KTSP dan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Posted on 15 Maret 2007. Filed under: Makalah |

Pengantar
Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia mengundang perhatian ahli bahasa dan sastra, praktisi pembuat buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, guru SD, SMP, SMU yang tinggi. Entusiasme peserta pun tampak dari lalu-lintas tanya jawab yang aktif, mulai Senin 22/1 hingga Selasa 23/1, pukul 9.00-15.50. Oleh karena itu, saya sampaikan makalah M. Umar Muslim yang kebagian sesi “KTSP dan Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Silakan simak makalah lengkap berikut ini.

KTSP DAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

M. Umar Muslim

Universitas Indonesia

1. Pendahuluan

Dunia pendidikan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini diramaikan oleh isu pergantian kurikulum. Kurikulum yang berlaku sampai tahun 2006 adalah Kurikulum 1994. Kurikulum ini mengalami penyempurnaan dan hasil penyempurnaan ini adalah Kurikulum 2004 atau juga dikenal dengan sebutan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Ketika KBK ramai dibicarakan dan muncul buku-buku pelajaran yang disusun berdasarkan kurikulum ini, muncul KTSP atau Kurikulum 2006 yang merupakan penyempurnaan dari KBK. KTSP mulai diberlakukan secara berangsur-angsur pada tahun ajaran 2006/2007.

Adanya tiga macam kurikulum yang berlaku paling tidak pada awal pemberlakuan KTSP sangat membingungkan. Situasi ini diperparah dengan munculnya kesimpangsiuran informasi tentang KBK dan KTSP yang beredar di masyarakat. Guru sebagai orang yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan kurikulum merupakan pihak yang paling dibingungkan dengan situasi ini. Tulisan ini akan membahas beberapa hal yang dapat dilakukan guru dalam menghadapi KTSP.

2. KTSP

KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kurikulum ini juga dikenal dengan sebutan Kurikulum 2006 karena kurikulum ini mulai diberlakukan secara berangsur-angsur pada tahun ajaran 2006/2007. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah harus sudah menerapkan kurikulum ini paling lambat pada tahun ajaran 2009/2010.

KTSP merupakan penyempurnaan dari Kurikulum 2004 atau yang juga dikenal dengan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Seperti KBK, KTSP berbasis kompetensi. KTSP memberikan kebebasan yang besar kepada sekolah untuk menyelenggarakan program pendidikan yang sesuai dengan (1) kondisi lingkungan sekolah, (2) kemampuan peserta didik, (3) sumber belajar yang tersedia, dan (4) kekhasan daerah. Dalam program pendidikan ini, orang tua dan masyarakat dapat terlibat secara aktif.

Pengembangan dan penyusunan KTSP merupakan proses yang kompleks dan melibatkan banyak pihak: guru, kepala sekolah, guru (konselor), dan komite sekolah. Berikut ini akan dibahas beberapa hal yang dapat dilakukan guru dalam menghadapi KTSP.

3. Bahan Ajar

Karena KTSP dikembangkan dan disusun oleh satuan pendidikan atau sekolah sesuai dengan kondisinya masing-masing, setiap sekolah mempunyai kurikulum yang berbeda. Dengan demikian, bahan ajar yang digunakan juga mempunyai perbedaan. Tidak ada ketentuan tentang buku pelajaran yang dipakai dalam KTSP. Buku yang sudah ada dapat dipakai. Karena pembelajaran didasarkan pada kurikulum yang dikembangkan sekolah, bahan ajar harus disesuaikan dengan kurikulum tersebut. Oleh karena itu, guru dapat mengurangi dan menambah isi buku pelajaran yang digunakan.

Dengan demikian, guru harus mandiri dan kreatif. Guru harus menyeleksi bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum sekolahnya.Guru dapat memanfaatkan bahan ajar dari berbagai sumber (surat kabar, majalah, radio, televisi, internet, dsb.). Bahan ajar dikaitkan dengan isu-isu lokal, regional, nasional, dan global agar peserta didik nantinya mempunyai wawasan yang luas dalam memahami dan menanggapi berbagai macam situasi kehidupan.

Untuk pelajaran membaca, misalnya, bahan bacaan dapat diambil dari surat kabar. Di samping surat kabar yang berskala nasional yang banyak menyajikan isu-isu nasional, ada surat kabar lokal yang banyak menyajikan isu-isu daerah. Kedua jenis sumber ini dapat dimanfaatkan. Bahan bacaan yang mengandung muatan nasional dan global dapat diambil dari surat kabar berskala nasional, sedangkan bahan bacaan yang mengandung muatan lokal dapat diambil dari surat kabar daerah. Berdasarkan bahan bacaan ini, guru dapat mengembangkan pembelajaran bahasa Indonesia yang kontekstual. Peserta didik diperkenalkan dengan isu-isu yang menjadi perhatian masyarakat di sekitarnya dan masyarakat yang tatarannya lebih luas.

Bahan ajar yang beragam jenis dan sumbernya ini tentu juga dapat digunakan untuk pelajaran-pelajaran yang lain (menulis, mendengarkan, dan berbicara).

Mengingat pentingnya televisi dan komputer (internet) dalam kehidupan sekarang ini, guru perlu memanfaatkan bahan ajar dari kedua sumber ini. Televisi dan komputer juga dapat dapat dipakai sebagai media pembelajaran yang menarik.

4. Metode Pembelajaran

Dalam KTSP guru juga diberi kebebasan untuk memanfaatkan berbagai metode pembelajaran. Guru perlu memanfaatkan berbagai metode pembelajaran yang dapat membangkitkan minat, perhatian, dan kreativitas peserta didik. Karena dalam KTSP guru berfungsi sebagai fasilitator dan pembelajaran berpusat pada peserta didik, metode ceramah perlu dikurangi. Metode-metode lain, seperti diskusi, pengamatan, tanya-jawab perlu dikembangkan.

Pembelajaran yang dilakukan melalui diskusi, misalnya, dapat melibatkan partisipasi dari semua peserta didik. Semua peserta didik dapat berbicara, mengemukakan pendapatnya masing-masing. Guru dalam hal ini hanya mengarahkan bagaimana diskusi berjalan. Isu diskusi perlu dikaitkan dengan lingkungan sekitar (sekolah, daerah) hingga lingkungan global.

Kegiatan pembelajaran tidak selalu berlangsung di dalam kelas. Kegiatan dapat dilakukan di luar kelas (perpustakaan, kantin, taman, dsb.), di luar sekolah (mengunjungi lembaga bahasa, stasiun radio/televisi, penerbit, dsb.). Beragamnya tempat pembelajaran dapat membuat suasana belajar yang tidak membosankan.

Kegiatan pembelajaran dapat juga melibatkan orang tua dan masyarakat. Sekolah dapat mengundang orang yang mempunyai profesi tertentu atau ahli dalam bidang tertentu untuk berbicara dan berdialog dengan peserta didik. Sebagai contoh, dalam pelajaran menulis dan berbicara (wawancara), kalau ada orang tua peserta didik yang berprofesi sebagai wartawan, guru dapat mengundang orang yang bersangkutan untuk berbicara dan berdiskusi tentang pekerjaannya denga peserta didik. Kegiatan seperti ini akan berguna untuk peserta didik, guru, dan orang tua. Mereka dapat saling belajar dan proses pembelajaran menjadi menarik dan bersifat kontekstual.

Dalam lingkungan sekolah, staf sekolah juga dapat dimanfaatkan. Misalnya, untuk pelajaran menulis surat resmi guru bisa meminta staf administrasi untuk berbicara tentang penulisan surat. Di samping berguna sebagai sumber pembelajaran, kegiatan ini juga berguna untuk membentuk lingkungan sekolah yang kondusif, yaitu adanya hubungan dan kerja sama yang baik di antara peserta didik, guru, dan staf.

Kalau memungkinkan, kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan kunjungan peserta didik kepada orang dengan profesi tertentu (misalnya penyunting bahasa atau penterjemah) atau ke lembaga tertentu (misalnya lembaga bahasa atau penerbit) untuk menggali informasi tentang bahasa Indonesia. Kegiatan ini akan membuka wawasan peserta didik dan guru akan profesi yang berkaitan dengan bahasa Indonesia dan akan pentingnya bahasa Indonesia sehingga diharapkan muncul sikap positif terhadap bahasa Indonesia.

5. KTSP: Peluang dan Tantangan

Pemberlakuan KTSP pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian sekolah. KTSP merupakan kurikulum yang sesuai dengan dinamika kehidupan di Indonesia sekarang ini dikaitkan dengan isu-isu seperti globalisasi dan otonomi daerah. Akan tetapi, pelaksanaan KTSP menuntut banyak hal dari sekolah dan masyarakat seperti profesionalisme, kreativitas, kemandirian guru dan kepala sekolah, serta keterlibatan masyarakat. Pelaksanaan KTSP juga menuntut banyak hal dari pemerintah seperti perencanaan pendidikan yang baik dan terarah, penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, dan birokrasi/prosedur administrasi yang sederhana. KTSP juga menuntut partisipasi dan kepedulian masyarakat. Dengan persiapan yang matang dan suasana yang kondusif, KTSP berpeluang besar untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi yang diharapkan.

Tantangan bagi semua yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan adalah meningkatkan profesionalisme. Dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia, guru perlu terus meningkatkan kemampuannya dalam bidang pembelajaran dan berbahasa Indonesia.

6. Penutup

Pembelajaran bahasa Indonesia pada dasarnya bertujuan membekali peserta didik kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis. Perubahan atau pergantian kurikulum selalu menimbulkan masalah dan kebingungan bagi semua yang terlibat dalam kegiatan pendidikan, terutama guru. Apa pun kurikulumnya, guru bahasa Indonesia harus tetap berpegang pada tujuan pembelajaran bahasa Indonesia. Guru perlu terus berusaha meningkatkan kemampuannya dan terus belajar untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didik. Karena kurikulum yang akan berlaku dalam beberapa tahun mendatang adalah KTSP, guru perlu mengenal, mempersiapkan diri, dan menyiasati kurikulum ini. Dengan demikian, guru akan dapat menghadapi dan menanggulangi masalah-masalah yang muncul.

DAFTAR PUSTAKA

Alwasilah, A. Chaedar. 2006. “Kurikulum Bahasa Berbasis Sastra.” Makalah untuk Seminar Nasional Kondisi Bahasa Indonesia Masa Kini, Akademi Jakarta Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Drost, J. 2006. Dari KBK sampai MBS. Jakarta: Buku Kompas.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdkarya.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_________. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H.A.R. 2006. Standarisasi Pendidikan Nasional: Statu Tinjauan Kritis. Yakarta: Rineka Cipta.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

98 Tanggapan to “KTSP dan Pembelajaran Bahasa Indonesia”

RSS Feed for {johnherf} Comments RSS Feed

pak, tolong dikirim isi dari kurikulum Ktsp ke alamat imail saya untuk bahan kajian kami dalam kuliah,!

kurang lengkap

pembelajaran bahasa indonesia di tingkat sd, sering terlihat artifisial, tidak sesuai dengan kondidi sekolah dan tingkat kemampuan anak dalam pemahaman pelajaran tingkat sd. hal ini oerlu adanya koordinasi antara guru dengan pengalaman siswa dalam penerapana proses pembelajaran bahasa Indonesia tingkat sd. pendekatan whole language sangat tepat dalam pembelajaran bahasa, khususnya kelasa rendah.

KTSP kurang lengkap tidak memuat KTSP untuk tingkat SMK Teknologi dan manajemen

Tolong kirimkan saya RPP mengajar B.Indonesia

kenapa sih, ko sering sekali konta ganti sistim pendidikan di indonesia. sedangkan kurikulum yg sebelumnya banyak guru yang belum mengerti. mohon diperhatikan.

Pak, tolong kirimkan tujuan spesifik dari penggunaan kurikulum KTSP ke alamat e-mail saya, untuk bahan kuliah. terima kasih.

Pak, tolong kirim tujuan spesifik dari penggunaan kurikulum KTSP ke alamat e-mail saya, guna sebagai bahan kuliah untuk menyelesaikan tugas saya. terima kasih.

Bagi pembaca, tolongnya dikirimkan RPP Bahasa Indonesia SMK
Saya jauh di pulau lho.

kirim buku petunjuk penggunaan KTSP

nilainya 8, karena kurang lengkap

Salam Hormat
Saya sungguh tertarik dengan situs ini. Pasalnya, menyediakan layanan informasi yang cocok dengan apa yang saya cari selama ini.
Kebetulan saya adalah guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang baru terangkat jadi PNS. Saya sangat butuh info-info pembelajaran terutama PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.
Sekarang saya ditempatkan di SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Kendala yang saya hadapi adalah saya belum memahami secara signifikan (Paripurna) tentang KTSP. Saya butuh contoh Perangkat Pembelajaran Bahasa dan Satra Indonesia yang lengkap tentang RPP mulai kelas X, XI (Program IPA IPS, dan Bahasa, serta kelas XII (Program IPA IPS dan Bahasa)
Bagi pembaca, saya minta tolong dikirimkan RPP Bahasa Indonesia SMA.
Atas bantuan yang diberikan, diucapkan terima kasih.

Hormat Saya
Takdir Kahar

sebenatnya KTSP bagus juga buat anak jadi mandiri, tapi apakah guru siap dalam hal mental untuk menjalankan progaram ini? terutama guru senior yang telah terbiasa dangan kurikulum lama? yang biasa memanja siswa,dengan memberi semuanya tanpa memberi kesempatan untuk berkreativitas? begitu juga dengan siswa yang terbiasa dimanja?

tolong donk jelasin aku soal perbedaan kurikulum 1994, 2004 dan 2006 beserta persamaannya soalnya aku lagi ada tugas nyari itu tapi begitu baca artikel ini koq agak mumet?! tolong kirim ke email ku yach……..
makasih…..

apakah perbedaan antara KTSP dan KBK?

Tolong bantu ya di kirimi RPP yang kurikulmya KTSP untuk program studi bahasa indonesia.
Terimakasih

saya mau tanya: bagaimana jika pendekatan whole language dipakai untuk peningkatan keterampilan berbahsa pada anak SMP?apakah bisa?dan bagaimana caranya?
mohon dibalas

Dengan hormat,
Saya senang dengan adanya situs ini. Saya meminta kepada siapa saja yang membaca mail saya ini tolong saya dikirimi silabus serta RPP mata pelajajaran bahasa Indonesia kurikulum KTSP untuk SD,SMP,dan SMA.Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih semoga dilain waktu dan kesempatan kita bisa bekerjasama di bidang lainnya.
Wassalam,

Evarista Kurniawati

Dengan hormat,
Sebagai seorang pelaku pendidikan, informasi ini sangatlah membantu saya terkhusus karena saya adalah guru bahasa Indonesia. Tuntutan untuk selalu profesional menjadi satu motivasi yang sangat kuat terlebih dengan adanya bantuan dari semua pihak pemerhati dunia pendidikan di mana pun berada untuk selalu memberi informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan KTSP yang layak untuk diterima oleh semua kalangan yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan tersebut. Terima kasih atas kerja samanya, jika ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi. Kalau ada umurku panjang bolehlah kita berjumpa lagi. Wassalam.

Fachriana

Kepada rekan-rekan guru yang bisa membantu sekolah kami atau saya baik berupa buku referensi, buku mata pelajaran yang sudah tidak dipakai maupun administrasi pembelajaran tolong dikirimkan melalui email saya ini. Bantuan Anda akan sangat berarti bagi perkembangan pendidikan anak bangsa khususnya di pelosok tanah air seperti di daerah kami. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih dan teriring doa semoga Tuhan YME senantiasa memberikan kemudahan dalam perjalanan Anda baik di dunia maupun untuk beribadah sebagai bekal hidup kelak setelah kehidupan di dunia berakhir.

Saya seorang mahasiswa Fakultas ilmu pendidikan UNY jur Pendidikan guru sekolah dasar. Mohon dijelaskan tentang KTSP untuk pembelajaran bahasa indonesia kelas tinggi dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada ketrampilan membaca. Gambaran model pembelajarannya seperti apa ya? mohon dijawab. terimakasih sebelumnya

Tolong bantu ya di kirimi ke mail saya RPP KTSP bahasa indonesia untuk SMP dan KTSP SMK untuk semua jurusan.
Terimakasih

pak tlng kirimkan jurnal kurikulum KTSP dan tanggapan bpk mngenai KTSP kirm k e-mail sy. trima kasih

Saya sangat bingung menghadapi tugas yang diberikan oleh dosen saya, beliau menyuruh kami untuk menganalisis RPP dan Silabus Untuk SMP/SMA Bahasa Indonesia, sementara saya tidak mempunyai itu. Mohon kiranya Bapak kirimkan Silabus dan RPP KTSP ke E-Mail saya. semoga pendidikan Negara kita lebih maju dan mencetak out put yang kompetitif. Thanks B4

apresiasi terhadap blog anda, sy lagi membuat tesis tentang pengajaran bahasa arab berbasis sastra, mohon bagi info tesis, desertasi, makalah yang membahas tentang hal di atas, buku-buku yang relevan, salah satunya chaidar al wasilah, trim

pak kalau boleh minta artikel-artikel KTSP Yang lain sebab fokus tugas akhir saya sekarang tentang KTSP
ini email saya lensaedi@gmail.com
nuhun
edi susilo http://www.cerdaspos.blogspot.com

terima kasih sebagai bahan wacana

pak tolong kirim referensi tentang KTSP, sebab tugas akhir saya terkait masalah itu, terima kasih

aku masih bingung sebenarnya ktsp tu bagaimana cara pelaksanaanya?

ASSALAMU’ALAIKUM
PAK SAYA MEMBUTUHKAN RPP AHASA INDONESIA
MOHON KIRANYA DI KIRIM KE MAIL SAYA
ATAS BANTUAN BAPAK
TRIMAKASIH

ASSALAMU’ALAIKUM
PAK SAYA MEMBUTUHKAN RPP AHASA INDONESIA
TINGKAT SMP KELAS 1 , 2, DAN 3
MOHON KIRANYA DI KIRIM KE MAIL SAYA
ATAS BANTUAN BAPAK
TRIMAKASIH

pak tolong dong kirim rpp bahasa indonesia dan
diklat produktif akuntansi smk-bm

pak saya sangat membutuhkan rpp bahasa indonesia
tingkat SMP kelas 1,2,3.
mohon bantuan bapak.
terima kasih

ass..makalahnya bagus pak. saya minta tolong dikirimin rpp bahasa Indonesia SMK yg KTSP utk perbandingan dg rpp sebelumnya ke email sy: jj_smk@yahoo.co.id. makasih

saya baru diterima sebagai guru. namun saya tidak mengetahui adminstrasi pembelajaran. tolong bantuannya

maaf ada yang punya perangkat pembelajaran
SMK (LENGKAP) Penilaian & Program-programnya
utk Kurikulum KTSP, tanks !

Tolong kirim RPP SMEA dong! Saya lagi butuh banget

tolong donk kirim silabus sama rpp bahasa indonesia yang buat smk.help me please…

Bagi pembaca, tolongnya dikirimkan RPP Bahasa Indonesia SMK

assalamu’alaikum wr.wb adanya gambaran tentang berbagai metode pembalajaran bahasa Indonesia sangat membantu kami guru-guru bahasa Indonesia, tetapi untuk lebih lengkapnya alangkah baiknya bila disertai dengan berbagai pendekatan aliran psikologi belajar.thanks atas perhatiannya

Tolong kirimkan saya RPP mengajar B.Indonesia untuk SMP ke email saya. Terima Kasih.

idem samsuardi

makalah yg bpk sajikan bagus dan sgt bmanfaat bgi para pemula yg ingi mengetahui bgm penerapan KTSP di sekolah2..
mohon dengan hormat saya minta tolong dikirim melalui email ttg bgm KTSP dan pembelajaran sejarah mengingat akan pentingnya nilai2 sejarah bangsa indonesia..
tlg kiirim ke alamat email saya vandirk_kuijt@yahoo.co.id

terimakasih

saya juga minta tlg dibuatkan RPP untuk bidang studi sejarah untuk SLTA lewat

vandirk_kuijt@yahoo.co.id
terimakasih

Pak tolong kirimin sya contoh RPP bahasa indonesia yang pake KTSP y…sekarang saya sdg PPL…

Saya guru di SMAN 1 SUNGAI LILIN MUBA,SUMSEL. sy sgt stuju dg makalah tsb. Sy mndpat pgtahuan br dr hsil mmbaca mkalah trsbut. Pmbljrn B.indo adl pangkal dmana anak akn dpt brkomunikasi dg bhsa yg efektif shingga akn lbh mudah menymbungkan dg matpel lain.

Adakah contoh media untuk pembelajaran KD mendengarkan / menyimak? pada umumnya kd ini sering diberikan asal-asalan, padahal jika kd mendengarkan dioptimalkan akan memberi manfaat lebih pada anak bukan hanya pada paelajaran bahasa saja.Adakah?trims.

Sekadar saran, Mas Hendro Purnomo dapat merekam pembacaan berita melalui surat kabar, tabloid, majalah, boleh juga dari iklan, bahkan puisi di radio atau media yang lain.

Hasil rekaman dapat Mas Hendro perdengarkan kepada siswa. Kemudian, siswa (dapat) menceritakan isi pernyataan yang ia dengarkan. Atau sesuai dengan permintaan guru (objektif yang ingin dicapai oleh KD tersebut).

Kelebihan: pembelajaran lebih interaktif.
Kekurangan: Membutuhkan teknologi dan biaya.

Alternatif saran lain
Mas Hendro Purnomo dapat meniru proses pembelajaran dalam kursus-kursus bahasa Inggris. Namun, lagi-lagi soal ini membutuhkan teknologi dan biaya yang memadai.

Akan tetapi, perlu Mas Hendro Purnomo ingat. UN Bahasa Indonesia (yang menjadi muara proses pemahaman bidang studi [versi pemerintah]) tidak menuntut KD mendengarkan ini di dalam soal ujiannya (bahasa Inggris ada), seperti jika untuk UN di tahun depan.

Demikian sekilas informasi sebagai balasan pertanyaan Mas Hendro Purnomo. Semoga dapat terbantu. Salam.

Thank’s artikelnya…
Bagus……….bgt
TOP BGT

http://www.s1pgsd.blogspot.com

Saya sungguh tertarik dengan situs ini. Pasalnya, menyediakan layanan informasi yang cocok dengan apa yang saya cari selama ini.
Kebetulan saya adalah guru PKn yang baru terangkat jadi PNS. Saya sangat butuh info-info pembelajaran terutama PEMBELAJARAN PKn.
Sekarang saya ditempatkan di SMP Negeri 1 Gekbrong Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Kendala yang saya hadapi adalah saya belum memahami secara signifikan (Paripurna) tentang KTSP. Saya butuh contoh Perangkat Pembelajaran a I Pkn yang lengkap tentang RPP mulai kelas VII, VIII, IXn B
Bagi pembaca, saya minta tolong dikirimkan RPP PKN untuk SMP.
Atas bantuan yang diberikan, diucapkan terima kasih.
Trims
Yudi Supriadi, S.Pd

pelaksanaan ujian akhir untuk pembelajaran berbasis KTSP tuh gimna?

TOLONG KIRIMKAN SILABUS DAN RPP MODEL KTSP YANG SESUAI DENGAN STANDAR PROSES.MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KLS VII SEMESTER 2

Tolong kirimkan soal UN tahun 2007/2008 mata pelajarannya Bahasa Indonesia

pak, tolong dikirim silabus dan rpp bahasa Indonesia untuk SMK kelas 10, 11, 12.

di mana saya bisa mengunjungi atau mencari data buku2 pembelajaran tentang pnyuluh pertanian tahun 2009 untuk S1 penyuluh pertanian.

Bpk/Ibu, saya mau bertanya, apakah ke-empat aspek keterampilan berbahasa Indonesia harus di laksanakan dalam pelaksanaan pembelajaran ( dengan waktu yang berbeda – beda ) ?

Baik, untuk menambah referensi

cukup baik dan menambah pengetahuan terutama dalam proses kbm Bahasa Indonesia. boleh dong kirim saya RPP bahasa Indonesia kelas X, XI, XII sebagai perbandingan. terima kasih

tolong kirim media pembelajaran un. bahasa indonesia SMA & smp

maaf ada yang punya perangkat pembelajaran
SMK (LENGKAP) Penilaian & Program-programnya
utk Kurikulum KTSP, tanks !

Ass. Wr.wb.,
Pa, tolong kirim RPP standar portofolio Bahasa Indonesia kelas VIII!Jazakallohu khoironkastiro

jika pembelajaran diserahkan kepada satuan sekolah, mengapa masih ada ujian nasional???

Pak, tolong kirimkan RPP Pembelajaran Bahasa Indoensia SMP Kelas VII,VIII dan IX ke email saya, terima kasih

Assalamualaikum wr.wb
Dengan segala hormat saya mohon dikirim silabus dan RPP B Indonesia untuk kelas vii,viii, dan ix SMP
Terimakasih
wassalam

tulisan anda sangat membantu.

rpp pdengan pembelajaran whole language itu seperti apa y???

pak saya minta penjabaran KTSP dalam silabus tingkat SMA kelas XI semester I

Maksudnya piye Mbak Ayu? Silabus pelajaran apa yang diminta? Kalau KTSP ‘kan tiap sekolah berbeda-beda … tergantung dari sekolah atau yayasan dengan cara bagaimana dia mengembangkan indikatornya.

Adanya juga Standar Isi 2006, yaitu kurikulum yang dari pemerintah itu lho. Isinya standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Salam hormat, johnherf

Pada 2 November 2009 12:13, Djony Herfan menulis: > Maksudnya piye Mbak Ayu? > Silabus pelajaran apa yang diminta? > Kalau KTSP ‘kan tiap sekolah berbeda-beda … tergantung dari sekolah > atau yayasan dengan cara bagaimana dia mengembangkan indikatornya. > > Adanya juga Standar Isi 2006, yaitu kurikulum yang dari pemerintah itu > lho. Isinya standar kompetensi dan kompetensi dasar. > > > Salam hormat, > johnherf >

sebenarnya kita tidak perlu mengganti sistem pengajaran. baik dari CBSA, KBK, KTSP semua sama saja, yang terpenting adalah bagaimana pembelajaran itu menarik sehingga siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik

its ok! sgt bermanfaat

lumanyan

pak tolong ditampilkan isi ktsp untuk smp kare
na saya sangat butuh sebagai bahan ajar dalam
mata kuliah saya.termksh.

Tolong kirim ke E-mail saya rpp dan model pembelajaran bahasa indonesia SMA kelas X,XI, dan XII. Mksh.

tolong kirim RPP Bahasa Indonesia kelas XII dan model-model pembelajarannya juga

Saya sangat tertarik dengan isi makalah Bapak tentang KTSP dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Mohon dikirimkan ke email saya secara lengkap abahugun@yahoo.co.id

Pak,tolong kirimkan silabus dan rpp bahasa indonesia SMK kelas X,ke alamat e-mail saya.terimakasih

pak tolong di kirimin Rpp bahasa indonesia tingkat SMP kurikulum KTSP.tolong pak ya…saya sangat butuh bantuan dari bapak.sebelumnya terimakasih.

pak, tolong kirim silabus bahasa indonesia SMK kelas x,xi,xii. thanks.

Tolong kirimi Saya informasi tentang problematika pelaksanaan KTSP di sekolah sebagai bahan penelitian

tolong kirim perangkat mengajar bahasa indonesia untuk sma (prota, promes, pemetaan, silabus, rpp)

pak, apa tujuan pengajaran bahasa Indonesia untuk tingkat SMA yang tercantum dalam KTSP?

kurikulumnya mana?

Ass. Pak saya bisa dikirimkan Katalog Buku-buku Pelajaran SD dan SMP. Trims Wassalam

Assalamualaikum Wr Wb pak mohon dikirim silabus, rpp, prota, dan prosem pelajaran bahasa Indonesia sebab saya masih belum memahami KTSP yang dimaksud. wasalam

tolong untuk ktsp bahasa indonesia diperlengkap untuk bahan skripsi…tolong kirimkan ke email saya

tankyu sangat boos

Saya senang dengan situs ini. trimaksih banyak buat penulis.

pak tolong kirimkan ke a-mail saya RPP untuk SMA dan SMP, kurikulum KTSP..

pak tolong kirimkan RPP bahasa indonesia untuk SMA dan SMP…

Penjelasan anda cukup bagus tentang perbedaan KBK dan KTSP. Trims ya?

tlg krmkn rpp bahasa indonesia smk lengkap.thnx….raja ampat..prpnsi papua barat

RPP nya ko tdk ad. pdhl sya btuh lho pak.trutam kurikulum yg sdh mmasukkan karakter bngsa, dgn tahap eksplorasi,elaborasi,dan konfirmasi.tolong kirimin sya ya pak?

tolong kirimkan KTSP nya untuk SMK Teknik, Pertanian dan akuntansi/manajemen

: Maaf, saya belum dapat membantu Mbak Vita.

kenapa ya buku2 paket kok gak di beli aja ma pemerintah termasuk hak cipanya / file nya agar bisa di Download, kan sekarang sekolah gratis (saya mencari buku terbitan Erlangga “Saya Senang Berbahasa Indonesia” kelas 2 SD susahnya minta ampun.

Slamat mlam,
Bapak tolong dikirimkan kurikulum smk kelas XI mata pelajaran bahasa INdonesia,,
kalau boleh dikirim hari sabtu ini ya,,


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 308 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: