”. Tema ini berkaitan dengan keheningan dengan mematikan arus listrik selama empat jam, Jumat 21/3.

Dua hari lagi berlangsung “Hari Hening” selama empat jam, sejak pukul 10.00—14.00. Hari H atau Hari Hening menjadi idam-idaman bagi setiap orang yang cocok dengan pola hidup dan kehidupan penuh ketenangan dan kenyamanan. Pelaksanaan Hari H serentak melalui imbauan kepada masyarakat dunia. Isi pernyataan imbauannya berkenaan dengan ajakan untuk mematikan semua peralatan yang berarus listrik, seperti penerang lampu, pengecas telepon selular, perangkat komputer, pemanas air, penanak nasi, pesawat radio atau televisi, dan pendingin ruang. Tujuannya antara lain mengurangi penggunaan listrik demi mengurangi dampak negatif pemanasan global.

clip_image002

“Hari hening merupakan lanjutan dari kampanye Kolaborasi LSM Bali, setelah konferensi perubahan iklim di Nusa Dua, Desember 2007. Saat itu, pihak LSM Bali memang aktif mengampanyekan Nyepi (hening) sebagai salah satu upaya mengurangi dampak pemanasan global,” kata Panji Tisna yang mewakili Kolaborasi Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM Bali (Bisnis Jakarta, 18/3) seraya menambahkan, “Gerakan itu sekaligus sebagai langkah untuk mempertanyakan konsumerisme. Semua ingin bumi ini tetap sehat melalui hening selama empat jam.”

Menurut hitung-hitungan Kolaborasi LSM, lanjut Panji Tisna, sehari hening dunia bisa mengurangi pembuangan gas karbondioksida (CO2) hingga 30.000 ton. Angka ini berasal dari banyaknya kendaraan bermotor, termasuk pesawat terbang.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: