Melalui Penelitian, Kita Tambah Maju

Posted on 21 Mei 2007. Filed under: Karangan Khas |

     Rasa ingin tahu orang per orang berlangsung sepanjang hayat. Ia kerap bersifat ingin tahu apa saja sebagai sesuatu yang bermakna bagi kehidupan (curiousity). Rasa ingin tahu muncul sejak kelahiran seseorang, masa kanak-kanak, hingga usia dewasa.

     Rasa ingin tahu baru terpuaskan manakala perolehan pengetahuan mengenai hal yang ia pertanyakan, atau yang ingin ia ketahui berhasil mendapatkan jawaban yang benar. Pengetahuan yang ia inginkan berkaitan dengan pengetahuan yang benar. Pengetahuan yang benar dapat ia capai, entah melalui cara-cara non-ilmiah entah via cara ilmiah.

     Jujun R. Suriasumantri (2001), cendekiawan yang saya kagumi sejak saya baca buku “Filsafat Ilmu” terbitan Pustaka Sinar Harapan mengemukakan, ilmu merupakan pengetahuan yang didapat manusia melalui proses tertentu yang dinamakan metode keilmuan. Metode ini membedakan ilmu dengan buah pemikiran yang lain.

     Atas dasar itu, pengetahuan yang ia peroleh bertambah mantap kalau pengetahuan ini mengandung kebenaran. Cara memperoleh pengetahuan yang benar antara lain melalui pendekatan non-ilmiah dan pendekatan ilmiah atau metode keilmuan. Kegiatan metode ilmiah disebut penelitian ilmiah.

     Penelitian ilmiah sebagai rangkaian kegiatan berlangsung dengan cara-cara tertentu, lagi pula terencana. Tahapannya sistematis. Maksudnya untuk mengkaji, mempelajari, atau menyelidiki suatu permasalahan. Penelitian ilmiah bukan hanya bertujuan memperoleh pengetahuan teoretis yang dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan, melainkan juga pengetahuan yang bertujuan untuk pemecahan permasalahan yang ia hadapi. Pengetahuan teoretis hasil penelitian memiliki kebenaran ilmiah karena ada dukungan justifikasi teoretis yang logis dan empiris yang sahih. Oleh karena itu, penelitian bermakna sebagai cara mencari atau menemukan kebenaran melalui metode ilmiah.

     Rangkaian kegiatan teoretis dan empiris pada penelitian ilmiah meliputi perumusan masalah, pelaksanaan studi literatur (studi mengenai teori dan atau hasil penelitian di masa lampau yang relevan dengan permasalahan yang dikaji.), perumusan praduga atau hipotesis (jika ada), penyusunan instrumen penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, penganalisisan data; dan pengambilan simpulan.

     Kenapa peneliti melakukan penelitian, antara lain karena serbaneka alasan, misalnya penelitian untuk pemecahan masalah yang ia hadapi atau mengganggu kehidupan sehingga masalah dapat terselesaikan tanpa berlarut-larut; penelitian lanjutan untuk meluruskan duduk perkara atau penelitian perbantahan sebagai hasil penelitian yang ia anggap keliru — dengan demikian ilmu berkembang secara benar sehingga muncul hal-hal baru; dan melalui penelitian terjadi peningkatan aplikasi hasil penelitian sehingga kita tambah maju.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “Melalui Penelitian, Kita Tambah Maju”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

Sayangnya, peneliti di negeri ini kurang dihargai secara finansial. Di luar negeri, peneliti diberikan dana yang sangat memadai untuk melakukan penelitian, pun untuk bertahan hidup

di sini ada pembaca yang beragama “islam” minoritas, pls … ?


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: