Office 2007 Memudahkan Penulis pada WordPress

Posted on 18 Maret 2007. Filed under: Sastra Teknologi Informasi&Komunikasi |

[Office 2007 Memudahkan Penulis pada WordPress]

Menikmati Office 2007 dengan fitur blog wordpress dot com sungguh jadi mengasyikkan. Saat ini saya gampang menuliskan langsung terkoneksi pada situs web WordPress. Saya mudah mengakses tanpa berputar-putar membuka web terlebih dahulu. Semula, fitur Office 2003 belum mumpuni untuk akses langsung ke blog. Oleh karena itu, saya mengandaikan kemudahan fitur itu begini.

Saat saya bepergian menuju ke Jogjakarta, misalnya saya wajib berhenti di stasiun-stasiun tertentu hingga perjalanan berjarak tempuh tambah panjang kilometernya. Kecepatan dan kemudahan jauh dari harapan. Mau naik pesawat pun ada “upacara” pergi ke bandar udara, lalu masih cari kendaraan transit ke tempat tujuan. Setali tiga angpao dengan angkutan darat dan udara, sama panjangnya. Namun, kini saya memiliki seperangkat opis atau Office — mengutip notepad nomor 150 bung Antyo Rentjoko dari Komputer Aktif berjuluk Bedah Office 2007 dengan sebutan opis — kini kemudahan akses dipersingkat. Kalau mau ke Jogjakarta, misalnya langsung saja saya menuju ke Jogjakarta, enggak usah mampir di stasiun atau bandar udara Adisucipto yang membuat lama perjalanan.

Begitu itulah kemudahan yang kian menjadi tantangan dalam dunia bisnis. Kemudahan, kecepatan, dan keandalan akses berkolaborasi memuaskan hasrat pengguna, audiens, pemakai, pelanggan, pembaca, pemirsa, penonton, pendengar, komunikan, atau apa pun Anda mau menyebut bagi setiap orang yang menjadi target bidikan produsen. Kolaborasi ini berorientasi pada kewajiban untuk mempersingkat dan mempermudah kepentingan dan kebutuhan konsumen.

Saat ini pada serbaneka bisnis masyarakat bangsa dan negara Republik Indonesia tengah bebenah. Julukannya “Ruwat Nasional”. Tema pembenahan berkaitan dengan “Perubahan demi Perbaikan”. Tema ini dahsyat dan luarbiasa pengaruhnya. Yang bangkit memimpin setiap usaha dikategorikan sebagai orang muda. Ukuran muda berkaitan dengan batas usia 45 tahun ke bawah, di atas 45 tahun, silakan bercermin agar Anda wajib “menyingkir” alias jadi “konsultan”, “staf”, “penasihat”, “staf penelitian dan pengembangan”, atau pemerhati.

Boleh percaya boleh juga enggak percaya. Kenyataan pada serbaneka bisnis kini tengah memasuki fase gonjang-ganjing atau ontran-ontran dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Orang muda yang mendapat kepercayaan ternyata belum cukup berpengalaman. Masih dianggap hijau atau ungkapan lama mengatakan “anak kemarin sore”. Orang tua yang berpengalaman ternyata jadi lamban langkahnya. Padahal, sudah makan asam garam kehidupan bisnis, malang melintang dan jatuh bangun menuju sukses.

Dilematis bagi pengambil keputusan bisa jadi boomerang penghancur perusahaan, apalagi keputusan yang diputuskan dengan tergesa-gesa, tanpa ekstrahati-hati malah menghancurkan usaha itu sendiri. Pada situasi seperti buah simalakama ini muncul pemimpin yang berkarakter, berkepribadian teguh, berpandangan luas, berpendirian kokoh, dan beretika teruji. Ujian bagi pemimpin yang terberat muncul saat memutuskan penggantian pejabat lama ke pejabat baru, orang tua diganti dengan orang muda. Tema perubahan demi perbaikan jadi relevan.

Kalau kurang ekstrahati-hati, niscaya keputusan semakin membuat karut-marut perusahaan. Menambah terpuruk bisnis yang diemban. Contoh-contoh perusahaan yang rontok karena salah urus dari hari-hari ke hari semakin menampakkan sosoknya. Padahal, kemajuan bisnis dari suatu usaha sederhana saja. Ada enam ruang linkgup yang wajib dicermati oleh pimpinan. 

Saya sampaikan keenam lingkup wajib dicermati oleh pimpinan sebagai berikut.

1. visi

2. misi

3. sumber daya manusia dan modal

4. motivasi dan insentif

5. rancangan kerja

6. keterampilan professional

Meski cuma enam unsur pada kenyataannya jadi pelik dan ruwet lantaran sikap tinggi hati. Sikap yang kebanyakan muncul bagi pemimpin yang masuk kategori, pemimpin nirbakat, nirwatak, niretika. Akibatnya,  banyak pemimpin gagal mengemban amanat anak buah (amanat pemegang saham/pemilik modalnya) dan amanat pelanggan setianya. Akhirnya, lagu lama kembali terdengar, pengembangan dan pertumbuhan perusahaan tanpa arah lantaran tanpa visi, pengembangan perusahaan tersendat-sendat karena tanpa misi, pengembangan perusahaan tidak efektif dan terjadi pemborosan lantaran tanpa rancangan kerja, atau sebagian besar karyawan yang bekerja menjadi frustasi karena sumber daya modal dan manusianya memble (niraktif-nirproduktif). Ada lagi penghambat pengembangan perusahaan yang semakin melambat dan tidak kompetitif lantaran keterampilan profesional kurang mumpuni. Selain itu, perusahaan yang berkembang dengan penuh keragu-raguan juga sering disebabkan menurunnya motivasi dan insentif yang memadai.

Nah, kembali ke opis terbaru, kalau bisnis itu memberi jawaban atas enam unsur dengan memuaskan, boleh jadi perusahaan Microsoft memenuhi kepentingan dan kebutuhan semakin banyak orang. Hipotesisnya semakin banyak orang yang memberi perhatian pada inovasi bisnis di perusahaan Microsoft, semakin memenuhi asas manfaat bagi pengguna jasa yang ditawarkan oleh Microsoft. Atas dasar itu, saya sambut baik rencana Microsoft Indonesia yang bersiap-siap meluncurkan opis terbaru ke hadapan sidang pengguna. Selamat datang opis 2007 yang memudahkan penulis pada WordPress!

Tulisan ini terintegrasi dengan sistem blog sehingga saya mampu mengirim langsung ke WordPress dari Word. Sejumlah fitur baru Word mampu mempercepat kerja Anda mengolah kata dan istilah tertentu. Fitur ini kompatibel dengan layanan WordPress dan layanan blog milik Microsoft.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: