Google Mempermudah Mahasiswa Indonesia

Posted on 9 Maret 2008. Filed under: Sastra Teknologi Informasi&Komunikasi |

Mengenal dan dikenal adalah hal yang biasa. Normal di semua lapisan dan golongan masyarakat bangsa dan negara di Republik Indonesia. Bahkan pada masa ketika multimedia berkembang pesat seperti sekarang tak dapat dimungkiri urusan “mengenal dan dikenal” menjadi semakin dimudahkan. Situs google sebagai salah satu mesin pencari menjadi contoh menarik. Ia mudah dikenali dan aktif mengenalkan diri. Untuk itu, google menyediakan serbaneka kemudahan. Ia mudah dikenali mulai dari pencarian buku dan gambar sampai dengan foto dan video. Ia pun bagi kebanyakan orang yang memanfaatkan kemampuan layanannya sangat mudah memperkenalkan ketangguhannya.

Kini google melalui telepon selular dan internet membantu seseorang untuk memperkenalkan orang lain dengan lebih intensif. Ia rajin menyambangi lembaga sosial dan lembaga profit di belahan dunia. Mulai dari pelayan imel, pencari produk tertentu, pencari gambar, pencari peta dunia dan pencitraan satelit, pembaruan berita terkini, pencari buku, penjelajah dunia dari komputer, pencari dan pembagi video, sampai dengan pelayan dokumen kantor terhubung (online). Semua ada apa pun bisa google lakukan. Tanpa batas, tanpa ruang dan waktu terbatas. Saat ini peran google bagi semua pengguna telepon selular dan internet secara serentak mulai fasih melafalkan satu kata “google” sebagai penyedia jasa layanan gratis. 

Akan tetapi, aktif berburu dan aktif memperbarui layanan dengan speed and quality sesungguhnya yang menambah kepercayaan pengguna. Google lama-kelamaan semakin mumpuni dalam serbaneka layanan profesional. Google menjadi medium penyampai informasi yang efektif. Oleh karena itu, sekarang kian bertambah-tambah orang yang mengenal google. Meski demikian, muncul pula suatu pertanyaan, cukup dalamkah seseorang mengenal si google? Apakah nama besar google, alamat dan fitur, kenyamanan dan keamanan, tips dan trik, media diskusi dan pencari info, sungguh-sungguh membantu pengguna untuk memanipulasi dan mengelola foto, menikmati layanan video via telepon selular, dan memanfaatkan fungsi tambahan google dapat sedemikian rupa melekat erat dalam benak pengguna?

Pertanyaan semacam itu belum perlu dituntaskan pada saat ini. Jawaban atas pertanyaan itu, belum urgen mengingat bagi pengguna google atau pehobi mesin pencari via google dianggap sudah cukup membuktikan bahwa setiap orang sudah mengenal google?

Apa cita-cita google? Bagaimana perjuangan kelangsungan hidup google? Apa saja yang sudah google alami? Tiga pertanyaan itu terjawab melalui Tom Turvey, Direktur Google Book Search Partnerships turvey@google.com dan Erik Hartmann, Strategic Partner Development ehartman@google.com. Tim google bidang buku ini bercita-cita membukukan serbaneka jenis dan judul buku se-Asia Pasifik. Mereka bersinergi dengan penerbit buku terkemuka, entah dari Indonesia entah dari negara Asia yang lain.

Kini para mahasiswa di Tanah Air, misalnya dapat mengakses mesin pencari untuk melakukan riset buku. Melalui www.google.com/books otomatis pengguna tinggal klik. Kemudahan ini semakin membantu mahasiswa di Indonesia yang memanfaatkan mesin pencari gratis secara online. Mahasiswa hanya perlu klik pada judul buku yang diminati. Bahkan penyedia jasa layanan buku online ini juga menjual melalui tautan (link) “buy this book”.

Menurut Tom Turvey (9738188449) dan Erik Hartmann (+65 96430785) pengguna di negeri gemah ripah loh jinawi tata tentram karta raharja ini dapat melihat-lihat buku secara menyeluruh atau hanya bagian-bagiannya. Bab per bab atau bagian demi bagian. Semua bebas hukum karena secara resmi, izin dari penerbit sudah dimiliki. Pada bagian “search this book in library” akan lebih memudahkan pengguna di wilayah tertentu dalam suatu negara.

Atas dasar itu, bagi mahasiswa di Indonesia, misalnya urusan “mengenal” google merupakan aktivitas yang berdaya juang untuk menghasilkan sesuatu yang menarik. Ada kepuasan tersendiri manakala kata kunci pencarian via google berhasil menunjukkan keberadaan data dan fakta. Mengenal sisi terdalam dari google dan mencari bagian yang menarik dari google untuk dituliskan terbukti merupakan pelajaran berharga. Upaya ini bisa dimulai lagi dengan mendalami profil atau fitur google secara cermat.

Fitur atau profil google memang bukan semata-mata sarana untuk belajar menuliskan sesuatu yang tampak sederhana dan biasa dengan cara yang menarik, melainkan juga berguna untuk lebih mengenal mesin pencari dengan efektif. Semacam perenungan yang diharapkan dapat memacu semangat belajar dan memantapkan cita-cita mahasiswa Indonesia. Bagi pengajar atau dosen pun, google dapat menjadi sarana untuk mengenal dengan lebih dalam setiap konsep dan asal kata, ejaan, serta istilah tertentu. Dengan demikian, google membuat setiap pengguna menghargai dan memahami apa, siapa, kapan, kenapa dan bagaimana mesin pencari sungguh-sungguh memudahkan pengguna. Oleh karena itu, usaha dan perjuangan Tom Turvey yang beralamat di 76 North Avenue 4th Floor New York, NY 10011 (212 565-8614) dan Erik Hartmann di Level 25 North Tower Ohio Raffless Quay Singapore 048583 (+656622-5712) patut dihargai dan diacungi dua jempol.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “Google Mempermudah Mahasiswa Indonesia”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

hahhahha… mang bner mas… google mang yahud banget..mau cari apa aja ada.. paling manteb buat bahan bikin tugas… tinggal ceklak ceklik doank… ajdi deh… 😛

Google emang sip!

Salam
TB


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: