Win the Heart ala Kompas Gramedia

Posted on 21 Januari 2007. Filed under: Opini |

    Layanan pelanggan di Indonesia apakah kualitasnya buruk atau malah terbaik di antara media cetak yang Anda langgani? Pengalaman ini saya uraikan saat jadi pelanggan Far Eastern Economic Review. Ketika saya berlangganan majalah ekonomi dari luar Indonesia itu, betapa saya merasa di-wongke; disayang-sayang dan dimanja-manja. Rasa sayang dan manja yang ingin saya bagikan simpulan ceritanya saat melanggani media cetak adalah sebagai berikut.
1. Pelanggan menerima pemberitahuan tanggal terbit (baik edisi khusus maupun edisi biasa) lebih dahulu ketimbang pembeli eceran. Jadi, pelanggan memperoleh media cetak lebih dulu ketimbang pembeli eceran.
2. Pelanggan mendapat pemberitahuan kalau masa berlangganan akan habis pada tiga nomor menjelang masa langganan berakhir (dengan bonus-bonus perpanjangan masa berlangganan).
3. Pelanggan mendapatkan kalender, agenda, tas, topi, dan alat promosi yang lain berupa gimmick promosi. Tujuannya memberi pelayanan lebih mengikat terhadap daya tarik produk yang dilanggani.
5. Pelanggan menerima media cetak yang bagus (tanpa kesalahan pencetakan) karena disortir terlebih dahulu secara ketat oleh distributor.
6. Pelanggan mendapatkan pelayanan dengan penuh empati, baik melalui telepon maupun tatap muka.
7. Pelanggan menerima perlakuan yang baik yang membuat ia enggan memutus masa berlangganan.
8. Pelanggan mempunyai data lengkap kalau mau berinteraksi dengan pengelola media. Demikian pula sebaliknya, pengelola media memiliki data pelanggan yang lengkap.
    Memasuki 2007 ada pencanangan “Win the Heart” dengan mengikuti kegiatan “Kompas Gramedia Award for the Best Customer Service”. Kegiatan ini dilombakan antarkaryawan. Pendaftaran mulai 2-20 Januari kepada Business Process Management, Direktorat PSDM telepon 021 5483998 pesawat 7520-7522. Kegiatan itu boleh jadi merupakan cara memperbaiki kinerja karyawan mencapai etika kerja profesional, terutama memperbaiki layanan pelanggan yang buruk.
Pengalaman yang lain, suatu kali saya melanggani majalah Selular, ternyata ini pun sulit bebas dari layanan pelanggan yang buruk. Ketika saya sering menelepon untuk mempertanyakan keterlambatan pengiriman majalah. Pihak distribusi, Isman Rameli menjelaskan majalah sudah dikirim. Namun, isi pernyataan ini keliru. Yang benar adalah majalah akan dikirim ketika sudah beredar di agen dan pembeli eceran. Jadi, pelanggan justru menerima majalah setelah majalah dua hari beredar luas. Pengalaman yang lain lagi, ketika majalah mengalami kenaikan harga, beban pelanggan bertambah lagi.
Pelanggan harus menambah sejumlah rupiah yang dibebankan. Caranya dengan mentransfer sejumlah rupiah tambahan kenaikan harga. Namun, beban ini masih bertambah lagi saat rupiah yang ditransfer dinyatakan belum diterima. Padahal, transfer ongkos kenaikan ini sudah dikirimkan. Jadi, dua kali pelanggan mengalami ketidaksiapan yang dilakukan oleh bagian distribusi majalah.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

4 Tanggapan to “Win the Heart ala Kompas Gramedia”

RSS Feed for Forum Inovatif Pekerja Media Comments RSS Feed

Tanks Pak atas kritik dan masukannya. Ini akan menjadi concern saya

Download laguny dimana yahh ???????????????????????????????????

Aku sering denger lagu yg kata karyawan di gramedia itu judulny “WIN THE HEART” .
Tapi dimna akk bs download laguny yaghh ??????????

pengen punya lagu n win the heart.gimana dowloadna??

Kangen ma suasana gramedia palmerah

iya lhooo, pingin banget download lagunya. di mana ya? link nya apa? thanks before.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: