Internasionalisasi Herbal dan SPA Tradisional

Posted on 20 Juli 2007. Filed under: Hiburan |

 

Internasionalisasi Herbal dan SPA Tradisional

 

 Category            [HIBURAN] 

Taman Sari Royal Heritage SPA, menurut Doktor Mooryati Soedibyo©, merupakan manifestasi kehidupan tradisional perawatan yang dapat digali, dikembangkan dan dihidupkan, yang disesuaikan dengan perkembangan gaya hidup dan teknologi informasi. Selama ini Taman Sari telah cukup mendapat pengakuan dari dana luar sebagai suatu heritage budaya indonesia yang telah dikaji secara turun-temurun melalui pengalaman secara imperic. Justru inilah yanq menjadi daya tarik dan dambaan negara-negara lain untuk bekerja sama mendirikan Taman Sari Royal Heritage SPA dari Indonesia. “Sekilas mengenai perawatan-perawatan tradisi sesuai tahap-tahap dalam kehidupan wanita dalam delapan tahapan dari lahir sampai lanjut usia yang dihidupkan dalam konsep kegiatan Taman Sari Royal Heritage SPA Indonesia dan di Mancanegara,” ujar Mooryati Soedibyo seraya menambahkan, karena uniknya dan antiknya perawatan yang ada membuat mereka ingin bekerja sama dengan Indonesia dalam bentuk bisnis franchise. Franchise ini memadukan perawatan tradisi Indonesia dengan menggunakan rempah-rempah yang didukung dengan alat-alat teknologi modern untuk perawatan kesehatan dan kebugaran.

Pertanyaannya yang agak relevan berkaitan dengan mengapa SPA wajib dikembangkan? Mooryati Soedibyo menggarisbawahi pentingnya mengembangkan SPA karena budaya perawatan kesehatan dan kebugaran, kesehatan dan kebugaran memberikan fisik yang enerjik, spirit kerja dan pemikiran yang cerdas dan jernih dan tidak cepat pikun, kesehatan dan kebugaran fisik yang terawat dengan baik memperkuat daya tahan tubuh, mencegah penyakit, awet muda dan meningkatkan harapan hidup manusia. “Jadi, tujuan perawatan sesuai tradisi Indonesia yang dikembangkan melalui SPA (Husada Tirta) harus dikembangkan,” pesan Mooryati Soedibyo mantap.

Penggunaan Husada Tirta, menurut Mooryati Soedibyo, berasal dari kata tanaman atau rempah-rempah yang berkhasiat untuk perawatan dari dalam yang harus diminum (jamu) atau yang dioleskan, digosokkan, diborehkan, dilulurkan. Dengan demikian, perawatan SPA khas budaya Indonesia merupakan perawatan yang holistik, komprehensif dan menyeluruh.

Doktor BRA Mooryati Soedibyo menyampaikan tayangan salindia (slide show) berjuluk “Internasionalisasi Herbal dan SPA Tradisional” itu pada lokakarya Pekan Produk Budaya Indonesia di Ruang Merak 2 Balai Sidang Jakarta, Kamis 12/7 pukul 10.00 WIB. Ia menguraikan sejarah SPA Husada Tirta. Sejarah Husada Tirta (SPA), katanya, sejak dulu bermula dari para bangsawan di Keraton memiliki tradisi untuk kebugaran tubuh dan penampilan yang prima. Hal ini berlandaskan pada kondisi tempat tinggal yang berada di belakang dinding tebal, apalagi ada misteri perawatan, dan keunikan, autentik Taman Sari di Yogyakarta, Ngeksi Gondo di Surakarta, dan Langen Harjo di Surakarta.

Tujuan Perawatan Husada Tirta, lanjut Mooryati Soedibyo, munculnya tuntutan zaman kebutuhan masyarakat madani, dan pentingnya merawat kesehatan secara komprehensif fisik, mental, spiritual. Jenis terapi SPA berawal dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki. Lalu pemijatan dan pengurutan, seperti hydrotherapy, aromatherapy, aassage therapy, thermal therapy, stone theraphy, presstheraphy, poloid theraphy, oxygen theraphy, ozone theraphy, color theraphy, sound theraphy, beauty therapy, saloon treatment, physical exercise, mind theraphy, healthy food knowledge.

Untuk itu, perlu adanya modern SPA equipment. Namun, apakah yang ditawarkan modern SPA equipment? Menurut Mooryati Soedibya modern SPA equipment menawarkan facial equipment, oxygen facial theraphy, ozone theraphy, steam room, veichy shower, hidrobath tub, aqua pool theraphy, pressotheraphy, capsule multi function, thermal theraphy, theraphy/heating blanket, lazer equipment, ultrasound theraphy, IPL equipment, dan fitness equipment.

Atas dasar itu, perawatan jiwa (mind) sangat diperlukan. Caranya antara lain dengan mendengarkan alunan gamelan khusus untuk klenengan yang lembut (sebagai anti stress music). Selain itu, perlu juga perawatan roh atau suksma (spirit). Caranya dengan merasakan perawatan-perawatan yang menghilangkan rasa lelah, fisik dan mental, mendengarkan suara yang menyejukan sebagai “anti stress therapy” merasa rileks. Itu semua merupakan kegiatan spiritual (spirit), yang meliputi bersyukur kehadirat Allah Yang Maha Esa atas rahmat-Nya merasa sehat, tenang dan bahagia, ini akan merasa bugar, menambah spirit, semangat bekerja dan berfikiran lebih tenang dan jernih.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “Internasionalisasi Herbal dan SPA Tradisional”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

SPA – Lulur ya… he..he..

Silahkan kunjungi juga
http://software-komputer.blogspot.com

situs tentang kumpulan Resep Ramuan Herbal untuk berbagai macam penyakit

Pada Penulis : boleh minta blogroll ?


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: