Penentu Kelulusan Murid SD dari Sekolah

Posted on 9 November 2007. Filed under: Berita |

Ini bukan berita baru, melainkan berita lama. Basi. Enggak penting lagi. Nilai kadar aktualitas cukup rendah. Namun, berita lama ini, patut mendapat perhatian murid, orang tua dan guru. Kalau Menteri Pendidikan Nasional, Doktor Bambang Sudibyo melansir berita kelulusan peserta ujian akhir SD ada di pihak sekolah, memang seharusnyalah seperti itu kebijakannya. Guru paling tahu nilai kepantasan muridnya. Itulah yang sewajarnya mendapat perhatian. Berikut ini kutipan koran Suara Pembaruan, Kamis 8/11.

Mendiknas: Kelulusan Peserta Ujian Akhir SD Ditentukan Sekolah

[BANJARMASIN] Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo menegaskan ujian akhir tingkat sekolah dasar (SD) yang berstandar nasional, pasti dilaksanakan tahun 2008. Namun, untuk kelulusannya diserahkan ke masing-masing se- kolah.

“Ujian akhir SD tidak dapat ditunda lagi, agar murid SD terbiasa mengikuti budaya ujian,” kata Mendiknas pada Peresmian proyek-proyek pendidikan di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dipusatkan di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalsel, Rabu (7/11).

Menurut Mendiknas, ujian akhir untuk SD tidak sepenuhnya diatur oleh pemerintah pusat, namun sebagian besar soal-soal akan dibuat oleh guru-guru di daerah yang bersangkutan dengan komposisi 40 persen soal dari pusat dan 60 persen soal dari daerah setempat. Karena itu, setiap daerah diharapkan memiliki bank soal yang nantinya dibuat guru-guru di setiap sekolah berdasarkan mata pelajaran yang dipegangnya.

Soal buatan guru-guru dari sekolah itu kata Mendiknas, selanjutnya diserahkan ke bank soal dan akan diambil secara acak untuk kemudian diujikan kepada siswa. Siswa dapat dinyatakan lulus jika memenuhi standar nilai rata-rata 5. Jika ada siswa yang memiliki nilai 4,25, harus ada mata pelajaran lain yang nilainya lebih dari 6, sehingga bisa menutup kekurangan nilai yang rendah.

Tiga Mata Pelajaran
Mata pelajaran yang akan diujikan di tingkat SD ada tiga mata pelajaran, yakni bahasa Indonesia, matematika dan IPA. Sedangkan untuk tingkat SMP, mata pelajaran yang akan diujikan selain tiga mata pelajaran pokok bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan matematika juga akan ditambah IPA.

Sementara untuk tingkat SMA akan diujikan tiga mata pelajaran pokok ditambah fisika, kimia dan biologi untuk jurusan IPA. Untuk jurusan IPS akan ditambah lagi dengan mata pelajaran ekonomi, sosiologi dan geografi dengan nilai rata-rata mata pelajaran 5.

“SK Peraturan Menteri tentang pelajaran yang akan diujikan sudah saya tanda tangani. Tiap tahun standar nilai tentu akan bertambah,” katanya.

Sementara itu Gubernur Kalsel Rudi Arifin mengatakan, mutu pendidikan di daerahnya terus meningkat setiap tahun. Hal ini karena adanya dukungan dari pemerintah pusat dalam bentuk dana APBN dan tambahan dana dari APBD Kalsel. [132]

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “Penentu Kelulusan Murid SD dari Sekolah”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

Oleh-oleh hasil rekreasi acara perpisahan SDN Sawojajar I Kota Malang ke Jatim Park. Saya senang sekali rekreasi ke Jatim Park di Batu, disini saya bisa education and recreasion. Saya bermain senapan angin atau yang intinya udara yang bertekanan dihembuskan kedalam botol lalu botol terbang terkendali, sayang sekali ada suatu yang diabaikan oleh perencana yaitu senapan atao balon botol aqua yang terbang saat udara menegnai botol terdengan suara yang keras oleh karena saya mempunyai saran agar tidak terganggu pendengaran kita yang bermain sebelum bermain tolong membawa sumbat telinga seperti yang diberikan oleh airline milik perancis, sehingga bermain menjadi senang bukan terkejut dan jantungan dan telinga jadi pekak, sekian dulu nanti saya akan bermainlagi, sambil belajar anatomi
Saya
Dian Laksamana Hati
Murid Kelas IV SDN Sawojajar I Malang

MAU TANYA ?
ADDRESS NYA KELULUSAN SD ,
DI JAKARTA SELATAN APA SI ?
KARENA ADEK Q NEM NYA BELUM DI KASIH TAU SEKOLAH


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: