Waspada Gempa-Tsunami, Tubrukan Lempeng Bumi

Posted on 28 Mei 2007. Filed under: Blogstop |

From: “Linda Groebli” linda.g@data-gate.ch To: smaragd84@hotmail.com Subject: Fw: News. Date: Thu, 24 May 2007 19:40:34 +0200

Menurut CNN, disiarkan 3 hari yg lalu bahwa lempeng bumi di Australia sedang bergerak ke utara menuju Asia. Diperkirakan bisa bertubrukan dengan lempeng bumi di selatan pulau Jawa. Diperkirakan 11 hari setelah gempa Jogja, atau rabu besok 7 Juni 2007 akan ada gempa dahsyat dan memungkinkan terjadinya tsunami. Mohon doanya & please..  forward ke temen2 laen.. jangan sampai putus ditangan kamu..

**Thanks & Regards**

Kurniati (Titi) Wirakotan, Business Administration Division Mahidol University International College 999 Buddhamonthon 4 Rd., Salaya Nakhonpathom 73170, Thailand. Tel: 02-4410594-6 Ext. 1119. Email: ickurniati@mahidol.ac.th ————————————————-

     Info gempa-Tsunami sungguh mengerikan! Saya menerima info via imel kiriman guru saya, S. Mara Gd smaragd84@hotmail.com; novelis terkenal dengan serbakisah pembunuhan, Jumat 25/5. Lantas, saya segera respons sebagai info penting bernilai berita tinggi lantaran negara Republik Indonesia terkenal sebagai wilayah rawan gempa-Tsunami. Lalu saya teruskan mengirim imel ke kerabat lain yang berkepentingan.

     Respons kiriman imel saya dengan cepat pula menyebar secara meluas. Segera seusai membaca imel yang saya kirimkan, umpan balik seorang rekan muncul. Komentarnya, benarkah akan terjadi gempa dan tsunami? Reaksi ini dengan santai saya katakan, negara Republik Indonesia — dalam suatu hari ceramah dari badan koordinasi survei dan pemetaan nasional, 2006 di Hotel Atlet Century Senayan Jakarta — Profesor Dorodjatun Koentjorodjakti mantan menteri kabinet pembangunan menggarisbawahi ternyata banyak orang kaya di Indonesia membangun vila mewah sebagai tempat peristirahatan di pesisir pantai. Padahal, negara kepulauan Nusantara ini rawan gempa dan tsunami. 

     Jawaban saya dalam dialog itu cuma ingin mempertegas lagi (dan bagi teman saya ada benarnya); ia menambahkan dengan info lain, yang memperkuat sikap waspada, jika bencana sungguh-sungguh terjadi. Namun, selang beberapa waktu, ada kiriman imel lagi yang menambahkan info. Begini bunyinya.

Dear All,

Minggu pagi (27 May 2007) kemarin, pas pagi-pagi, lagi nongkrong bersama teman-teman plus secangkir kopi hangat, tanpa sengaja saya melihat fenomena awan di arah Timur Laut – Timur. Saya jadi ingat tiang awan sebelum gempa Kobe, Jepang. Tanpa pikir panjang lagi, saya ambil kamera, dan terlampir sebagian foto yang didapat. Fenomena ini berlangsung tidak terlalu lama, kira-kira 15 menit saja.

Tiang Awan 1

Satu hal yang perlu kita camkan, belum tentu ini pertanda akan gempa besar. At least, kita harus waspada dan berdoa. Only GOD knows….

May GOD bless you

Best regards,
 
Rudi K rudi.kismo@ibsrisk.com

30 years as Indonesia’s Leading Risk Services Provider
For more information, please visit
: www.ibsrisk.com

Tiang Awan 2    

     Imel tambahan itu toh tetap memperkuat dugaan akan terjadi bencana lagi. Jadi, saya pun berpesan kepada siapa pun bahwa kita waspada saja. Meski pada imel pertama ada kesalahan hari yang dituliskan, kejadiannya 7 Juni sebagai hari Rabu, padahal kalendar 2007 menyatakan yang benar adalah Kamis.      Nah, apakah info itu berarti dekat dengan kesan sebagai imel hoax, desas-desus, isu, rumor, isapan jempol, berita bohong, kabar burung, SPAM, sampah, berita yang tak jelas sumbernya, seperti yang pernah bertebaran via imel pada tahun 2006?***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

11 Tanggapan to “Waspada Gempa-Tsunami, Tubrukan Lempeng Bumi”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

dijelaskan di sana

HOAX…. nih…

Bosok………….Booooooooooook…
yen Gawe Berita Kui Yooo;……. sing
WARAS wae
medeni Wong urip
gitu

Sip dhe Ndes…z

kalau awan kayak gituan sering ada di yogya. tp ngak ada gempa tu… dulu setelah gempa 27 mei emang pada percaya kalo ada awan gituan akan ada gempa. Tp setelah terbukti emang bukan tanda gempa ya pada cuek aja..

iya benar hoax …. CNN kalau dapat surat dari BMG pasti udah kesel nih karena dapat surat untuk kedua kali dari institusi yang sama dengan isi surat sama pula =))

Bisa dilihat juga di
http://hoax.wordpress.com/2006/06/06/gempa-tsunami-7-juni-hanya-kabar-bohong/

iya benar hoax …. CNN kalau dapat surat dari BMG pasti udah kesel nih karena dapat surat untuk kedua kali dari institusi yang sama dengan isi surat sama pula =))

Bisa dilihat juga di
http://hoax.wordpress.com/2006/06/06/gempa-tsunami-7-juni-hanya-kabar-bohong/

Sama persis kan isi suratnya tahun kemarin :p

Dimulai dengan adanya gerhana bulan total awal maret 2007 sampai gerhana bulan total berikutnya akhir agustus 2007 akan ada transisi dialam negeri Indonesia yang selanjutnya diikuti transisi manusia diatasnya atau istilahnya akan ada revolusi alam yang kemudian diikuti revolusi sosial.
Saya yakin temen-temen BMG juga tahu dan mungkin juga heran bahwa dalam satu tahun atau beberapa bulan terakhir ini banyak sekali terjadi anomali-anomali cuaca atau alam secara umum seperti angin, cuaca, suhu muka air laut dan lain-lainnya. Sehingga sekarang beredar isu akan terjadi gempa besar pada tanggal 7 juni 2007 besok. Saya pikir kita tidak usah terlalu khawatir dengan isu itu. Justru yang kita khawatirkan adalah saat bulan mati dan bulan purnama bebarapa bulan kedepan karena kemungkinan akan terjadinya gempa, air laut pasang dan bencana2 alam lainnya akan meningkat. Melihat anomlai cuaca akhir2 ini yang diluar perkiraan ahli2 BMG kita juga perlu mewaspai anomali2 lain terutama dibidang kebumian, bukan tidak mungkin siklus gempa besar yang tadinya rentangnya ratusan tahun tiba2 hanya menjadi tahunan saja. Patut dicatat bahwa selat sunda adalah siku2 dari patahan sumatera dan patahan jawa. Siku2 tersebut tadinya dipaku oleh gunung yang sangat kuat yaitu gunung krakatau ( dalam Al Qur’an disebutkan bahwa gunung adalah paku bagi bumi supaya lempengan2 bumi tidak bergerak dengan cepat/mencegah terjadinya gempa2 besar, begitulah intinya kira2) dan kita tahu sendiri gunung krakatau telah meledak dengan dahsyat yang menghancrukan dirinya sendiri tahun 1883 lebih dari 120 tahun yang lalu. Artinya adalah paku yang menancap disiku2 patahan sunda telah hancur sehingga patahan tersebut menjadi labil, sementara kita tahu bahwa seismic gap diwilayah tersebut cukup tinggi dengan jarangnya gempa yang terjadi dwilayah tersebut dibandingkan wilayah2 lain (sudah ratusan tahun diselat sunda tidak pernah terjadi gempa besar). Saya juga kemarin membaca artikel dikompas bahwa patahan sunda adalah ancaman eksistensi pulau jawa dan sumatera, dan wilayah yang sekarang memakai nama sunda cuma ada satu yaitu selat sunda. Diselatan selat sunda tepatnya dekat ujungkulon setahu saya juga terdapat palung yang cukup dalam rata2 sekitar 2000 meter sehingga membentuk dinding laut yang sangat terjal dan curam sehingga apabila terjadi gempa besar dengan pusat dekat selat sunda yang mengakibatkan runtuhnya dinding laut tersebut makan akibat yang akan ditimbulkannya terutama besarnya tsunami sukar dibayangkan, mungkin lebih dahsyat dari tsunami letusan krakatu, katanya tsunami waktu itu airnya sampai jalan gadjah mada Jakarta bahkan ada yang bilang sampai wilayah monas. Intinya satu kita harus tetap waspada. Kalaupun ini terjadi semoga membawa kebaikan bagi anak cucu kita. Patut diingat bahwa jepang dan amerika adalah salah satu negara langganan bencana alam. Jepang langganan gempa bumi sementara amerika langganan tornado,topan,badai dsb dan karena mereka bisa mengambil hikmah dari bencana yang meraka terima, kini mereka menjadi negara-negara maju dan besar didunia. Semoga Indonesia bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari bencana2 yang telah terjadi dan yang akan terjadi supaya Indonesia bisa menjadi negara besar dan maju di muka planet bumi ini. Amiin.
Sedikit catatan, saya beberapa hari lalu bermimpi terjadi gempa yang sangat kuat dijakarta. Saya lagi kerja didepan komputer tiba2 gempa kuat datang yang mengakibatkan komputer2 dikantor pada jatuh berantakan dilantai. mengerikan sekali

mmm..ya udah doain aja nggak terjadi apa2……
amin

tapi ape sekarang kok belum gw pwrcaya kok

BUIHYUHHHHHHHH

secara logis segala kejadian yang terjadi di bumi [planet] tidak ada hubungannya dg awan atau angkas luar dan sebagainya yang tidak bersentuhan dg kulit bumi. jadi gambar tsb mungkin yang disebut ekor awan yg disebabkan oleh perubahan suhu di dua tempat berbeda. demikian makaciiih


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: