Berorigami pada Hari Raya

Posted on 3 Oktober 2007. Filed under: Apa&Siapa |

Serbaneka kreasi kertas mampu menampilkan kupu-kupu, bintang, bunga tiga dimensi, kotak, kartu hari raya, akuarium, burung, serangga, ikan, dan kartu ucapan. Asli serbaneka kreasi kertas ini buatan sendiri. Bentuknya menarik. Caranya, melipat-lipat kertas saja. Bahan dasar kertas ini mampu meningkatkan keterampilan, merangsang kreativitas, dan imajinasi. Oleh karena itu, kreasi kertas yang disebut origami sungguh mengasyikkan dan semua orang menggemarinya. 

Serbaneka model origami diaplikasikan menjadi hiasan kartu ucapan menjelang hari raya semakin marak. Kartu ucapan berhiaskan karya origami bukan hanya merupakan kartu yang unik, melainkan juga kartu yang memikat hati. Dengan bahan sederhana semacam kertas alakadarnya, sebagaimana adanya hasilnya jadi spesial.

 

Entah pemula, entah tingkat mahir berorigami hasilnya bisa tampak serupa dan indah. Origam bagi pemula bukan suatu kegiatan yang menyulitkan, melainkan kegiatan yang menjadi mudah. Origami terbukti mudah dipelajari. Cukup dengan memperhatikan diagram atau ilustrasi dari peraga atau buku panduan origami, plus pengerjaan langkah demi langkah, model yang diinginkan dapat diselesaikan.

 

Kartu ucapan misalnya, kertas berukuran kecil saja mampu menghasilkan kartu sebagaimana yang diinginkan pembuatnya. Namun, sebagaimana pepatah lama mengatakan alah bisa karena biasa, semakin aktif mencoba dan latihan, semakin menuju ke tingkat mahir dalam berorigami. Dengan cara mulai melatih diri dan mencoba pakai kertas berukuran besar barulah perlahan-lahan dan pasti dapat menggunakan kertas berukuran kecil.

 Minggu, 30/9 bertempat di toko buku Gramedia Matraman, mulai pukul 10.30–12.45, berlangsung workshop origami. Pemandu Revi Devi Paat, 31 tahun, pengarang origami revidevi@yahoo.com. Acara ini sangat menarik hati dan membangkitkan minat pengunjung untuk mencoba dan melatih membuat origami. Peserta yang hadir mencapai 40 peserta terdiri dari anak, ibu, dan bapak. 

Kegemaran Revi Devi Paat mengkreasi kertas mampu menghasilkan dua puluh buku origami. Ibu kelahiran Jakarta, 1 Oktober ini juga menjadi peraga pada rekaman VCD origami. “Origami merupakan kreasi kertas yang mengasyikkan karena terbilang praktis. Hanya dengan cara melipat kertas, aneka bentuk menarik sudah dapat dihasilkan,” ujar Revi mantap.***

 

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: