Model Tulisan Anak yang Mumpuni

Posted on 18 Mei 2007. Filed under: Karangan Khas |

Anak dengan Model Teks Iklan   Fase psikologi perkembangan belajar bagi murid kelas satu sampai dengan kelas tiga sekolah dasar, mulai belajar dengan hal yang konkret. Meski demikian, tetap terbuka kemungkinan faktor di luar unsur psikologi perkembangan anak. Unsur ini berkaitan dengan kenyataan bahwa latar belakang keluarga anak sangat memengaruhi gaya hidup.
   Ada anak yang mudah berinteraksi dengan konkret terhadap lingkungan di sekitarnya — meski ia belum memasuki bangku sekolah dasar. Ada pula anak yang sangat lambat berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, ada pendapat yang menyatakan, belajar bukan sekadar menghafal data dan fakta atau pemahaman konsep, melainkan juga belajar menjadi kegiatan yang menghubungkan data dan fakta atau pemahaman konsep untuk menghasilkan pemahaman yang lebih utuh dan menyeluruh.

   Lantas, saya jadi teringat perkataan filosof Aristoteles yang menegaskan bahwa keutuhan lebih penting daripada bagian-bagiannya. Oleh karena itu, model tulisan atau tema pokok untuk anak (murid sekolah dasar) antara lain a. menyajikan serbaneka kegiatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak; b. menyajikan serbaneka pengalaman keseharian anak yang konkret; c. menyajikan serbaneka pengalaman anak yang menyenangkan, variatif, kreatif, dan eksploratif.

   Ketiga rangkaian kegiatan itu kelak mampu mengembangkan pribadi anak yang mudah berinisiatif dan bertanggung jawab selama ia belajar menapaki perjalanan hidup. Dalam ilmu pembelajaran, hal ini yang disebut pembelajaran kontekstual dan konstruktif. Dengan demikian, kalau saya menjadi guru, misalnya saya lebih berperan aktif sebagai fasilitator dan motivator.

   Alamak, guru manapun juga tahu soal itu, … hehehehehe, ya tak apalah. Meski demikian, toh saya hanya ingin menggarisbawahi bahwa guru yang baik memiliki kecakapan dan kasih sayang untuk menjadikan anak tumbuh-kembang berbunga cantik dan berbuah ranum sesuai dengan potensi sebagaimana adanya. Nah, sikap semacam ini merupakan landasan sebagai model tulisan untuk anak yang mumpuni.*** 

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: