Nilai Penting NPWP Pribadi

Posted on 13 September 2007. Filed under: Artikel |

Sejumlah argumen bermunculan saat pajak orang pribadi diaktifkan. Dahulu, pajak orang pribadi tergolong pasif. Hanya 60 jutaan dari 220 juta orang yang berpenghasilan dalam kategori golongan atas saja yang aktif. Oleh karena itu, pendapatan negara terbatas. Kalau sekarang orang per orang menjadi aktif menyampaikan pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi, mau tak mau anggaran untuk serbaneka kelangsungan aktivitas masyarakat bangsa dan Negara Republik Indonesia kian efektif. Sejauhmana nilai penting pajak penghasilan wajib pajak bagi orang per orang? 

Pajak bermakna sebagai kontribusi wajib orang pribadi atau badan kepada negara. Dalam hal pajak, negara bersifat memaksa. Asas pemaksaan berdasarkan undang-undang. Meski demikian, masyarakat bangsa dan negara Republik Indonesia yang melaporkan dan menjadi wajib pajak tidak ada imbalan langsung. Tidak otomatis wajib pajak langsung menikmati kondisi jalan yang mulus atau bebas macet saat berkendaraan, misalnya. Yang terpenting pajak digunakan untuk kepentingan negara bagi kemakmuran masyarakat bangsa dan negara Republik Indonesia. Pembayaran pajak ini juga untuk pembiayaan negara yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara.

Nomor pokok wajib pajak atau NPWP berkaitan juga dengan nomor yang diberikan kepada wajib pajak. Selain itu, nomor wajib pajak berfungsi sebagai sarana administrasi perpajakan dan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakan. 

Dasar hukumnya tertera pada peraturan 16/PJ/2007 tentang pemberian NPWP orang pribadi yang berstatus sebagai pengurus, komisaris, pemegang saham/pemilik dan pegawai melalui pemberi kerja/bendaharawan pemerintah.  

Pasal 2 ayat (1) undang-undang nomor 16 tahun 2000 tentang setiap wajib pajak wajib mendaftarkan diri pada kantor direktorat jenderal pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan wajib pajak dan kepadanya diberikan nomor pokok wajib pajak.  

Atas dasar itu, NPWP pribadi memiliki hak dan kewajiban seperti memiliki NPWP dengan kondisi pembedanya. Dalam hal ini, memiliki penghasilan di bawah penghasilan tidak kena pajak atau PTKP. Oleh karena itu, ia memiliki NPWP sebagai sebuah pilihan. Kecuali itu, memiliki NPWP artinya memiliki penghasilan di atas PTKP. Nah, dalam hal ini memiliki NPWP adalah keharusan. Wajib hukumnya.

Bagaimana cara memperoleh NPWP? Caranya antara lain mendaftarkan diri langsung ke Kantor Pelayanan Pajak, mendaftarkan diri melalui e-registration http://www.pajak.go.id, memperoleh secara jabatan; wajib pajak orang pribadi mendapat NPWP tanpa mendaftar; NPWP diterbitkan berdasarkan data yang dimiliki direktorat jenderal pajak. 

Cara memperoleh NPWP melalui internet dengan mengeklik laman pajak. Lalu klik menu e-Registration. Pilih menu “buat akun baru”. Isilah kolom sesuai dengan permintaan. Kemudian klik tombol “BUAT”. Gunakan username dan password untuk login. Lantas, pilih wajib pajak yang akan didaftarkan, seperti orang pribadi, badan atau bendaharawan. Selanjutnya, ikuti petunjuk isian formulir.

Adapun hak dan kewajiban memiliki NPWP seperti berikut ini.

Hak

Meminta penundaan pembayaran pajak atau mengangsur, memperpanjang jangka waktu penyampaian surat pemberitahuan atau SPT, membetulkan SPT yang sudah dilaporkan selama belum diperiksa, dan memperoleh pengembalian pajak.

Kewajiban

Setiap wajib pajak mengisi dan menyampaikan SPT tahunan dengan benar, lengkap, dan jelas, dan menandatangani.

Sanksi perpajakan yang dapat terjadi seperti berikut ini. 

Sanksi bunga dua persen sebulan dihitung dari saat jatuh tempo pembayaran sampai dengan tanggal pembayaran dan bagian dari bulan dihitung penuh sebulan; sanksi denda Rp100.000,00,- (seratus ribu rupiah) apabila SPT tahunan tidak disampaikan dalam batas waktu yang ditentukan;

Sanksi Pidana

Kurungan paling lama setahun dan/atau denda paling tinggi dua kali jumlah pajak apabila karena kealpaan, tidak menyampaikan SPT tahunan atau menyampaikan SPT tahunan, tetapi isinya tidak benar atau tidak lengkap sehingga negara dirugikan.  

Sanksi Pidana

Kurungan paling lama setahun dan/atau denda paling tinggi dua kali jumlah pajak apabila karena kealpaan, tidak menyampaikan SPT tahunan atau menyampaikan SPT tahunan, tetapi isinya tidak benar atau tidak lengkap sehingga negara dirugikan.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

15 Tanggapan to “Nilai Penting NPWP Pribadi”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

kayakny emang ga ada untungnya punya NPWP pribadi ya?😀, so ngapain jg punya NPWP pribadi, kalo reward balik ke kitanya ga ada.

bisanya cuma minta2 doangg!!!

Gua tinggalnya di Bumi Indonesia, ya bayar dong, kost aja bayar, NPWPnya sih enggak penting itu kan data, tapi pajaknya gua rasa penting untuk anak cucu kita nanti, gua sih juga belum punya NPWP, tapi aku sadar kok, naikin gaji gua dong untuk bayar pajak,..

pajak ntu ibarat iuran RT
agar kegiatan RT berjalan sempurna mk kd ada iuran buat ngejalanin itu smua

masalah jalan ato fasilitas kok nggak beres2, itu tugas kita untuk mengawasi penggunaan pajak yg dialokasikan ke daerah2

tdk ada ruginya punya NPWP

NPWP?… muales bgt dech, bt bgt dech, tapi kalo pemerintah maksa juga ya udah dech…
ikutin ajalahh apa maunya…

Istri saya seorang ibu rumah tangga. Masa dia harus punya NPWP walaupun tidak ada “income” sama sekali?

apakah masyarakat akan menerima ini???
NPWP kayakya akan menyusahkan manusia indonesia.
harus melapor jika punya harta, jual harta kena pajak..
telat lapor kena denda… segala macam lah….
apa kata dunia???

ini namanya pemerasan secara tidak langsung,
NPWP kayaknya gak penting amat…..
penambah beban pikiran aja…..!!!!
gmana dengan org yang lum punya penghasilan???
Stop NPWP Now……..!!!

Saya msh kurang paham dgn pnjlsan di atas.sbnarnya bgmana seseorang bsa diknai kwajiban mmiliki npwp?thx

Buat apa sih npwp?toh tiap bulan gji jg udh dptng,tiap thun byar pbb,tiap blan byar telp,aer,listrik jg ada ppn-nya,prkir dknai biaya,bhkan mkanpun jg ada pjaknya.so,what is it for?

bikin sih ga masalah…. tujuannya sih cuma menghindari fiskal kalo mau ke luar negri…. sebenernya males banget.. belum nanti harus isi spt bulanan dan tahunan bla bla bla…
kalo di bilang iuran rumah tangga emang bener… wajib sebagai WNI. cuma kalo byr pajak trus jalanan pada bolong bolong ngapain …. please dong…

NPWP Pribadi itu kayak setan kredit..!!kemana2 nagih..klo kita beli mobil aza harus laporan utk sinkronisasi pendapatan pribadi..ditanya ini itu..bla..bla..bla..
TAI..!!!
AWASI PENGGUNAANNYA..itu jargon2 iblis..!!kenyataannya kita ga tau penggunaannya,klo kita mo nanya jg sulit tembus datanya..jalan2 tetep aza rusak..macet,fasilitas2 jelek..korupsi terus jalan..
APA KATA DUNIA..??

Bayar pajak sih harusnya pajak final saja, jangan ada birokrasi seperti harus lapor SPT segala macam. Kasihan rakyat kecil nanti malah jadi lahan baru pemerasan. Salah dikit bisa kena. Sekarang pendapatan 2 jutaan per bulan aja harus lapor pajak.. Bikin stress aja.

Indonesia kekayaan alamnya harusnya cukup menghidupi rakyat kalau dikelola dengan baik. Ini bukannya rakyat dapat bagian dari kekayaan alam malah kebagian bayar pajak buat gaji pejabat, upah pungut pajak dll. Pembangunan malah kurang.

NPWP diperuntukan untuk seseorang yang sudah berpenghasilan dan penghasilannya melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Penghasilan tidak kena pajak ini di dapat dari status wajib pajak itu sendiri, sudah menikah atau belum dan mempunyai tanggungan atau tidak (tanggungan maksimal 3orang).
Apabila penghasilan pada tahun berikutnya kurang dari PTKP, maka kita bisa membuat NIHIL pada laporan SPT kita.

Apa keuntungan punya NPWP?
* Lebih mudah untuk mengurus segala keperluan (seperti surat” kredit, pinjaman bank, pembuatan paspor)
* Bebas fiskal kalau kita ingin pergi keluar negeri

Apa kerugian tdk mempunya NPWP?
Bagi yang penghasilannya melebihi PTKP tetapi tidak mempunya NPWP, saat ini diberlakukan denda sebesar 20% atas kelalayannya tersebut.

Maaf kalau ada kalimat yang salah, saya jg masih byk belajar. Silakan dikoreksi, ini cuma sekedar sharing. Thanks..

mau tanya.. klw kita udah bikin NPWP pribadi(usaha), tapi usahanya tidak berjalan…apakah kita harus tetep bayar pph? trus dari kpp setempat, ada tagihan pph pasal 25.. bisakah npwp tsb di stop?? mohon dibantu..maksih

NPWP memang wajib sesuai dengan arti kepanjangannya WAJIB>>>tapi apakah wajib bagi seorang pensiunan golongan rendah…???maaf bukan jendral,tapi gol 1 a/d 3 atau janda/duda atau janda/duda pahlawan yg wajib pny NPWP…yg saat ini sdh terjadi diseluruh Indonesia…bgm bisa terjadi hal tsb diatas…???
seorang pensiunan gol rendah hrs bingung utk urus NPWP…ktnya klu tdk urus alasanya 1000 x macam-2 lah…yg inin sampai yg itu…padahal uang pensiun yg mereka ambil tiap bulan adalah HAK MEREKA…suatu jerih payah selama bekerja yg dipotong 2.5% dri gaji pokok….knp baru sekarang dibuat undang-2 para pensiuna & janda/duda hrs wajib ber NPWP….///??? padahal manfaat yg mereka terima gak ada…???bgm klu Wajib Pajak Mati>>>???klu dpt uang duka gak masalah…???tapi kenapa harus dihukum pidana penjara…???
Saya py alasan bhw……………:
1.NPWP ini hy akal_@ busuk suatu lembaga dimana berkekuatan hukum…
2.NPWP tidak ubahnya suatu transaksi…Wajib Pajak=konsumen, Dep.Pajak=penjual…
3.Wajib Pajak/konsumen tdk bisa komplin…intinya ya WAJIB BAYAR…?
4.DEP.PAJAK=tdk mau rugi…?jk tdk bayar Wajib Pajak dianggap pencuri ya hukum…sesuai hukum pidana tentang Pajak…
BAGAIMANA SUATU UNDANG-2 YG BERKEKUATAN HUKUM TETAP DISAHKAN….???JIKA TDK MEMBERI MANFAAT YG SETIMPAL BAGI PEMBRI UANG…???MALAH KLU TDK DIBERI UANG DIANGGAP SUATU KELALAIAN…YA DIHUKUMLAH WAJIB PAJAK ITU(NPWP>>>…???)


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: