Konsistensi Layanan Sony Ericsson

Posted on 30 Januari 2007. Filed under: Hiburan |

stan-sony-ericsson.jpg


Layanan vendor telepon seluler bermerk Sony Ericsson terhadap penjual, saya kategorikan berpola konsisten. Konsistensi ini mencapai hasil yang memuaskan, baik bagi peritel maupun pembeli. Dalam beberapa gerai saya amati tampak kemajuan dari pencapaian omset penjualan produk akibat konsistensi produk dan promosinya.

Terbukti pada beberapa gerai yang saya kunjungi pun merasakan kepuasan ketika mampu menjual melebihi target. Ternyata pihak Sony Ericsson memberikan bonus. Bahkan bonusnya bisa ke luar negeri sampai paket wisata ke negeri Tirai Bambu. Bukan hanya pemilik toko, frontliner-pun mendapatkan bonus seperti mendapatkan gratis makanan cepat siap atau fast food dengan cara menukarkan tiga kartu garansi, apalagi kalau pencapaian jualannya melebihi target, bonus lain berupa produk elektronik terus mengalir, misalnya kulkas mini.

Semakin mahal harga telepon Sony Ericsson yang dijual seperti tipe P990i dengan harga lima jutaan rupiah, semakin besar pula bonus poinnya. Namun, menurut Oky Gunawan, Head of Trade Marketing Sony Ericsson (SWA 02, 18-31/1), hadiah yang ditawarkan hanya untuk memicu semangat peritel menjual produk.

Setali tiga angpao dengan Oky, Manager Senior Pemasaran Produk dan Komunikasi, Meiske Surjadinata menambahkan hadiah bagi penjual yang bisa mencapai target antara lain dibawa tur ke Madrid, Spanyol untuk menyaksikan kejuaraan tenis lantai WTA Tour.

Meiske menambahkan trade marketing Sony Ericsson menggabungkan dengan aplikasi customer relationship management. Ada proses monitoring, tracking, dan analisis data. Untuk itu, Sony Ericsson membentuk tim dan sejumlah program menangani dan memotivasi penjual (dan pembeli) supaya loyal. “Semua itu dikemas dalam aktivitas trade marketing,” katanya.

Konsep trade marketing, menurut Meiske mencatat data pelanggan. Misalnya nama toko, lokasi, nama pemilik, jenis produk yang dijual, program yang diikuti, dan segala sesuatu yang perlu diketahui untuk membina hubungan. Trade marketing bisa memonitor seberapa sering pelanggan (pedagang) membeli, kapan melakukan transaksi terbaru, dan berapa besaran transaksi. “Tak mengherankan Sony Ericsson bisa menentukan bagaimana memperlakukan pelanggan yang berprestasi,” ujar Meiske seraya menambahkan, dengan data yang kami miliki kami bisa menyentuh sisi emosional peritel sehingga hubungan yang tercipta tak sebatas rupiah.

Ucapan selamat ulang tahun kepada peritel, lewat karangan bunga, kue, kartu ucapan, itu semua nilai lebih berupa sentuhan emosional. Apalagi Sony Ericsson juga membantu frontliner dengan pelatihan produk terbaru yang bagus agar lebih mudah saat menjual telepon selular.

Atas dasar itu, tidaklah mengherankan jika saya membeli Sony Ericsson di gerai resmi, pencatatannya amat baik. Database pelanggan tercatat lengkap sejak telepon selular dibeli hingga diservis. Sebelum saya membeli pun, ada media yang bisa diandalkan sebagai pola beriklan Sony Ericsson. Dengan konsisten jajaran produk yang diiklankan melalui koran, misalnya menampilkan iklan yang lengkap dengan harga jual plus bonus. Pola ini menambah kejelasan dan kepastian harga bagi pembeli.***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Konsistensi Layanan Sony Ericsson”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

Saya penggemar Siemens, tapi saat ini terpaksa punya SE K750i, karena inilah hp terlengkap dikisaran hrg 1,6jt (pd saat sy beli bln des 07).
Pengalaman teman sekantor yg punya hp sama persis dg sy, barusan diganti baru karena rusak, jadi garansinya tdk menipu. Padahal bulan ini garansi sdh hbs.
Salut untuk SE. Sy jd tenang karena garansinya yg terbukti terjamin.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: