Perempuan Wajib Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Posted on 15 Juni 2007. Filed under: Berita |

Mencegah kanker serviks saat ini ternyata jadi kampanye bagi masing-masing orang dan lembaga sosial yang peduli kesehatan perempuan.

“Bantu jaga dan lindungi dirimu!” atau “Bantu jaga dan lindungi orang yang kaucintai”, demikian isi pernyataan leaflet “Kampanye Cegah Kanker Serviks”.

Kanker Serviks (cervical cancer) merupakan jenis kanker yang terjadi pada area leher rahir atau serviks. Serviks bermakna sebagai bagian rahim yang berhubungan dengan vagina. Oleh karena itu, perempuan Indonesia wajib mencegah kanker serviks sejak dini. Kanker serviks sering terjadi pada perempuan antara 33–55 tahun. Namun, ternyata pada perempuan dengan usia lebih muda juga bisa muncul. Adapun penyebabnya virus yang disebut Human Papilloma Virus atau HPV (sejenis virus yang sebetulnya tidak berbahaya karena tidak terlihat dan hilang dengan sendirinya, kecuali terjadi infeksi HPV-nya). Meski demikian, infeksi HPV sembuh dengan sendirinya lantaran sistem kekebalan tubuh alami. Kanker serviks mulai berkembang ketika sel-sel abnormal pada dinding serviks memperbanyak diri tanpa kontrol lalu membentuk benjolan yang disebut tumor.

Sabtu 9/6 yang lalu di Istora Senayan Jakarta, pada Pameran Buku Ikapi, dokter Dwiyana Ocviyanti, Sp.OG menyampaikan presentasi pada Seminar “Mengenal dan Mencegah Kanker Serviks” persembahan dari Penerbit Gaya Favorit Press. Hadir pada acara itu sejumlah 82 peserta, yang penuh entusias dan aktif bertanya sekaligus berbagi pengalaman seputar dunia kanker.

Kanker serviks terjadi pada serviks uterus. Satu dari dua kanker pembunuh dengan sasaran perempuan paling utama, selain kanker payudara. Menurut dokter Dwiyana, penyebabnya belum jelas, berkaitan dengan infeksi HPV (Human Papilloma Virus), herpes simplex, merokok, dan vaginal douching. “Kemungkinan penyebab paling utama, hampir setiap penderita kanker leher rahim terbukti pernah terinfeksi HPV,” ujarnya.

HPV menjadi kemungkinan penyebab paling utama, hampir bagi setiap penderita pernah terinfeksi HPV. Namun, tidak semua yang terinfeksi HPV akan menderita kanker leher rahim.
Di negara-negara maju, kasus kanker leher rahim memang lebih rendah, karena keberhasilan pendeteksian dini (Pap Smear Test).

Faktor risikonya, kata dokter Dwiyana, perilaku seks (sering berganti pasangan), terpapar bahan kimia (terutama yang mengandung ter atau “tar”), misalnya sering menggunakan cairan pencuci vagina (vaginal douching) yang mengandung ter, dan kebiasaan merokok.

Leaflet Kanker ServiksPengobatannya dengan operasi, penyinaran sinar radio aktif, kemoterapi, dan gabungan antara keduanya. Langkah selanjutnya dengan vaksinasi untuk memperkecil kemungkinan tertulari HPV, diberikan kepada wanita yang mulai menginjak kehidupan seksual aktif (umur 9–26 tahun), memperkecil kemungkinan terkena kanker leher rahim, dan tidak melindungi tubuh terhadap semua jenis HPV (hanya yang paling sering menyerang).***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

12 Tanggapan to “Perempuan Wajib Cegah Kanker Serviks Sejak Dini”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

kanker… hii ngeri ah..

Untuk salah satu pencegahan kanker serviks sejak dini teman-teman bisa menghubungi kami. Benny via 081 2310 1312, Megawati via 081 230 35236 atau hubungi kami via parentseducation.wordpress.com. Kami saat ini sedang ‘memerangi’ kanker serviks dan kami berharap teman-teman mau bergabung. GOD BLESS US.

saya mencari dr nugroho wahono spog dimana says bisa hubungi terima kasih

Kanker….? palagi kanker rahim isa disebabkan krn cara bersiin rahim yang salah palagi bis pup. So, bersiinnya tangan kasi sabun dulu trus ngarah kebelakang jgn kedepan,ntar kotorannya kdpn…well,mslh spele kan…? tapi dari riset mang ni slh satu pnyebab utama…met nyoba’ 🙂

hi………………..

Sebaiknya kanker rahim menjadi prioritas siapapun untuk dicegah karena hampir 83 % potensi ini ada pada setiap wanita. Edukasi dan tindakan Preventive bisa menjadi langkah efektif salah satunya mengunnakan pembalut wanita yang berkualitas seperti LOVEMOON ANION (informasi hubungi Bohman, S.Si. (Biologist) 08128088005. Terima kasih

Kini telah tersedia alat deteksi dini
peradangan organ genital + terapi anion.
Hubungi kami 08562869123

JANGAN PERNAH TAKUT DAN PUTUS ASA………
Pengobatan Herbal lebih simpel dan memiliki daya sembuh yang kuat tanpa efek samping meskipun berjalan pelan tepat pada sasarannya. Dan bagi anda/orang tua/saudara/tetangga/sahabat/teman yang sampai saat ini masih mengeluhkan musibah berupa penyakit ringan atau pun berat dan belum mendapatkan solusi/jalan keluar dalam pengobatan, tidak ada salahnya untuk merujuk ke pengobatan herbal sebagai salah satu ikhtiar anda. Dan yang pasti Jangan pernah putus asa, karena setiap penyakit pasti ada obatnya (kecuali maut/kematian). Bila anda memerlukan informasi lebih lanjut bisa menghubunngi di no 021-99826827 (purwo). Terima kasih semoga anda mendapatkan solusi yang terbaik bagi orang yang anda sayangi

Permisi menumpang ya mo nambahin info…thanx ya

Tahukah anda????
Di seluruh dunia, lebih dari 600 wanita meninggal setiap hari karena kanker serviks. Dan di Indonesia, setiap harinya sekitar 20 WANITA MENINGGAL karena KANKER SERVIKS. Tahukah Anda, sekarang ada CARA EFEKTIF agar Anda & orang-orang yang Anda cintai tercegah dari kanker yang membahayakan tersebut? Mari bersama kita sehatkan wanita Indonesia.

Info lebih lanjut silahkan menghubungi Farida di hanamikirei@gmail.com atau di 085716518491

Jadi bagimana sebenarnya pencegahan dini yang paling efektif untuk para wanita??

Hello I am so glad I found your webpage, I really found you
by accident, while I was looking on Bing for
something else, Anyhow I am here now and would just like to say thanks a lot
for a tremendous post and a all round enjoyable blog (I also love
the theme/design), I don’t have time to go through it all at the minute but I have book-marked
it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to
read more, Please do keep up the fantastic jo.

I’ve been surfing online more than 2 hours today, yet I never found any interesting article like
yours. It’s pretty worth enough for me. In my view, if all website owners and
bloggers made good content as you did, the net will be much more useful
than ever before.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: