Non-aktif Komputer Aktif

Posted on 10 April 2007. Filed under: Karangan Khas |

komputeraktif1.jpgTinjauan berdasarkan isi pernyataan majalah Komputer Aktif setiap terbit memenuhi sebanyak-banyaknya kepentingan pembaca setia. Setiap terbit selalu ada topik baru, informasi terkini, pemecahan masalah yang ruwet bagi pemakai komputer.

Atas dasar itu, sejak lima tahun lalu saya melanggani Komputer Aktif, sejak memiliki subjudul atau masthead dengan tagline atau jargon “Memudahkan Menyenangkan” hingga berganti menjadi “Panduan Terpraktis Teknologi Digital”. Satu nomor pun tak pernah terlewatkan. Saya selalu mencari sampai dapat waktu satu nomor majalah ada yang kelewatan saya baca. Rasa perasaan ini ada yang kurang lengkap dan selalu saya pertanyakan, informasi penting apa yang disampaikan pada edisi yang terlewati.

Keuntungan bagi pelanggan, selain mendapatkan informasi terbaru, juga ada kaus, topi, tempat cakram, stiker, mouse pad, gantungan kunci. Semua berlabel Komputer Aktif. Saya peroleh gimmick itu baik saat memperpanjang masa berlangganan maupun ketika mendapatkan bonus sisipan majalah.

Isi pernyataan majalah Komputer Aktif selain selalu baru, aktualitasnya tinggi, dan mengupas tuntas soal dunia komputer menjadi begitu sederhana. Pembaca tak perlu mengernyitkan dahi untuk memahami, siapa pun, tua-muda, besar-kecil, dengan batas minimum orang berpendidikan yang mengerti dasar-dasar komputer, gampanglah ia memahami isi pernyataan pada majalah itu. Oleh karena itu, majalah Komputer Aktif juga dikenal sebagai majalah keluarga.

Meski majalah ini berlisensi, kandungan lokal tiap terbit isi pernyataannya selalu cocok dengan pembaca bagi masyarakat bangsa dan negara Republik Indonesia. Selalu ada jargon, kutipan berupa definisi atau penjelasan pada kata dan istilah asing yang sulit dipahami.

Maret yang lalu (2007) sudah habis batas waktu perpanjangan berlangganan majalah. Saya bersiap-siap memperpanjang lagi enam bulan terbitan. Namun, betapa saya terkejut saat mendengar isi pernyataan dari petugas bahwa Komputer Aktif tidak diterbitkan lagi mulai April.

Padahal, bulan Maret ini saya kehilangan PC Magazine, majalah keluaran kelompok femina, dan dua majalah keluaran kelompok Gramedia majalah, yakni Computer Easy dan Komputer Aktif. Wharakadah astaga naga puri gonggo kelelawar, bak petir menyambar di siang bolong, saya tidak siap menerima isi pernyataan itu. Benarkah?

Majalah dwimingguan Komputer Aktif berhenti terbit mulai Mei 2007. Edisi terakhir pada nomor 156 terbit 18 April (dan ternyata penghentian terbit segera menyusul majalah Snap, majalah fotografi).

Menurut Antyo Rentjoko, yang akrab saya sapa Tyo, Pemimpin Redaksi, penghentian terbit berkaitan dengan konsekuensi berakhirnya kontrak Gramedia Majalah dan VNU Business Publication, London, Inggris. “Berkaitan dengan berakhirnya penerbitan Komputer Aktif, maka milis komputer aktif dan situs komputer aktif dihentikan mulai 30 April,” kata Tyo, Selasa 10/4 <http://www.detiknews.com&gt; Jadi, benarlah non-aktif terjadi pada majalah Komputer Aktif.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “Non-aktif Komputer Aktif”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

serius nih ngak terbit lagi?
sayang ya? majalah IT yg ringan dah nggak ada lagi dunk….
setelah snap! giliran komputer aktif! ??? hiks

entar lagi mungkin chip (eh nggak dink canda…)

wah saya baru denger ada majalah komputer ini..


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: