Prospektif E-learning

Posted on 29 Januari 2007. Filed under: Unek-Unek |

“Saya lihat akses internet masih jadi masalah untuk kebanyakan orang di Indonesia, maka susah berkembang e-learning,” ujar Pamusuk Eneste, Editor Senior, 55 tahun mantap.

Isi pernyataan itu mengemuka ketika elektronic learning atau pembelajaran elektronik saya persoalkan. Meski saya kemukakan bahwa praktik e-learning bukan hanya bermanfaat bagi pengguna, melainkan juga memunculkan serbaneka peluang belajar kreatif bagi siswa dan guru.

Secara umum, dunia bisnis di Tanah Air memang baru belakangan mengakrabi e-learning. Oleh karena itu, perangkat lunak atau software pendukung e-learning masih relatif kecil ketimbang bisnis software yang lain. Tidak mengherankan kalau muncul anggapan bisnis e-learning lebih berorientasi pada pencapaian pengetahuan pengakses ketimbang menyoroti sisi bisnisnya. Setali tiga angpao dengan membangun sekolah, orientasinya lebih pada pendidikan dan pengajaran, barulah kemudian diorientasikan pada sisi bisnisnya setelah sekolah dibangun.

Makna e-learning sebagai metode atau pola pembelajaran yang memanfaatkan unsur elektronis yang memakai jaringan komputer dengan dukungan seperangkat alat seperti CD ROM interaktif atau aplikasi. Istilah lain yang senada seperti online learning atau virtual learning.

Menurut Hary Sudiyono, Direktur Pemasaran PT Pesona Edukasi, bisnis software pendukung e-learning akan meningkat sesuai dengan deret ukur, bukan lagi deret hitung. Diperkirakan dalam lima tahun ke depan, kata Hary, satu dari sepuluh sekolah di Indonesia (SD s.d. SMU) akan memakai bantuan software pendidikan (SWA 27, 21/12-3/1). Bila sekarang jumlah sekolah se-Nusantara 250 ribu sekolah, pasar potensialnya sebanyak 25 ribu. “Kalau rata-rata satu sekolah membelanjakan seratus juta, berarti pasarnya akan tumbuh menjadi dua setengah triliun,” kata Hary mantap.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: