Daya Tarik Isi Gaya Selingkung

Posted on 10 Mei 2007. Filed under: Karangan Khas |

Pedoman penulisan buku atau buku gaya penerbit dalam proses penerbitan buku disebut gaya selingkung. Isi pernyataan dalam buku ini terdiri atas visi, misi, rancangan kerja, sumber daya manusia dan sumber daya modal, keterampilan profesional, motivasi dan insentif. Tujuan penulisan buku gaya selingkung ini agar proses penerbitan buku mengalami pengembangan perubahan dan keberhasilan terus-menerus.

Gaya selingkung sifatnya khas. Hanya berlaku di penerbitan tertentu, misalnya Buku Gaya Soal-Soal Arif, Buku Gaya Soal-Soal Pintar dari Penerbit Grasindo. Ada juga yang berjudul Buku Pintar Penerbitan Buku, Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Isi pernyataannya bermanfaat untuk memandu dan mengingatkan tim penerbit atau tim penulis.

Harian Kompas juga pernah menerbitkan Buku Pintar Wartawan Kompas. Majalah Tempo pernah menerbitkan Misalkan Anda Wartawan Tempo. Buku ini semacam buku putih atau pedoman kerja wartawan Tempo. Saya membaca buku ini ketika masih disadur oleh Slamet Djabarudi. Saduran buku ini dari Daniel R. Williamson berjuluk How to Writing for Newspaper, kemudian dijadikan buku pedoman bagi wartawan Tempo. Alamak, ternyata buku pedoman ini mendapat sambutan pembaca luarbiasa. Akibatnya, pembaca dari pelbagai lapisan dan golongan masyarakat kini dapat memiliki buku itu lantaran dicetak dan dijual di toko buku.

Daya tarik isi pernyataan dalam gaya selingkung pada penerbitan buku, selain berisi konsep produk, ada juga soal teknis pelaksanaan penerbitan, seperti spesifikasi produk, pedoman kerja tim penulis, dan pedoman penulisan sesuai dengan disiplin ilmu. Materinya dapat diperbaiki terus-menerus. Jika ada info baru dapat ditambahkan ke dalam buku. Sifat buku juga luwes jadi mirip kamus karena memang dibuat sebagai bahan koreksi terus-menerus. Yang terpenting, buku gaya selingkung bukan bemaksud membuat pembatasan ketat bagi tim penulis atau tim penerbit, melainkan buku yang dapat diperbaiki terus-menerus karena ada masukan dari pembaca.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Daya Tarik Isi Gaya Selingkung”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

[…] media Tempo (tampaknya) menerapkan gaya selingkung sendiri untuk kasus ini. Kata dasar ekasuku berawalan konsonan rangkap tidak mendapat swarabakti […]


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: