Diskusi Kelompok Fokus sebagai Komunikasi Pemasaran Mumpuni

Posted on 22 Februari 2007. Filed under: Karangan Khas |

Media cetak spesialis kian menjamur di mana-mana. Tren penerbitan spesialis ini mau tak mau lumrah untuk bisnis yang mumpuni pada saat ini. Spesialis menjadi tuntutan bagi masyarakat bangsa dan negara RI. Semakin spesialis suatu media maka semakin besar tuntutan masyarakat akan kemampuan pengelola media untuk berbagi pengetahuan.

Atas dasar itu, masyarakat kian merespons positif terhadap isi pernyataan yang disampaikan oleh media cetak. Bidang-bidang spesialis penerbitan kian berkaitan dengan profesi. Bagi pengelola yang berprofesi pada disiplin ilmu tertentu, misalnya psikologi, ia bisa menjadi ahli seperti psikolog atau psikiater. Lalu programmer pada tenaga teknologi informasi. Pewarta pada bidang penyampaian isi pernyataan melalui media massa, dan bisa juga dokter sebagai ahli jantung untuk spesialis jantung.

Menjelang akhir 2006 saya kebagian acara memoderatori kegiatan diskusi kelompok fokus. Tahun itu merupakan kegiatan diskusi yang kedua sejak 2005. Fransisca Wungu Prasasti selaku redaktur pelaksana tabloid Rumah menyebut kegiatan ini sebagai focus group discussion atau FGD. Namun, saya indonesiakan saja kegiatan ini menjadi diskusi kelompok fokus. Biasanya acara ini berlangsung mulai pukul 10.00 hingga makan siang, tepatnya sampai pukul 14.00 WIB.

Urutan acara yang pernah berlangsung di tabloid Rumah, misalnya mulai dari pendaftaran, penjelasan singkat FGD, perkenalan peserta (ice breaking), presentasi product knowledge tablod Rumah, diskusi sesi pertama, makan siang, lalu diskusi sesi kedua, dan penutupan disertai pembagian cenderamata atau suvenir. Setali tiga angpao dengan tabloid Rumah, majalah Info Komputer melalui Anastasia Warih, Redaktur Pelaksana juga menyelenggarakan kegiatan diskusi kelompok fokus dengan semarak lagi menarik perhatian para peserta. Fokus peserta terletak pada kedua diskusi dari media cetak ini dengan orientasi pada pelanggan atau pembaca setia. Diskusi ala majalah Info Komputer kini berkembang menjadi acara tetap yang berlangsung setiap bulan, sesuai dengan tema-tema sentral yang aktual yang menjadi fokus pembaca.

Harian Kompas secara khusus menyelenggarakan acara ini dengan label “Temu Pelanggan Selular”. Sungguh menarik dan menyita waktu dan tenaga sebagian besar pembaca setia, lantaran acara ini berlangsung setahun sekali dengan serbaneka suvenir dan materi aktual. Susunan acara berfokus pada gadget, vendor, dan operator telepon selular. Hingga kini tiap tahun menjadi agenda tetap komunikasi pemasaran (marketing communication) dengan elegan. Itu artinya, diskusi kelompok fokus sebagai kegiatan komunikasi pemasaran yang mumpuni (ahli, cakap, lihai, mahir) dianggap efektif mencapai tujuan.

Kembali pada diskusi kelompok fokus, saya perlu sampaikan penjelasan singkat FGD dalam beberapa poin berikut ini. Yang harus dijelaskan pada poin ini bahwa:

a. FGD (focus group discussion) merupakan forum diskusi kecil antarpembaca dan pemerhati tabloid Rumah. Di forum ini para peserta diharapkan memberi masukan yang berguna bagi perkembangan tabloid Rumah. Tujuannya menghasilkan tren tabloid Rumah dengan melakukan perubahan ke depan agar isi pernyataannya lebih sesuai dengan kebutuhan pembaca.

b. Yang didiskusikan di forum ini antara lain isi pernyataan dan desain. Isi pernyataan mencakup tema artikel, cara penulisan, kelengkapan, manfaat, dan tren terkini, sedangkan desain membahas cakupan perwajahan (lay out), desain sampul (cover), kualitas cetak, kualitas foto, ilustrasi, dan kecenderungan warna dan gaya seputar rumah.

c. Diskusi ini dilakukan secara santai, boleh bercanda, agar suasana tidak tegang. Untuk itu, lebih santai lagi saat jeda makan siang, obrolan seputar tabloid Rumah tetap berlanjut dengan baik. Karena sebelum diskusi mulai, peserta dan moderator saling memperkenalkan diri, acara ini menjadi dinamis dan penuh dengan inspirasi penting.

d. Khusus bagi peserta bebas kritik. Saya sampaikan komitmen tetap menjaga pribadi peserta dan jangan sungkan mengeluarkan kritik. Pada FGD tidak ada bagian redaksi atau artistik tabloid Rumah.

e. Penanggung jawab redaksi, dalam hal ini Fransisca Wungu Prasasti memberikan presentasi singkat tentang perubahan tabloid Rumah selama setahun belakangan, mulai dari segi isi pernyataan dan desain. Setelah itu, ia pun wajib keluar ruang.

f. Susunan acaranya saya sampaikan kepada para peserta. Tujuannya agar saat diskusi para peserta “sadar” waktu yang tersedia sehingga diskusi bisa lebih efektif.

Berikut ini saya sampaikan panduan diskusi FGD.

1.Isi Pernyataan

a. Bagaimana tema-tema yang menjadi tulisan selama ini? Apakah bermanfaat menambah wawasan seputar rumah? Apakah tema  yang disajikan menarik untuk dibaca lebih lanjut?

b. Bagaimana tentang penyajian artikel? Apakah tulisan enak dibaca, mengalir lancar atau tersendat-sendat? Apakah gaya bahasanya mudah dimengerti?

c. Bagaimana tentang isi artikel? Apakah banyak informasi baru yang diperoleh bagi pembaca setia? Apakah isi artikel aktual dengan saat sekarang?

d. Tema-tema apa yang paling dibutuhkan pembaca?

2.Desain

a. Bagaimana tampilan sampul atau cover selama ini? Apakah cover sudah tampil mencolok (berbeda dengan penerbit sejenis) di lapak-lapak atau agen dan di toko buku? Apakah komposisi warna di cover tabloid sudah serasi?
b. Apakah tampilan cover menjadi pertimbangan saat pelanggan membeli? Misalnya karena obyek yang muncul pada cover semakin menarik? Atau karena judul utama yang menarik?

c. Bagaimana desain lay out tabloid? Bagaimana komposisi foto dan tulisan? Apakah huruf enak dibaca? Apakah warna-warna yang digunakan sudah sesuai?

3. Serbaneka dialog

a. Jenis kegiatan seperti apa yang ingin diikuti oleh pelanggan, seperti seminar, talkshow, workshop, atau jalan-jalan (seminar atau talkshow materi dibawakan oleh pembicara, dan peserta mendengarkan serta mengajukan pertanyaan, pada workshop materi dipraktekkan oleh peserta bersama-sama.

b. Tema kegiatan apa yang menarik? Bagaimana dengan kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan, misalnya workshop pembuatan kompos?

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

4 Tanggapan to “Diskusi Kelompok Fokus sebagai Komunikasi Pemasaran Mumpuni”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

Focused group discussion. Apa ya bahasa Indonesianya? Kelompok diskusi terfokus? Kelompok diskusi terarah?

Ada nggak pedoman umum FGD yang dalam bahasa indonesia

Terima kasih

kk tolong donk cariin apa sih manfaat dari kerja kelompok

Thank, It’s very helpfull for us


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: