Profesi Editor Web-online

Posted on 5 Juni 2007. Filed under: Unek-Unek |

Kini semakin banyak orang bertanya, editor web-online sebagai suatu profesi apakah sudah mendapat pengakuan dalam jenjang karier kepangkatan yang berlaku di negara Republik Indonesia?

Terus-terang sampai saat ini saya belum menemukan jawaban memuaskan. Untuk profesi editor saja sungguh memprihatinkan sebagai profesi yang setara pengakuannya dengan profesi keahlian yang lain, seperti dokter, akuntan, penerjemah, reporter.

Seorang reporter misalnya saat ini sudah jelas memiliki pemeringkatan standar kepangkatan setara dengan jabatan tertentu. Namun, editor belum ada penjenjangannya. Badan Akreditasi Kepegawaian Nasional yang mengurusi jenjang kepangkatan juga belum memiliki kesetaraan profesi editor dengan kepangkatan. Di kalangan penerbit penjenjangan profesi editor juga jauh dari ketaatasasan profesi. Jarang ada editor penerbit memiliki tiga penjenjangan, seperti editor pemula, editor madya, dan editor utama. Sebelum menjadi editor, seseorang wajib menjadi korektor terlebih dahulu, lalu naik kelas kalau lulus dari segi kebahasaan menjadi asisten editor. Setelah itu, barulah ia berhak menyandang profesi editor. Oleh karena itu, pihak yang terkait dengan struktur jabatan editor sering mengalami kesulitan menempatkan pemberian imbalan yang pantas dan memadai.

Pada kebanyakan penerbit di negara Republik Indonesia ini, semua penjenjangan dijadikan satu saja. Kalau seseorang menjadi karyawan baru di sebuah penerbit pada bagian redaksi secara otomatis sebutannya editor. Alamak! Ya, begitu itulah kenyataannya.

Atas dasar itulah, di Gramedia misalnya pernah ada rapat khusus membahas jenjang karier di penerbitan buku. Lantas, bagaimana profesi editor web-online? Tampaknya soal inipun wajib menjadi bahan bahasan penjenjangan karier profesional yang serius, kalau masyarakat bangsa dan negara Republik Indonesia mau berkembang menuju era teknologi informasi dan komunikasi yang diperhitungkan oleh negara tetangga!

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: