Budaya Indonesia Tradisional untuk Budaya Dunia Industrial, Mungkinkah?

Posted on 12 Juli 2007. Filed under: Berita |

Orkestra produk budaya permainan tradisional, budaya sandang, budaya kriya, budaya herbal dan spa, budaya kuliner, budaya agraris dan maritim, budaya sastra, aksara dan lisan, budaya seni pertunjukkan dan film, budaya beladiri dan senjata tradisional, budaya produk arsitektur menjadi simfoni yang mengalun indah pada lokakarya “Pekan Produk Budaya Indonesia”, Kamis 12/7 di Balai Sidang Jakarta. Pertanyaan yang mengemuka sebagai intisari lokakarya berkaitan dengan ekonomi berbasis budaya. Namun, mungkinkah orkestra atau sinergisme budaya Indonesia itu mampu berkembang baik yang bernilai jual? 

Hingga hari ini pergelaran wayang kulit tidak pernah mati dan para dalang wayang kulit masih terus bertahan di tengah gempuran industri hiburan modern, demikian Butet Kertaredjasa bersemangat menyampaikan “Seni Pertunjukkan dan Kultur Industrial?” di Ruang Merak Balai Sidang Jakarta.

Pertunjukkan wayang kulit bertahan karena pola kehidupan tradisional yang kuat, kata Butet, meski penonton sudah memasuki cara hidup modern. Upaya pemodernan gaya pertunjukkan wayang kulit dengan instrumen musik dan bintang tamu selebritis, misalnya hanya berguna sebagai aksen saja. Istilah jawanya sebagai penglaris. “Selebihnya wayang kulit tetap bertahan dengan pola tradisional,” kata Butet bersemangat seraya menambahkan, “mulai dari pakem cerita hingga bangunan aksesori yang dibutuhkan dalam musik atau plot sudah menjadi baku.” Oleh karena itu, seni pertunjukkan tradisional sangat sesuai dengan watak tradisional masyarakat. Jadi, antara proses dan produk sama-sama memiliki dasar pijakan yang mengakar kuat.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Budaya Indonesia Tradisional untuk Budaya Dunia Industrial, Mungkinkah?”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

mungkin saja itu semua bisa terjadi contohnya batik bisa menjadi budaya industrial dunia

I LOVE INDONESIA


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: