Soeharto Masih Yakin dapat Mengatasi Keadaan

Posted on 14 Januari 2008. Filed under: Berita |

Pada 1998 media gencar melaporkan peristiwa Soeharto. Laporan tentang Soeharto menceritakan apa yang terjadi, apa yang telah terjadi atau apa yang akan terjadi. Dengan menelusuri sumber, mengajukan pertanyaan dan mencatat jawaban dalam tulisan yang dapat dibaca tanpa perlu menduga-duga, laporan jadi bebas tafsir. Berikut ini catatan liputan media tentang Soeharto.

Ketika melaporkan, media mengawali dengan pengamatan. Menggunakan pancaindra dan pikiran dengan konsentrasi penuh. Dalam literatur, laporan disebut reportase yang yang mengungkapkan fakta dan memberi perincian secara lengkap dari hasil pengamatan langsung atau tidak langsung tentang persoalan Soeharto, seperti yang dilaporkan oleh majalah Forum 26 Mei 1998 dan harian Kompas 27 Mei 1998.

On the phone

Tanggal 21 Mei 1998 pukul 09.05 WIB Pak Harto membacakan pidato “pernyataan berhenti sebagai presiden RI”. Kekecewaannya tergambar jelas dalam pidato pengunduran dirinya, Big HugWave

….” Saya telah menyatakan rencana pembentukan Kabinet Reformasi dan mengubah susunan Kabinet Pembangunan VII, namun demikian kenyataan hari ini menunjukkan Komite Reformasi tersebut tidak dapat terwujud, karena tidak adanya tanggapan yang memadai terhadap rencana pembentukan komite tersebut. Dalam keinginan untuk melaksanakan reformasi dengan cara sebaik-baiknya tadi, saya menilai bahwa dengan tidak dapat diwujudkannya Komite Reformasi, maka perubahan susunan Kabinet Pembangunan VII menjadi tidak diperlukan lagi.

Dengan memperhatikan keadaan tersebut di atas, saya berpendapat sangat sulit bagi saya untuk menjalankan tugas pemerintahan negara dan pembangunan dengan baik. Oleh karena itu, dengan memperhatikan Pasal 8 UUD 45 dan secara sungguh-sungguh memperhatikan pandangan pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi yang di dalamnya, saya memutuskan untuk berhenti dari jabatan sebagai Presiden RI.”

Seusai Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya, B.J. Habibie mengucapkan sumpah sebagai Presiden. Praying

Seusai Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya, dan BJ Habibie mengucapkan sumpah sebagai Presiden, Panglima ABRI Jenderal TNI Wiranto dalam pidatonya menyatakan, ABRI akan tetap menjaga keselamatan dan kehormatan para mantan Presiden/Mandataris MPR, termasuk mantan Presiden Soeharto dan keluarga.

Awalnya ada peristiwa. Ada kejadian. Ada penulis.Coffee

Kamis, 21 Mei 1998 pukul 9.05 WIB, di Istana Merdeka, Soeharto, Presiden RI (1966–1998) mengundurkan diri sebagai Presiden.

Peristiwa ini menjadi fakta. Dituliskan apa adanya, sebagaimana adanya. Bebas tafsir. Fakta. Belum ada ulasan, apalagi analisis penulis.

Dalam fakta Soeharto ada keterangan tambahan. Penjelasan jadi lebih detail. Ada tafsir, ada ulasan, ada bumbu-bumbu tulisan kemanusiaan. Tulisan ini dibuat dengan menciptakan sebuah cerita. Kadang-kadang subjektif. Karena ditulis dengan memasukkan emosi dan pikiran untuk membuat senang dan memberi informasi atau menggugah perhatian seseorang terhadap aspek kehidupan manusia. Berikut ini laporan yang hidup dan tergambar dalam imajinasi pelapor dalam kisah sebuah cerita.

Tanggal 21 Mei 1998, pukul 09.00 WIB, semua perhatian tertuju ke credentials room di Istana Merdeka, Jakarta. Saat itu, Presiden Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya. Dalam pidato yang singkat, Soeharto antara lain mengatakan, Saya memutuskan untuk menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Presiden RI, terhitung sejak saya bacakan pernyataan ini pada hari ini, Kamis 21 Mei 1998.

Pengumuman pengunduran diri Soeharto Kamis pagi itu sesungguhnya tidaklah terlalu mengejutkan, karena sehari sebelumnya sudah ramai dibicarakan bahwa Presiden Soeharto akan mengundurkan diri. Yang menjadi pertanyaan, apa yang mendorong Soeharto akhirnya memutuskan untuk mundur? Call meThinkingChatterboxKarena, beberapa hari sebelumnya, Soeharto masih yakin dapat mengatasi keadaan.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: