Televisi Mobil Semakin Ngetren

Posted on 25 Juli 2007. Filed under: Berita |

Televisi Mobil Semakin Ngetren

 

Category Berita

Saat ini lagi ngetren punya mobil juga punya televisi di dalam mobil. Mulai dari harga yang kian terjangkau hingga fitur yang semakin komplet. Pada ajang pameran Indonesia International Motor Show, 19—28 Juli di Balai Sidang Jakarta, mobil bertelevisi atau televisi di mobil semakin membumi bahkan mobil berkategori high class memasukkan fitur televisi mobil dalam paket penjualan. Demikian produk pendukung otomotif, televisi audio car infotainment menyemarakkan tema pameran Green Better Living.

Mobil ramah lingkungan berorientasi akrab dengan lingkungan alam sekitar jadi kebijakan pihak Gaikindo sebagai penyelenggara bertaraf pameran internasional. Pameran ini menjadi barometer perkemnbagan industri otomotif di Tanah Air. Bambang Trisulo, Ketua Gaikindo menyatakan teknologi akan mengikuti kemajuan otomotif. Sementara itu, menurut Anya Dwinov, presenter menyatakan pameran ini tidak seramai tahun 2006, meski demikian tetaplah meriah dibanding tahun lalu.

Barometer perkembangan ilmu dan teknologi otomotif seharusnya lebih tampil pada pameran ini. Dengan demikian, produsen otomotif bukan semata-mata menjadikan pameran sebagai ajang penjualan produk dan cenderung menjadi ajang showroom jualan raksasa. Agen tunggal pemegang merek atau ATPM mobil seharusnya murni membawa kesan pada  pengembangan teknologi otomotif. Namun, ATPM masih mengalami kesulitan besar dengan model pameran murni yang mengabaikan unsur jualan produk.

Selain audio, produk ban Tyre menurut peserta pameran, Wibowo, aksesori pelengkap dari pelek tergantung dari desain mobilnya. Produk baru yang meramaikan International Motor Show, seperti Honda merilis generasi baru pada model Honda New City berfitur keselamatan modern. Selain itu, produk mobil yang menjadi primadona dari beberapa produsen, misalnya PT Daimler Chrysler Indonesia mengeluarkan Mercedes Benz C280, F300L. Produk lain, seperti Waja, Proton, Toyota, Neo, Volvo C30, Hybrid, Subaru, Tribeca, R1, dan R2. Ada pula produk Amerika yang tampil dengan mobil Ford Escape terbaru. Jumlah produsen yang ikut ambil bagian ada sejumlah 22 merk.

Televisi mobil semakin mengetren. (1) Televisi mobil semakin mengetren. (2)Televisi mobil semakin mengetren. (3)Televisi mobil semakin mengetren. (4)

Nissan ber-tagline atau berjargon SHIFT-togetherness menampilkan produk Serena plus entertainment system. Nissan Serena Highway Star, nama produk ternyata tidak hanya tampil stylish, tetapi juga modern, lengkap dengan electric sliding door for easy access dan car entertainment, seperti televisi tuner, DVD/VCD/CD/MP3/radio, bahkan dilengkapi juga dengan bluetooth connection dan iPod ready. Kenyamanan berkendara semakin lengkap lagi dengan tiga unit liquid crystal display atau LCD monitor. Rinciannya dual LCD monitor pada headrest dan front LCD DVT 838 BTN. LCD ini dapat dinonaktifkan tanpa memengaruhi tampilan pada headrest LCD. Demikian fitur tambahan khusus tipe highway star Nissan. Jenis Nissan Navara LE berbanderol 280 juta rupiah dan yang otomatis 290 juta rupiah. Selain Nissan, produk Toyota Fortuner juga mulai membenamkan televisi mobil.

Televisi mobil tahun 2006 harga per satuan serbaneka merk masih di kisaran dua juta lima ratus ribuan, sedangkan harga televisi mobil saat ini sekitar dua jutaan. Apalagi sejak ada produk televisi mobil buatan negeri Tirai Bambu dari Cina, banderol harganya bermerk VIDIQ masih dua juta tujuh ratus ribu rupiah dengan chip buatan Yamaha ber-LCD tujuh inchi. Merk ini otomatis bisa keluar-masuk dan tanpa touchscreen, sedangkan buatan Azayaka fiturnya ber-touchscreen.

Kisaran harga yang semakin memurah membuat televisi mobil saat ini jadi semakin mengetren. Tidak mengherankan kalau sekarang berlalulintas di seputar Ibu Kota Jakarta, televisi mobil dan mobil bertelevisi kian merambah jalanan metropolitan.

Ibarat pepatah lama, ada gula ada semut, demikian pula vendor PT Mentari Multimedia sebagai perusahaan nasional mulai masuk sebagai penyelenggara televisi kabel mobil. Motonya, “nikmati siaran televisi di mobil Anda tanpa goyang”. Setali tiga angpao dengan kartu telepon yang prabayar, maka pelanggan prabayar berlabel mobile multimedia vision (M2V) 021 27507250 mulai merambah kelas menengah di Tanah Air. Pelanggan boleh mencicil selama enam bulan dengan bunga nol persen. Paketnya mulai dari Paket Sonic 15 saluran Rp99 ribu tiap bulan, paket standar, yakni paket movie Rp148.400 per bulan sampai dengan paket lengkap termasuk paket premium, movie, sport, dan adventure Rp210 ribu per bulan dengan 21 saluran.

Televisi mobil M2V, seperti tertera pada iklan di harian Kompas menyediakan televisi lokal dan internasional dengan kualitas gambar tanpa goyangan, meski dalam keadaan bergerak berkecepatan tinggi. Sementara itu, menurut Endrian Kolopaking, bagian promosi M2V, meski mobil digeber dengan kecepatan 120 kilometer per jam, gambar masih berkualitas bagus. Saat ini layanan akses baru bisa di Jakarta dan Depok serta sebagian Bekasi. “Belum seluruh Jabodetabek bisa dilayani. Rencananya satu atau dua tahun ke depan seluruh Jabodetabek bisa ter-cover,” ujar Adrian seraya menambahkan televisi mobil merupakan salah satu solusi melupakan permasalahan kemacetan lalu lintas. (Warta Kota 25/7).***

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

8 Tanggapan to “Televisi Mobil Semakin Ngetren”

RSS Feed for {johnherf} Comments RSS Feed

good

i need tv car

ada mobil di jual g….

mas kalo harga tv yang dibawah 1,5 juta ada ga?
kalo ada bagus ga?

siipp lah …

harga tv mobil buat mobil daihatsu taruna berapa ya ?

ada lagi TV mobil yang sedang trend tahun 2013,TV mobil GPS,TV mobil Android.memang teknologi multimedia.semakin maju.

sekarang tv mobil china,harganya cukup murah,kisaran harga 1,2 jt.fiturnyapun cukup lengkap,built in bluetooth.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 308 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: