Peluncuran Biografi J.A. Katili: Saintis, Birokrat, Politisi

Posted on 29 Agustus 2007. Filed under: Apa&Siapa |

Berguru pada pengalaman tokoh ilmu kebumian bagi masyarakat bangsa dan negara Republik Indonesia sungguh melimpah berkatnya. Keindahan dan kekayaan alam Nusantara begitu menyatu erat dengan pribadi dan keberhasilan J.A. Katili, 78 tahun menafasi hari-hari panjang hidupnya dengan mengembalikan energi positif untuk Tanah Air. Meski bermula dari manusia biasa, profil tokoh yang mumpuni dengan rendah hati tetap memaknai kesuksesannya kembali pada fitrah yang mempertanyakan, “Indonesia diberi Tuhan kekayaan begitu banyak, tetapi apa yang bisa saya lakukan?” Oleh karena itu, kaum muda Indonesia layak dan sepantasnya menggali kekayaan ilmu dan pengetahuan dari seorang tokoh nasional yang mumpuni.

Sejumlah tokoh nasional antara lain Menteri Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar dan Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla, ikut menghadiri peluncuran buku “Biografi J.A. Katili: Harta Bumi Indonesia” Rabu 25/7 di Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Agung Adi Prasetyo, Chief Executive Officer Kompas Gramedia berkesempatan memberikan kata sambutan sebelum resmi meluncurkan buku biografi tokoh ilmu kebumian Indonesia.

J.A. Katili merupakan seorang saintis, birokrat, dan politisi sekaligus, kata Wakil Presiden RI seraya menambahkan, meski demikian, J.A. Katili tidak pernah meninggalkan bidang kepakarannya. “Bumi Indonesia mempunyai dua sisi, yakni manfaat dan musibah sehingga peran geologi sangat penting,” ujar Muhammad Jusuf Kalla bersemangat.

Wakil Presiden RI juga menggarisbawahi bahwa tiga tahun terakhir seakan bumi kita hanya membawa musibah melulu yang kemudian menimbulkan berbagai tanda tanya. “Hanya saintis yang dapat menjelaskan, termasuk juga soal gempa, tsunami, dan belakangan kejadian luapan lumpur di Sidoarjo,” tegasnya.

Di sisi lain, seperti yang diwartakan oleh Kompas 27/7, sejak lama bumi Indonesia dikenal dengan kekayaannya, seperti kekayaan mineral tambang. “Sebetulnya berbagai kesulitan kita seharusnya dapat diatasi dengan menggunakan kekayaan luarbiasa itu. Di dunia ini, misalnya, sedikit sekali negara yang mempunyai tiga jenis mineral strategis, yakni tembaga, nikel, dan bauksit sekaligus seperti di Indonesia,” ujar Muhammad Jusuf Kalla.

Pada sesi sambutan ini, Wakil Presiden RI menandaskan, mungkin kita kalah di bidang manufaktur dan jasa, tetapi kita memiliki sumber daya alam yang luarbiasa. Untuk mengelolanya, kita membutuhkan keahlian. Sekarang masih kita serahkan kepada orang asing untuk pengelolaannya. Kita butuh banyak geolog muda yang mau mengelola sumber daya alam kita. “Biografi ini akan memberikan petikan pengalaman dan pencerahan bagaimana agar kekayaan alam itu dapat bermanfaat bagi kita,” pesan Muhammad Jusuf Kalla mantap.

Tim penyusun buku “Biografi J.A. Katili: Harta Bumi Indonesia” setebal 443 halaman ini ialah Kadjat Adra’i (novelis, penulis biografi dan skenario sinetron), Anna Fauziah Diponegoro (wartawan), Dewi Untari, liaison officer and event organizer yang berpengalaman pada manajemen perkantoran, Idon Haryana (fotografer jurnalis), R.H. Uno (pemikir, fotografer, editor), dan Amanda Katili (staf khusus menteri negara lingkungan hidup).***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Peluncuran Biografi J.A. Katili: Saintis, Birokrat, Politisi”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

saya ingin melihat index dr.ir.anton apriyantono….

tolong saya….saya mohon dengan segera…


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: