Teks Pengecoh Rasa Kantuk di Jalan

Posted on 24 Februari 2007. Filed under: Bahasaku-Bahasamu |

Apakah Anda pernah membaca teks di belakang truk dengan serbaneka aroma sayang-menyayang?

Pertanyaan ini mendapat reaksi ketika saya tanyakan kepada seorang bapak, begini:

“Saya anggap tulisan di belakang truk melecehkan wanita. Kata-katanya sering memojokkan wanita,” protes Susetyo, 40 tahun pemilik dua truk dari kawasan permukiman BSD-City Tangerang seraya menambahkan, “sebetulnya tulisan itu kreativitas si sopir atau pemilik biar enggak mengantuk yang ada di belakang truk sebagai cara menghindari bahaya.” Setyo, panggilan akrabnya memang konsisten dengan sikapnya. Buktinya kedua truk miliknya bersih tanpa coretan grafiti beraroma sayang-sayangan. Ia pun enggan menuliskan belakang truk dengan serbaneka tulisan yang bisa mengecoh konsentrasi pengemudi lain.

Meski demikian, tulisan di belakang truk agak lucu, kocak, jenaka, bukan hanya akronim sekwilda atau seputar wilayah dada dan bupati atau buka paha tinggi-tinggi milik wanita, melainkan juga itu soal nasib, hidup dan kehidupan nestapa, dan kearifan lokal atas situasi absurd. Selain itu, biasanya hanya pelengkap dari ilustrasi seronok atau gambar yang mendukung teks. Oleh karena itu, imel yang saya terima berjuluk “Sopir-Sopir Indonesia Memang Kreatif!” jadi mengasyikkan juga bila dicermati dengan saksama. Entah siapa yang menuliskan ke-60 teks, entah siapa pula narasumbernya tiada menjadi begitu penting lagi. Yang jelas teks ini mudah dilihat di belakang truk, apalagi truk antarkota atau antarprovinsi. Mungkin teks cinta-cintaan sudah menjadi milik umum dengan kata lain public domain.

Pada pengantar imel yang saya terima tertera isi pernyataan bahwa siapa bilang para sopir itu cuma bisa menyetir doang? Ada banyak kata-kata bijak yang bisa kita dapetin dari jalanan … [bijak di sini tolong ditafsirkan dengan sangat bijaksana ya!] Khususnya tertulis di belakang kendaraan umum, truk, de el el..

Akan tetapi, imel itu pun ada juga yang spontan menanggapi seperti tertulis berikut ini:

Ini nih, sebagian postingan kata-kata bijak yang didapet dari jalanan.. hehehe… konyol abis! Lumayan, buat refreshing di jalan.

1. TABAH MENANTI
2. Mabok bae
3. Kunanti Jandamu
4. NEW FEAR THE ME IS 3 –> Nyupir demi istri
5. AN 3 DIS = antigadis
6. !!! SEKARANG BAYAR, BESOK GRATIS !!!
7. WWW. A P KT NTE AJ.COM
8. Ber 2 1 7-an = berdua satu tujuan
9. CAN’T ARE ROCK –> Ken Arok
10. MER—123—LUCK –> Mertua Galak
11. THONK HE LOVE –> Thonk khilaf = jangan lupa (bahasa Sunda)
12. Anda butuh waktu, kami butuh uang.
13. Naik Gratis, Turun Bayar
14. Ma2ku 1/3-dis = mamaku seperti gadis
15. THE ME anak IS 3 = demi anak istri
16. Jagalah jandamu –> jagalah jarak Anda?
17. JANGAN DINIKAHI BILA SEGEL RUSAK
18. be are the kill us all come fuck –> Biar dekil asal kompak
19. SO FEAR SHE N THINK —> Sopir Sinting
20. BE YOUNG CARE ROCK —> Biang Kerok
21. Alone by Must —> Alon bae Mas
22. CINTAMU TAK SEMURNI BENSINKU
23. CINTAMU TAK SETULUS CINTA EMAK GUE
24. Ja 500 Let –> Jago Pelet
25. Moe K Sue Fear 1/3-rong –> Muka Supir seperti garong
26. SPONGE DONG = sopan dong
27. BURONAN MERTUA
28. on any book an plumb pleasant = onani bukan pelampiasan
29. BERSATU DIPANGKALAN BERSAING DIJALANAN
30. **Bercinta di Bis Berpisah di Terminal**
31. STREET FIGHTER
32. PUTUS CINTA… sudah biasa…
PUTUS ROKOK… merana…
PUTUS REM… matilah kita…
33. Cintaku Berat di Bensin
34. MAN 7 jur —> mantu jujur
35. JUM’AT KELABU —> Trayek Pasar Jumat-Pondok Labu
36. Mencari nafkah demi desah
37. JANDA BARU NENEN —> Trayek Juanda–Pasar Baru-Senen
38. JANDA 1/3 DIS
39. Do Now .. Casino … In Draw … Warkop DKI
40. bukan salah ibu mengandung …, salah bapak enggak pake sarung
41. LONG STREET OF MEMORY
42. Ora Sama Bin Lain
43. besar dirantau, tua dijalan
44. tak sehina yang kau duga
45. Q-cay was here, trus di bawahnya ditulis
kasian deh lo wasir.. ke dokter aja
46. UCOK= Uang Cukup Ongkos Kurang
47. Lupa namanya, ingat rasanya
48. Enak, tapi dosa
49. Istri goyang suami basah
50. pergi karena tugas … pulang karena beras …
51. rezekiku dari silitmu –> tulisan di truk sedot tinja
52. MATSIBISHA = masih bisa
53. cinta ditolak dukun terbahak
54. Fuck Here Miss Kind!!! –> Fakir Miskin
55. goyang pantura
56. Pulang malu, tak pulang rindu
57. Ompol Dewo

58. Doa seorang pendosa
59.
Tatapan dewi, bodi pendi

60. Wanita Racun Dunia

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Teks Pengecoh Rasa Kantuk di Jalan”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

60. Pulang bawa duit jangan bawa penyakit!😀


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: